Administrasi Bisnis

HAL-HAL PENTING TENTANG BISNIS

Author: Eko Tjiptojuwono, SE, MM, MMPar

Dosen Program Studi Administrasi Bisnis

Sumber: freepik.com

Running Your Own Business

1. Perkirakan pendapatan bisnis Anda di tahun pertama. (Kalikan jumlah yang Anda harapkan untuk dijual selama setahun dengan harga yang dikenakan.)

2. Perkirakan pengeluaran bisnis Anda di tahun pertama. Termasuk biaya material dan persediaan, biaya administrasi (manajemen), biaya pemasaran, biaya sewa, dan biaya bunga.

3. Perkirakan penghasilan (sebelum pajak) bisnis Anda. (Ini adalah perbedaan antara pendapatan yang diperkirakan dan biaya yang diperkirakan.)

4. Dengan asumsi tarif pajak 20 persen, perkirakan pajak Anda. (Anda dapat menerapkan tarif pajak yang berbeda jika Anda mengetahui berapa tarif pajak Anda.)

5. Perkirakan penghasilan Anda setelah pajak. (Ini adalah perbedaan antara penghasilan Anda sebelum pajak dan jumlah pajak yang akan Anda bayarkan.)

6. Sebutkan berapa banyak uang Anda sendiri yang akan Anda investasikan sebagai bentuk investasi ekuitas dalam bisnis tersebut.

7. Tunjukkan apakah Anda akan memiliki pemilik bersama dalam bisnis ini dan berapa banyak uang yang harus mereka investasikan.

8. Sebutkan berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk memulai bisnis Anda. (Untuk menentukan jumlah ini, bandingkan pengeluaran yang diharapkan dengan pendapatan yang diharapkan. Memiliki bantalan sangat membantu jika pengeluaran ternyata lebih tinggi dari yang diharapkan atau pendapatan ternyata kurang dari yang diharapkan.)

9. Nyatakan berapa banyak uang yang perlu Anda pinjam. (Anda dapat memperkirakan jumlah ini dengan membandingkan jumlah uang yang Anda perlukan untuk memulai bisnis Anda dengan jumlah ekuitas yang akan diinvestasikan dalam bisnis Anda.)

10. Tunjukkan di mana Anda berencana untuk mendapatkan dana pinjaman. Misalnya, apakah Anda berencana untuk mendapatkan pinjaman dari bank komersial biasa atau dari bank Internet?

11. Sebutkan tingkat bunga yang Anda harapkan untuk dibayar atas dana pinjaman.

12. Jelaskan berapa lama Anda berharap membutuhkan dana pinjaman sebelum Anda dapat membayar kembali pinjaman tersebut.

13. Perkirakan laba atas ekuitas Anda selama tahun pertama berdasarkan perkiraan penghasilan Anda setelah pajak dan jumlah ekuitas yang diinvestasikan dalam bisnis Anda.

14. Jelaskan pembelian besar apa pun (seperti komputer atau mesin) yang mungkin perlu Anda lakukan untuk bisnis Anda suatu hari nanti. Faktor apa yang akan menjadi bagian dari analisis biaya-manfaat dari pembelian ini?

15. Jelaskan berapa banyak persediaan yang harus Anda pertahankan untuk menghindari kekurangan.

16. Apakah bisnis Anda akan menghasilkan piutang? Jika demikian, bagaimana Anda mengelola aset ini?

Expanding The Business

Penganggaran modal melibatkan perbandingan biaya dan manfaat dari proyek yang diusulkan untuk menentukan apakah itu layak. Anggaran modal adalah jumlah dana yang ditargetkan untuk digunakan untuk membeli aset yang diperlukan untuk proyek jangka panjang. Perusahaan mempertimbangkan tiga jenis belanja modal potensial: ekspansi bisnis saat ini, pengembangan bisnis baru, dan investasi aset yang akan mengurangi biaya.

Sumber: freepik.com

Proses penganggaran modal melibatkan lima tugas:

  • Mengusulkan proyek baru yang layak untuk dinilai.
  • Memperkirakan arus kas proyek, yang merupakan arus kas masuk (berasal dari pendapatan) dikurangi arus kas keluar (berasal dari biaya) per periode.
  • Menentukan proyek mana yang layak, yang dapat dilakukan dengan membandingkan nilai sekarang dari arus kas proyek dengan pengeluaran awal proyek.
  • Menerapkan proyek yang layak berdasarkan status prioritas.
  • Memantau proyek-proyek yang dilaksanakan, agar tidak terjadi kesalahan dari estimasi arus kas proyek diakui dan mungkin dihindari ketika menilai proyek di masa depan.

Perusahaan mempertimbangkan menginvestasikan dana untuk mengakuisisi perusahaan lain berdasarkan satu atau lebih motif berikut:

  • Sebuah perusahaan dapat mencapai pertumbuhan segera dengan mengakuisisi perusahaan yang lain, sedangkan pertumbuhan tanpa merger akan lebih lambat.
  • Merger dapat menciptakan volume penjualan yang lebih tinggi untuk perusahaan, yang memungkinkannya menyebarkan biaya tetapnya ke lebih banyak unit, sehingga mengurangi biaya (skala ekonomi).
  • Merger dapat memungkinkan perusahaan untuk menggabungkan sumber daya dan menyumbangkan sumber daya di mana mereka memiliki keahlian manajerial yang paling.
  • Merger dapat memungkinkan perusahaan yang mengakuisisi untuk mengurangi penghasilan kena pajaknya ketika mengakuisisi perusahaan yang baru saja mengalami kerugian.

Selain merger, perusahaan terlibat dalam bentuk restrukturisasi lainnya. Dalam leveraged buyout (LBO), sekelompok investor mengakuisisi perusahaan (atau anak perusahaan perusahaan) dengan sebagian besar dana pinjaman. Divestasi adalah penjualan aset yang dimiliki oleh bisnis. Banyak perusahaan menjual beberapa aset seperti bangunan, pabrik, dan divisi ketika mereka dapat memperoleh harga yang lebih tinggi untuk suatu aset daripada nilainya jika dipertahankan.

Perusahaan berinvestasi dalam aset jangka pendek seperti uang tunai, surat berharga jangka pendek, piutang, dan persediaan. Mereka berinvestasi dalam jumlah uang tunai dan sekuritas jangka pendek yang cukup untuk mempertahankan likuiditas yang memadai. Namun, investasi berlebihan tunai dan surat berharga jangka pendek merupakan penggunaan dana yang tidak efisien.

Perusahaan berkeinginan untuk berinvestasi dalam piutang yang cukup sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan dari waktu ke waktu.

Mereka harus memberlakukan standar kredit yang memadai, bagaimanapun, sehingga mereka dapat menghindari gagal bayar yang berlebihan atas kredit yang telah mereka berikan. Perusahaan ingin berinvestasi dalam jumlah persediaan yang cukup sehingga mereka dapat menghindari kehabisan stok. Namun, investasi yang berlebihan dalam persediaan menunjukkan penggunaan dana yang tidak efisien.

Sumber:

Madura, J., 2007. Introduction to Business. 4th Edition. Thomson South Western.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *