Perhotelan

BEST AVAILABLE RATE DI HOTEL

Oleh: Wiwin Wachidyah, Dipl.Hot., S.Sos., MM.Par.

Sumber: Freepik

PENDAHULUAN
Hotel sebagai salah satu bidang bisnis yang bergerak pada sektor jasa, menyediakan kamar berikut makanan dan minuman bagi tamu-tamunya dan dikelola secara komersial. Masing-masing Hotel memiliki arsitektur dan fasilitas unggulan masing-masing yang dapat membuat tamu betah untuk menginap di Hotel dan biasanya tertarik untuk datang kembali di Hotel tersebut.

Kamar merupakan produk utama Hotel, yang pada umumnya tersedia dalam berbagai tipe mulai dari Standart room hingga Suite room. Kamar-kamar Hotel tersebut dijual dengan harga sesuai dengan masing-masing tipe kamar dan fasilitas yang tersedia. Harga kamar Hotel adalah harga sewa sebuah kamar di Hotel untuk satu malam. Harga kamar Hotel yang tepat dapat berpengaruh terhadap keputusan tamu untuk menginap di Hotel. Harga kamar yang tepat bukan berarti harga kamar yang murah atau rendah, karena tamu juga akan mempertimbangkan fasilitas serta pelayanan yang diterima dari Hotel. Jadi harga kamar yang tepat berarti harga kamar yang sesuai dengan fasilitas dan pelayanan Hotel untuk kenyamanan tamu.

Pada saat ini, harga kamar Hotel bersifat dinamis. Harga kamar pada pagi dan siang hari bisa berbeda. Bagi tamu, suatu waktu tamu dapat menemukan harga kamar yang terjangkau, tetapi di waktu berikutnya, harga kamar tiba-tiba naik atau turun di menit-menit terakhir. Jadi harga kamar ini dapat berubah beberapa kali dalam seminggu, bahkan beberapa kali dalam sehari.


Jenis-jenis Harga Kamar di Hotel
Pada dasarnya harga kamar di Hotel dibedakan menjadi dua, yaitu published rate dan special rate. Published rate, adalah harga kamar pasti yang tidak dapat ditawar atau harga kamar yang tidak mendapatkan potongan harga. Sedangkan special rate adalah harga kamar khusus yang mendapatkan potongan harga dengan mempertimbangkan beberapa hal, antara lain status tamu yang akan menginap dan ketersediaan kamar. Harga kamar ini lebih murah jika dibandingkan dengan published rate. Jenis special rate yang pada umumnya dijumpai di Hotel adalah : Corporate rate, Commercial rate, Group rate, dan Day use rates.

BEST AVAILABLE RATE
Best Available Rate, yang disingkat dengan “BAR”, merupakan penetapan harga kamar yang bersifat dinamis untuk setiap kamar dan terkini yang digunakan oleh Hotel. Best Available Rate merupakan harga kamar fleksibel yang bervariasi setiap hari tergantung permintaan dan ketersediaan kamar.

Dalam manajemen Hotel, Best Available Rate merupakan penetapan harga kamar secara real-time berdasarkan permintaan dan ketersediaan kamar. Cara Hotel menetapkan Best Available Rate, dengan menetapkan harga tetap atau secara dinamis mengikuti konsep harga tertinggi dan harga dasar. Batasan harga adalah harga tertinggi untuk kamar tersebut dan harga dasar adalah harga terendah yang mungkin untuk kamar yang sama. Dalam penetapan Best Available Rate ini adalah untuk harga kamar saja, tidak termasuk diskon perusahaan atau harga kamar termasuk breakfast dan lain-lain. Harga kamar ini secara eksklusif merupakan jaminan harga terbaik untuk tipe kamar tertentu pada hari tertentu.

Perbedaan antara Published Rate dan Best Available Rate, adalah published rate merupakan harga kamar standar dan tetap yang dicantumkan oleh Hotel, sering kali merupakan tarif tertinggi yang dikenakan untuk sebuah kamar. Sebaliknya, Best Available Rate adalah harga kamar yang lebih dinamis, disesuaikan berdasarkan permintaan dan ketersediaan kamar saat ini dan biasanya lebih rendah dari published rate. Tidak seperti penetapan published rate, Best Available Rate berfluktuasi tergantung pada permintaan, tingkat hunian, dan ketersediaan kamar. Hal ini berarti bahwa harga kamar dapat berubah sepanjang hari.

ALASAN HOTEL MENETAPKAN BEST AVAILABLE RATE
1.Untuk memaksimalkan pendapatan
Dengan Best Available Rate, Hotel dapat mengenakan harga lebih tinggi pada saat permintaan tinggi (high season) dan bisa menawarkan harga lebih rendah pada saat permintaan rendah untuk mengisi kamar yang tersisa. Dengan menyesuaikan harga sesuai dengan penawaran dan permintaan, Hotel dapat memaksimalkan pendapatannya.
2. Fleksibilitas
Penetapan Best Available Rate memungkinkan Hotel untuk merespons perubahan pasar dengan cepat. Hotel dapat menyesuaikan harga secara real-time untuk menarik lebih banyak tamu atau memanfaatkan peluang pendapatan tambahan.

3. Mengoptimalkan occupancy
Dengan Best Available Rate, Hotel dapat mengelola tingkat hunian kamar/occupancy dengan lebih efektif. Hotel dapat menarik tamu dengan berbagai kemampuan pembayaran tamu, sehingga membantu Hotel untuk mencapai target tingkat hunian kamar yang optimal.
4. Pengelolaan ketersediaan kamar
Best Available Rate membantu Hotel dalam mengelola ketersediaan kamar Hotel. Hotel dapat menyesuaikan harga untuk mendorong pemesanan pada waktu-waktu tertentu, menghindari resiko vacant room atau over book dengan menyesuaikan harga kamar secara dinamis.


Risiko Yang Mungkin Terjadi
Penetapan Best Available Rate tentu dapat memberikan risiko bagi Hotel apabila harga kamar yang ditetapkan tidak tepat, antara lain :
1. Ketidakpuasan Tamu
Apabila tamu merasa harga yang ditawarkan oleh Hotel tidak konsisten atau adil, maka ini mungkin dapat mengakibatkan ketidakpuasan kepada para tamu.
2. Overpricing
Penetapan harga kamar yang terlalu tinggi (overpricing) dapat mengurangi minat pembelian dan merusak reputasi Hotel. Sehingga, Hotel perlu menetapkan harga secara tepat.

KESIMPULAN
Best Available Rate adalah cara Hotel menetapkan harga kamar terkini kepada tamu berdasarkan permintaan dan ketersediaan kamar. Perbedaannya dengan published rate, adalah published rate adalah harga kamar standar dan tetap yang dicantumkan oleh Hotel. Sebaliknya, Best Available Rate adalah harga kamar yang lebih dinamis, disesuaikan berdasarkan permintaan dan ketersediaan kamar secara real-time. Best Available Rate dapat berubah dan Hotel dapat menaikkan atau menurunkan harga kamar kapan saja. Hal ini memungkinkan Hotel untuk mengoptimalkan pendapatan dengan menetapkan harga yang sesuai dengan tingkat permintaan yang berubah-ubah.

Sumber Referensi:

Agusnawar, Pengantar Operasional Kantor Depan Hotel, Jakarta, 2002, pt perco

Darsono Agustinus, Kantor Depan Hotel, Jakarta, 2001, PT Grasindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *