Akuntansi

Pentingnya ISO 21001:2018 Untuk Standarisasi Mutu Pendidikan Tinggi

Author: Ita Megasari

Dosen: Akuntansi

Perubahan yang semakin dinamis pasca Covid-19 membuat perguruan tinggi perlu mendidik mahasiswanya untuk diarahkan menjadi insan yang memiliki self-empowering, jiwa kreatif dan inovatif.  Oleh karena itu perguruan tinggi merupakan salah satu institusi pendidikan yang memiliki peranan penting dalam pengembangan standarisasi mutu dan penilaian kesesuaian mutu pendidikan di Indonesia. Standarisasi mutu dan kualitas pendidikan akan lebih baik jika suatu lembaga pendidikan menerapkan sebuah standar, karena dengan adanya standar dapat membantu institusi pendidikan dalam mengukur ketercapaian mutu dan kualitas pendidikan dari waktu ke waktu. Saat ini, standar mutu dan kualitas pendidikan yang diadaptasi oleh perguruan tinggi adalah ISO 9001 dan ISO 21001:2018. Namun, tidak semua perguruan tinggi menerapkan standarisasi mutu ini. ISO 21001:2018 berfokus pada peningkatan kepuasan mahasiswa, penerima manfaat dan tenaga kependidikan. Lalu, sebenarnya apa sih ISO 21001:2018? Sepenting apa standar tersebut diterapkan dalam perguruan tinggi atau lembaga pendidikan? 

Menurut Maulid (2022) bahwa standar ISO 21001:2018 adalah sistem manajemen organisasi pendidikan yang disesuaikan dari ISO 9001:2015. Sistem ini disusun khusus untuk sektor pendidikan dalam mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya yaitu memberikan pendidikan yang bermutu. Standar ISO 21001 memiliki prinsip-prinsip yang mendorong lembaga pendidikan untuk lebih bertanggung jawab secara sosial dan menyediakan layanan pendidikan yang dapat diakses dan adil bagi peserta didik. Selain itu, standar ini membantu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kepuasan peserta didik, tenaga pendidik, kependidikan, civitas akademika, serta penerima manfaat. Persyaratan standar ISO 21001:2018 bersifat umum dan dapat diterapkan oleh semua lembaga yang berbasis kurikulum baik formal maupun informal. Mulai dari lembaga kursus dan pelatihan dengan metode tatap muka langsung hingga pembelajaran jarak jauh secara daring.

Berikut gambaran mengenai pendekatan standar ISO 21001:2018 (Rosiawan dan Trisnawati, 2022) bahwa terdapat lima pendekatan utama yang digunakan dalam standar system manajemen yang diterbitkan oleh ISO termasuk ISO 21001:2018, yaitu mencakup:

1. Pemikiran berbasis pada risiko

Dalam konteks ini dari ISO 9001 adalah penting untuk mencapai penerapan SMOP (Sistem Manajemen untuk Organisasi Pendidikan) yang efektif. Standar ISO 21001 menyatakan bahwa keseluruhan aktivitas dalam penyampaian produk dan layanan Pendidikan, orang-orang yang terlibat harus berfokus pada pemikiran yang berbasis resiko yang bertujuan untuk mengambil keuntungan dari peluang dan mencegah hasil yang tidak diinginkan.

Pengendalian resiko dapat berupa tindakan pencegahan, yaitu sebelum risiko terjadi atau tindakan perbaikan (bila resiko telah terjadi), tindakan perbaikan diperlukan untuk menjamin bahwa masalah atau problem yang terjadi tidak berlanjut menjadi sebuah krisis dan atau bencana. Hal ini dapat digambarkan sebagai berikut:

Gambar 1. Tindakan pencegahan dan perbaikan pada manajemen resiko

Sumber: Rosiawan dan Trisnawati, 2022

Misal dikaitkan dengan hasil layanan Pendidikan yaitu terciptanya kompetensi peserta didik sesuai dengan profil lulusan. Lulusan yang kompeten dapat diciptakan dengan memiliki dampak besar pada kredibilitas organisasi pendidikan dari sudut pandang pihak yang berkepentingan dan organisasi harus dapat melakukan pengendalian kredibilitas organisasi dari tingkat keparahan dan atau kemungkinan kejadian yang mempengaruhi mutu produk dan layanan pendidikan (kontrol tingkat keparahan). Untuk kontrol untuk frekuensi kejadian, terkait dengan kompetensi lulusan dapat tercapai apabila pihak manajemen secara konsisten dapat menjaga mutu kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian secara konsisten.

Gambar 2.  Manajemen Resiko untuk Pencapaian Hasil

Sumber: Rosiawan dan Trisnawati, 2022

2.  Pendekatan proses, yang diawali dengan dari bagaimana organisasi pendidikan menetapkan visi, misi, tata nilai, dan tujuan (hasil yang dikehendaki oleh organisasi). Pendekatan proses melibatkan definisi sistematis dari manajemen proses dan interaksinya, sampai dengan mencapai hasil yang diinginkan. Efektivitas manajemen proses dapat dicapai melalui perbaikan yang kontinyu dengan menggunakan siklus PDCA.

Gambar 3:  Skema SIPOC (Sources, Input, Process, Output, Customers) untuk aktivitas Tunggal (bagian dari proses atau beberapa aktivitas)

Sumber:  Badan Standarisasi Nasional (BSN), 2021

3.  Siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA) untuk perbaikan/peningkatan berkelanjutan. Manajemen proses dan sistem secara keseluruhan dapat dicapai dengan menggunakan siklus Plan-Do-Check-Action (PDCA), dan dapat digambarkan sebagai berikut:

Sumber:  Badan Standarisasi Nasional (BSN), 2021

4.  Prinsip-prinsip manajemen

Standar ISO 21001 memiliki 11 (sebelas) prinsip manajemen untuk organisasi pendidikan, yaitu:

  1. Fokus pada peserta didik dan penerima manfaat lainnya,
  2. Kepemimpinann visioner
  3. Pendekatan proses
  4. Peningkatan
  5. Keputusan berdasarkan bukti
  6. Manajemen hubungan
  7. Tanggung jawab sosial
  8. Aksesibilitas dan kesetaraan
  9. Perilaku etis dalam pendidikan
  10. Keamanan dan perlindungan data.

5.  Struktur tingkat tinggi.

Struktur tingkat tinggi membantu organisasi lebih mudah dalam menerapkan dan mengintegrasikan persyaratan standar system manajemen yang berbeda secara bersamaan dan menjalankan siklus PDCA. Pada tahap Plan, klausul yang terkait adalah klausul 4,5,6, dan 7. Sedangkan Do, klausul yang terkait adalah klausul 8. Pada tahap check, klausul yang terkait adalah klausul 9, dan pada tahap Act, klausul yang terkait adalah klausul 10. Berikut bagan yang menunjukkan struktur dan teks klausul yang identik untuk standar IAO 9001 dan ISO 21001 (Rosiawan dan Trisnawati, 2022):

Sumber:  Badan Standarisasi Nasional (BSN), 2021

One thought on “Pentingnya ISO 21001:2018 Untuk Standarisasi Mutu Pendidikan Tinggi

  1. I’ve been regularly checking out this fantastic website lately, they share great material for their users. The site owner is gifted at engaging visitors. I’m a big fan and hope they maintain their wonderful efforts!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *