Author: Eko Tjiptojuwono, SE, MM, MMPar.
Dosen: Administrasi Bisnis
Apa itu Intimate Relationships
Intimate relationships dapat menjadi aspek penting dalam pemasaran, khususnya dalam relationship marketing dan services marketing. Intimacy theory telah diusulkan sebagai dasar hubungan layanan yang dikomunikasikan melalui iklan. Membangun intimate relationships dengan pelanggan dapat dicapai melalui lead nurturing campaigns yang memberikan koneksi berkualitas dan secara bertahap membangun kepercayaan.
Customer intimacy adalah cara memasukkan nilai ke dalam pasar dengan memahami nilai apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana menyampaikannya. Brand intimacy memerlukan hubungan emosional yang kuat antara konsumen dan merek. Customer intimacy adalah tentang memberikan fokus ekstra pada relationship marketing dan mendapatkan hubungan pelanggan yang sukses dan bertahan lama. True customer intimacy memerlukan pemahaman mendalam tentang konteks produk dan layanan yang digunakan dalam kehidupan pelanggan sehari-hari.
Bagaimana perusahaan menggunakan intimacy in marketing
Perusahaan menggunakan intimacy dalam pemasaran dalam berbagai cara untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggannya. Berikut beberapa cara perusahaan menggunakan intimacy dalam pemasaran:
- Relationship marketing: Perusahaan menggunakan teori intimacy sebagai dasar hubungan jasa yang dikomunikasikan melalui iklan. Mereka menganjurkan teori intimacy agar lebih dapat digeneralisasikan.
- Customer intimacy strategy: Perusahaan menggunakan keintiman pelanggan sebagai strategi untuk mengenal pelanggannya sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang bijaksana dan personal. Mencapai keintiman pelanggan lebih dari sekadar pernyataan misi dan visi yang mewah. Strategi penting keintiman pelanggan memerlukan integrasi mendalam dari banyak strategi dan teknik simultan, dengan satu fokus utama: Oleh karena itu, semua yang dilakukan perusahaan Anda perlu dipusatkan pada pelanggan Anda.
- Brand intimacy: Perusahaan membangun keintiman merek dengan menciptakan hubungan emosional yang kuat antara konsumen dan merek. Untuk memulai hubungan merek yang intim, konsumen harus menunjukkan hubungan emosional yang kuat dengan suatu merek.
- Tailoring products and services: Perusahaan yang menjalankan strategi keintiman pelanggan terus-menerus menyesuaikan dan membentuk produk dan layanan agar sesuai dengan definisi pelanggan yang semakin baik. Mereka biasanya melihat nilai seumur hidup pelanggan bagi perusahaan, bukan nilai dari setiap transaksi.
- Empowerment of people: Perusahaan yang menerapkan strategi keintiman pelanggan telah merancang model operasi yang memungkinkan mereka menangani setiap pelanggan atau subsegmen kecil pasar mereka secara individual, demi keuntungan perusahaan dan juga kepuasan pelanggan. Struktur organisasinya menekankan pada pemberdayaan orang-orang yang bekerja dekat.
Apa manfaat menggunakan intimacy in marketing
Menggunakan keintiman dalam pemasaran dapat membawa beberapa manfaat bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaat menggunakan keintiman dalam pemasaran:
- Building long-term relationships: Keintiman dalam pemasaran dapat membantu perusahaan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggannya dengan berfokus pada pemasaran hubungan dan memperoleh hubungan yang sukses dan pribadi dengan pelanggan dalam jangka panjang.
- Increased customer loyalty: Keintiman pelanggan dapat meningkatkan pelayanan pelanggan yang pada akhirnya meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang mempunyai alasan kuat untuk setia pada suatu merek cenderung tidak menggunakan pesaing.
- Differentiation from competitors: Perusahaan yang unggul dalam keintiman pelanggan dapat membedakan produk dan layanan mereka dari pesaing dengan menyesuaikan penawaran mereka agar sesuai dengan permintaan pelanggan mereka.
- Increased profitability: Keintiman pelanggan adalah model bisnis yang optimal karena berpusat pada pelanggan dan efektif untuk mendapatkan hubungan jangka panjang, yang merupakan strategi paling menguntungkan bagi perusahaan.
- Improved reputation: Keintiman pelanggan memungkinkan perusahaan membangun reputasi positif dengan pelanggannya, yang dapat membantu mereka menarik pelanggan baru.
- Customized products and services: Perusahaan yang menerapkan strategi keintiman pelanggan terus-menerus menyesuaikan dan membentuk produk dan layanan agar sesuai dengan definisi pelanggan yang semakin baik. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Secara keseluruhan, menggunakan keintiman dalam pemasaran dapat membantu perusahaan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggannya, meningkatkan loyalitas pelanggan, membedakan dari pesaing, dan meningkatkan profitabilitas dan reputasi.
Referensi
Çakırca, S., 2022. 5 Examples and Strategies for Scalable Customer Intimacy. https://userguiding.com/blog/customer-intimacy/. Diakses pada 5 September 2023
Fournier, S., S. Dobscha, and D. G. Mick, 1998. Preventing the Premature Death of Relationship Marketing. https://hbr.org/1998/01/preventing-the-premature-death-of-relationship-marketing. Diakses pada 5 September 2023
Henshall, A., 2021. 8 Customer Intimacy Strategies for Companies of Any Size. https://blog.hubspot.com/service/customer-intimacy. Diakses pada 5 September 2023
Maya, V., 2023. What Is Customer Intimacy And Why It Matters. https://customersfirstacademy.com/business-strategy-guide-to-customer-intimacy/. Diakses pada 5 September 2023
Natarelli, M., 2023. The Principles Of Brand Intimacy. https://brandingstrategyinsider.com/the-principles-of-brand-intimacy/. Diakses pada 5 September 2023
Olford, S., 2018. How to Build Intimate Relationships With Your Customers With This Single Lead Nurturing Campaign. https://www.entrepreneur.com/growing-a-business/how-to-build-intimate-relationships-with-your-customers/307821. Diakses pada 5 September 2023
Osborne, A., 2022. The Age of Brand Intimacy: Why Marketers Should Care. https://www.spiceworks.com/marketing/customer-experience/guest-article/the-age-of-brand-intimacy-why-marketers-should-care/amp/. Diakses pada 5 September 2023
Stern, B.B., 1997. Advertising Intimacy: Relationship Marketing and the Services Consumer. Journal of Advertising Vol. 26, No. 4, Services Advertising (Winter, 1997), pp. 7-19 (13 pages). Published By: Taylor & Francis, Ltd.
Treacy, M. and F. Wiersema, 1993. Customer Intimacy and Other Value Disciplines. https://hbr.org/1993/01/customer-intimacy-and-other-value-disciplines. Diakses pada 5 September 2023
Wright, I., 2023. The Surprising Thing Your Customers Want — And They Might Not Even Realize It. https://www.salesforce.com/blog/customer-intimacy/. Diakses pada 5 September 2023