Administrasi Bisnis

Kiat Sukses dan Bagaimana Cara Menghadapi Wawancara Kerja yang Baik dan Benar

Oleh: Eko Tjiptojuwono

@freepik.com

20 Tips untuk Wawancara Kerja yang Hebat

1. Riset industri dan perusahaan.

Seorang pewawancara mungkin bertanya bagaimana Anda memandang posisi perusahaannya dalam industrinya, siapa pesaing perusahaan itu, apa keunggulan kompetitifnya, dan bagaimana sebaiknya perusahaan itu maju. Untuk alasan ini, hindari mencoba untuk meneliti selusin industri yang berbeda secara menyeluruh. Fokuskan pencarian pekerjaan Anda hanya pada beberapa industri saja.

2. Perjelas “nilai jual” Anda dan alasan Anda menginginkan pekerjaan itu.

Bersiaplah untuk pergi ke setiap wawancara dengan mempertimbangkan tiga hingga lima poin penjualan utama, seperti apa yang membuat Anda menjadi kandidat terbaik untuk posisi tersebut. Siapkan contoh dari setiap nilai jual (“Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Misalnya, saya membujuk seluruh kelompok untuk …”). Dan bersiaplah untuk memberi tahu pewawancara mengapa Anda menginginkan pekerjaan itu – termasuk minat Anda tentang pekerjaan itu, imbalan apa yang ditawarkannya yang menurut Anda berharga, dan kemampuan apa yang Anda perlukan untuk dimiliki. Jika pewawancara tidak berpikir Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan itu, dia tidak akan memberi Anda tawaran – tidak peduli seberapa bagus Anda!

3. Antisipasi kekhawatiran dan keraguan pewawancara.

Selalu ada lebih banyak kandidat untuk posisi daripada lowongan. Jadi pewawancara mencari cara untuk menyaring orang. Tempatkan diri Anda pada posisi mereka dan tanyakan pada diri Anda mengapa mereka mungkin tidak ingin mempekerjakan Anda (“Saya tidak punya ini,” “Saya bukan itu,” dll.). Kemudian persiapkan pembelaan Anda: “Saya tahu Anda mungkin berpikir bahwa saya mungkin bukan yang paling cocok untuk posisi ini karena [reservasi mereka]. Tetapi Anda harus tahu bahwa [alasan pewawancara tidak boleh terlalu khawatir].”

4. Siapkan untuk pertanyaan wawancara umum.

Setiap buku “cara mewawancarai” memiliki daftar seratus atau lebih “pertanyaan wawancara umum”. (Anda mungkin bertanya-tanya berapa lama wawancara itu jika ada begitu banyak pertanyaan umum!) Jadi bagaimana Anda mempersiapkan diri? Pilih daftar apa saja dan pikirkan pertanyaan mana yang kemungkinan besar akan Anda hadapi, berdasarkan usia dan status Anda (akan lulus, mencari magang musim panas). Kemudian persiapkan jawaban Anda sehingga Anda tidak perlu meraba-raba selama wawancara yang sebenarnya.

5. Sejajarkan pertanyaan Anda untuk pewawancara.

Datanglah ke wawancara dengan beberapa pertanyaan cerdas untuk pewawancara yang menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan serta niat serius Anda. Pewawancara selalu menanyakan apakah Anda memiliki pertanyaan, dan apa pun yang terjadi, Anda harus menyiapkan satu atau dua pertanyaan. Jika Anda berkata, “Tidak, tidak juga,” dia mungkin menyimpulkan bahwa Anda tidak begitu tertarik dengan pekerjaan atau perusahaan itu. Pertanyaan serba guna yang baik adalah, “Jika Anda dapat merancang kandidat ideal untuk posisi ini dari awal, seperti apa dia?”

Jika Anda memiliki serangkaian wawancara dengan perusahaan yang sama, Anda dapat menggunakan beberapa pertanyaan yang telah Anda siapkan untuk setiap orang yang Anda temui (misalnya, “Menurut Anda, apa hal terbaik tentang bekerja di sini?” dan “Apa jenis pekerjaan Anda?” orang yang paling ingin Anda lihat untuk mengisi posisi ini?”) Kemudian, coba pikirkan satu atau dua orang lain selama wawancara itu sendiri.

@freepik.com

6. Latihan, latihan, latihan.

Adalah satu hal yang harus dipersiapkan dengan jawaban mental untuk pertanyaan seperti, “Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?” Ini adalah tantangan lain sepenuhnya untuk mengatakannya dengan lantang dengan cara yang percaya diri dan meyakinkan. Pertama kali Anda mencobanya, Anda akan terdengar kacau dan bingung, tidak peduli seberapa jernih pikiran Anda dalam pikiran Anda sendiri! Lakukan 10 kali lagi, dan Anda akan terdengar jauh lebih halus dan lebih jelas.

Tetapi Anda tidak boleh melakukan latihan Anda saat Anda “di atas panggung” dengan seorang perekrut; berlatih sebelum Anda pergi ke wawancara. Cara terbaik untuk berlatih? Dapatkan dua teman dan berlatih mewawancarai satu sama lain dalam “round robin”: satu orang bertindak sebagai pengamat dan “yang diwawancarai” mendapat umpan balik dari pengamat dan “pewawancara”. Lakukan empat atau lima putaran, berganti peran saat Anda pergi. Ide lain (tapi pasti yang terbaik kedua) adalah merekam jawaban Anda dan kemudian memutarnya kembali untuk melihat di mana Anda perlu meningkatkannya. Apa pun yang Anda lakukan, pastikan latihan Anda terdiri dari berbicara dengan keras. Melatih jawaban Anda dalam pikiran Anda tidak akan berhasil.

7. Skor sukses di lima menit pertama.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pewawancara mengambil keputusan tentang kandidat dalam lima menit pertama wawancara – dan kemudian menghabiskan sisa wawancara untuk mencari hal-hal untuk mengkonfirmasi keputusan itu! Jadi apa yang dapat Anda lakukan dalam lima menit untuk melewati gerbang? Datanglah dengan energi dan antusiasme, dan ungkapkan penghargaan Anda atas waktu pewawancara. (Ingat: Dia mungkin melihat banyak kandidat lain hari itu dan mungkin lelah karena penerbangan. Jadi bawalah energi itu!)

Juga, mulailah dengan komentar positif tentang perusahaan – sesuatu seperti, “Saya benar-benar menantikan pertemuan ini [bukan “wawancara”]. Saya pikir [perusahaan] melakukan pekerjaan yang hebat di [bidang atau proyek tertentu ], dan saya sangat senang dengan prospek untuk dapat berkontribusi.”

8. Dapatkan di sisi yang sama dengan pewawancara.

Banyak pewawancara memandang wawancara kerja sebagai permusuhan: Kandidat akan mencoba untuk mencongkel tawaran dari pewawancara, dan tugas pewawancara adalah mempertahankannya. Tugas Anda adalah mengubah “tarik tarik tambang” ini menjadi hubungan di mana Anda berdua berada di pihak yang sama. Anda dapat mengatakan sesuatu yang sederhana seperti, “Saya senang memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang perusahaan Anda dan membiarkan Anda belajar lebih banyak tentang saya, sehingga kita dapat melihat apakah ini akan menjadi pasangan yang baik atau tidak. Saya selalu berpikir bahwa hal terburuk yang bisa terjadi adalah dipekerjakan pada pekerjaan yang salah bagi Anda – maka tidak ada yang senang!”

9. Bersikap tegas dan bertanggung jawab atas wawancara.

Mungkin karena upaya untuk bersikap sopan, beberapa kandidat yang biasanya tegas menjadi terlalu pasif selama wawancara kerja. Tapi kesopanan tidak sama dengan kepasifan. Wawancara seperti percakapan lainnya – ini adalah tarian di mana Anda dan pasangan bergerak bersama, keduanya saling menanggapi. Jangan membuat kesalahan dengan hanya duduk di sana menunggu pewawancara bertanya tentang Hadiah Nobel yang Anda menangkan. Adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan dia pergi karena mengetahui nilai jual utama Anda.

10. Bersiaplah untuk menangani pertanyaan ilegal dan tidak pantas.

Pertanyaan wawancara tentang ras, usia, jenis kelamin, agama, status perkawinan, dan orientasi seksual Anda tidak pantas dan di banyak bidang ilegal. Namun demikian, Anda mungkin mendapatkan satu atau lebih dari mereka. Jika ya, Anda memiliki beberapa opsi. Anda cukup menjawab dengan pertanyaan (“Saya tidak yakin bagaimana relevansinya dengan aplikasi saya”), atau Anda dapat mencoba menjawab “pertanyaan di balik pertanyaan”: “Saya tidak tahu apakah saya akan memutuskan untuk anak-anak dalam waktu dekat, tetapi jika Anda bertanya-tanya apakah saya akan meninggalkan pekerjaan saya untuk waktu yang lama, saya dapat mengatakan bahwa saya sangat berkomitmen untuk karir saya dan terus terang tidak bisa membayangkan menyerah.”

@freepik.com

11. Perjelas nilai jual Anda.

Jika sebuah pohon tumbang di hutan dan tidak ada orang yang mendengarnya, apakah itu mengeluarkan suara? Lebih penting lagi, jika Anda mengomunikasikan nilai jual Anda selama wawancara kerja dan pewawancara tidak memahaminya, apakah Anda mendapat skor? Untuk pertanyaan ini, jawabannya jelas: Tidak! Jadi jangan mengubur nilai jual Anda dalam cerita bertele-tele. Sebaliknya, beri tahu pewawancara apa nilai jual Anda terlebih dahulu, lalu berikan contoh.

12. Berpikir positif.

Tidak ada yang menyukai seorang pengeluh, jadi jangan memikirkan pengalaman negatif selama wawancara. Bahkan jika pewawancara bertanya langsung kepada Anda, “Kursus apa yang paling tidak Anda sukai?” atau “Apa yang paling tidak Anda sukai dari pekerjaan sebelumnya?” jangan jawab pertanyaannya. Atau lebih khusus lagi, jangan menjawab seperti yang diminta. Alih-alih, katakan sesuatu seperti, “Yah, sebenarnya saya telah menemukan sesuatu tentang semua kelas yang saya sukai. Misalnya, meskipun menurut saya [kelas] sangat sulit, saya menyukai fakta bahwa [poin positif tentang class]” atau “Saya cukup menyukai [pekerjaan sebelumnya], meskipun sekarang saya tahu bahwa saya benar-benar ingin [pekerjaan baru].”

13. Tutup dengan nada positif.

Jika seorang salesman mendatangi Anda dan mendemonstrasikan produknya, lalu berterima kasih atas waktu Anda dan berjalan keluar, apa kesalahannya? Dia tidak meminta Anda untuk membelinya! Jika Anda sampai pada akhir wawancara dan berpikir Anda benar-benar menyukai pekerjaan itu, mintalah! Beri tahu pewawancara bahwa Anda sangat, sangat menyukai pekerjaan itu – bahwa Anda sangat bersemangat sebelum wawancara dan bahkan lebih bersemangat sekarang, dan bahwa Anda yakin ingin bekerja di sana. Jika ada dua kandidat yang sama baiknya di akhir pencarian – Anda dan orang lain – pewawancara akan berpikir bahwa Anda lebih mungkin menerima tawaran itu, dan dengan demikian mungkin lebih cenderung mengajukan tawaran kepada Anda.

Lebih baik lagi, ambil apa yang telah Anda pelajari tentang diri Anda dari penilaian karier MyPath Anda dan gunakan itu untuk menjelaskan mengapa menurut Anda ini adalah pekerjaan untuk Anda: “Saya telah melakukan penilaian diri karier yang cermat, dan saya tahu bahwa saya paling tertarik pada [satu atau dua tema minat karier Anda yang paling penting], dan – koreksi saya jika saya salah – tampaknya posisi ini memungkinkan saya untuk mengungkapkan minat tersebut. Saya juga tahu bahwa saya paling termotivasi oleh [ dua atau tiga motivator terpenting Anda dari penilaian MyPath Anda], dan saya merasa bahwa jika saya melakukannya dengan baik, saya bisa mendapatkan penghargaan itu di posisi ini.

Akhirnya, saya tahu bahwa kemampuan terkuat saya adalah [dua atau tiga dari kemampuan terkuat Anda dari penilaian MyPath Anda], dan saya melihat itu sebagai kemampuan yang paling Anda butuhkan untuk posisi ini.” Jika Anda mengikuti tip ini, Anda akan menjadi ( a) meminta pekerjaan, (b) menjelaskan mengapa menurut Anda itu pasangan yang cocok, (c) menunjukkan perhatian dan kedewasaan Anda, dan (d) lebih jauh melucuti dinamika tarik ulur yang diantisipasi pewawancara. “dekat” sekuat mungkin – dan itu sangat berharga!

14. Bawalah salinan resume Anda ke setiap wawancara.

Bawalah salinan resume Anda saat Anda pergi ke setiap wawancara. Jika pewawancara salah menempatkan salinannya, Anda akan menghemat banyak waktu (dan rasa malu di pihak pewawancara) jika Anda bisa mengeluarkan salinan ekstra Anda dan menyerahkannya.

15. Jangan khawatir terdengar “kalengan”.

Beberapa orang khawatir bahwa jika mereka melatih jawaban mereka, mereka akan terdengar “tidak jelas” (atau terlalu halus atau fasih) selama wawancara. Jangan khawatir. Jika Anda mempersiapkan diri dengan baik, Anda akan terdengar halus dan jelas, bukan kalengan. Dan jika Anda tidak begitu siap, kecemasan situasi akan menghilangkan kualitas “kalengan”.

@freepik.com

16. Manfaatkan pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda”.

Banyak pewawancara memulai wawancara dengan pertanyaan ini. Jadi bagaimana Anda harus menanggapi? Anda dapat masuk ke cerita tentang di mana Anda dilahirkan, apa yang dilakukan orang tua Anda, berapa banyak saudara laki-laki dan perempuan dan anjing dan kucing yang Anda miliki, dan tidak apa-apa. Tetapi apakah Anda lebih suka pewawancara menuliskan jenis anjing apa yang Anda miliki – atau mengapa perusahaan harus mempekerjakan Anda?

Pertimbangkan untuk menanggapi pertanyaan ini dengan sesuatu seperti: “Yah, tentu saja saya dapat memberi tahu Anda tentang banyak hal, dan jika saya melewatkan apa yang Anda inginkan, beri tahu saya. Tetapi tiga hal yang menurut saya paling penting untuk Anda ketahui tentang saya adalah [nilai jual Anda]. Saya dapat mengembangkannya sedikit jika Anda mau.” Pewawancara akan selalu berkata, “Tentu, silakan.” Kemudian Anda berkata, “Nah, mengenai poin pertama, [berikan contoh Anda]. Dan ketika saya bekerja untuk [perusahaan], saya [contoh nilai jual yang lain].” Dll. Strategi ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan 10-15 menit pertama wawancara pada semua nilai jual utama Anda. Pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda” adalah kesempatan emas. Jangan lewatkan!

17. Bicaralah dengan bahasa tubuh yang benar.

Berpakaianlah yang pantas, lakukan kontak mata, berikan jabat tangan yang kuat, postur yang baik, berbicara dengan jelas, dan tidak memakai parfum atau cologne! Terkadang lokasi wawancara adalah ruangan kecil yang mungkin tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda ingin pewawancara memperhatikan kualifikasi pekerjaan Anda — tidak pingsan karena Anda datang memakai Chanel No. 5 dan kandidat sebelum Anda disiram dengan Brut, dan keduanya telah bercampur membentuk gas beracun yang mengakibatkan Anda tidak mendapatkan tawaran!

18. Bersiaplah untuk wawancara “berbasis perilaku”.

Salah satu gaya wawancara yang paling umum saat ini adalah meminta orang untuk menggambarkan pengalaman yang mereka miliki yang menunjukkan perilaku yang menurut perusahaan penting untuk posisi tertentu. Anda mungkin diminta untuk berbicara tentang saat Anda membuat keputusan yang tidak populer, menunjukkan tingkat ketekunan yang tinggi, atau membuat keputusan di bawah tekanan waktu dan dengan informasi yang terbatas, misalnya.

  1. Mengantisipasi perilaku yang kemungkinan akan dicari oleh manajer perekrutan ini.
  2. Mengidentifikasi setidaknya satu contoh saat Anda mendemonstrasikan setiap perilaku.
  3. Menyiapkan cerita untuk setiap contoh. Banyak orang menyarankan untuk menggunakan SAR (Situation-Action-Result) sebagai model cerita.
  4. Berlatih bercerita. Juga, pastikan untuk meninjau resume Anda sebelum wawancara dengan format seperti ini dalam pikiran; ini dapat membantu Anda mengingat contoh perilaku yang mungkin tidak Anda antisipasi sebelumnya.

19. Kirim catatan terima kasih.

Tulislah ucapan terima kasih setelah setiap wawancara. Ketik setiap catatan di atas kertas atau kirimkan melalui email, tergantung pada preferensi pewawancara. Sesuaikan catatan Anda dengan merujuk secara khusus pada apa yang Anda dan pewawancara diskusikan; misalnya, “Saya sangat senang [atau tertarik dengan, atau senang mendengar] apa yang Anda katakan tentang …” Catatan tulisan tangan mungkin lebih baik jika Anda berterima kasih kepada kontak pribadi yang telah membantu Anda mencari pekerjaan, atau jika perusahaan yang Anda wawancarai berbasis di Eropa. Metode apa pun yang Anda pilih, catatan harus dikirim dalam waktu 48 jam setelah wawancara.

Untuk menulis ucapan terima kasih yang baik, Anda perlu meluangkan waktu setelah setiap wawancara untuk menuliskan beberapa hal tentang apa yang dikatakan pewawancara. Juga, tuliskan apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik dalam wawancara, dan buat penyesuaian sebelum Anda berangkat untuk wawancara berikutnya.

20. Jangan menyerah!

Jika Anda mengalami wawancara yang buruk untuk pekerjaan yang menurut Anda benar-benar cocok untuk Anda (bukan hanya sesuatu yang sangat Anda inginkan), jangan menyerah! Tulis catatan, kirim email, atau hubungi pewawancara untuk memberi tahu dia bahwa menurut Anda Anda melakukan pekerjaan yang buruk dalam mengomunikasikan mengapa menurut Anda pekerjaan ini cocok. Ulangi apa yang Anda tawarkan kepada perusahaan, dan katakan bahwa Anda menginginkan kesempatan untuk berkontribusi. Apakah strategi ini akan memberi Anda tawaran pekerjaan tergantung pada perusahaan dan Anda. Tapi satu hal yang pasti: Jika Anda tidak mencoba, peluang Anda benar-benar nol. Kami telah melihat pendekatan ini berhasil dalam banyak kesempatan, dan kami mendorong Anda untuk mencoba yang terakhir.

@freepik.com

Jika Anda mengikuti 20 strategi di atas, Anda akan siap seperti kandidat mana pun yang pernah dilihat pewawancara. Lihat Pekerjaan Terbuka kami untuk memulai karir baru Anda hari ini. Semoga berhasil!

Sumber: experis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *