Author: Ahmad Dzul Fikri Budi Kusworo
Tantangan di era revolusi industri 4.0 yang mengharuskan kita dapat melakukan perubahan secara cepat dengan cara beradaptasi dengan teknologi. Di tahun 2021 di Indonesia sudah menerapkan berbasis pemasaran digital mulai dari sektor pendidikan,perbelanjaan, perbankan, dll.
Pemasaran Digital
Ada kelemahan dan kelebihan dengan adanya pemasaran digital antara lain:
Kelemahannya:
- Ketiaksesuaian antara produk yang dipesan dengan produk yang diantar
- Terjadi ketelambatan pengiriman barang
- Terjadi kemalasan pada pelanggan karena secara instan
- Barang yang tidak sesuai dengan pelanggan agak susah untuk diretur (dikembalikan)
Kelebihannya:
- Aksesnya dapat menjangkau pangsa pasar seluruh dunia
- Pelanggan tidak perlu keluar rumah
- Biaya yang dikeluarkan lebih murah meliputi biaya promosi, haga barang
- Lebih mudah untuk mendapatkan barang selama stock barang masih ready
Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen merupakan tindakan konsumen untuk memilih, mecari informasi mengenai produk sampai tindakan keputusan pembelian.
Faktor-faktor perilaku konsumen yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian di era digital antara lain:
- Model produk
- Kualitas produk
- Kemasan produk
- Harga produk
- Merek produk
Sebagai seorang pemasar harus memahami karakter kosumen sebagai berikut:
- Pendiam
- Mudah akrab
- Sombong dan angkuh
- Kritis
- Mudah marah
Segmentasi Pasar
Dalam membidik pasar sebagai pemasaran juga harus memahami segmentasi pasar yang akan dibidik antara lain:
- Segmentasi geografis
Berdasarkan wilayah, kota/desa misalnya segmentasi kota surabaya dengan kota sidoarjo berbeda kesukaan pelanggannya antara kota surabaya dengan sidoarjo. Segmentasi wilayah Indonesia dengan Malaysia bebeda kesukaan antara pelanggan indonesia dengan malaysia - Segmentasi psikografis
Dikelompokkan berasarkan minat pelanggan terhadap produk, sikap pelanggan terhadap produk, gaya hidup pelanggan. - Segmentasi demografis
Pengelompokannya berdasarkan usia, penghasilan, jenis kelamin misal segmentasi usia tua, mudah, anak-anak masing-masing perbedaan kesukaan antara usia tua, mudah, anak-anak. Segmentasi penghasilan meliputi kelas bawah, kelas menengah, kelas atas. Masing-masing berbeda kesukaan antara kelas bahwah, kelas menengah, kelas atas. Kelas atas suka dengan barang-barang yang mahal dan berkualitas, sedangkan kelas menegah dan bawah belum tentu suka barang-barang yang mahal.
Jadi pada intinya dalam menentukan perilaku konsumen untuk menentukan keputusan pembelian di era digital, sebagai pemasaran harus dapat melakukan sebagai berkut:
- Membidik segmentasi pasar agar tau pasar yang kita bidik seperti apa
- Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian
- Lebih mengenal karakter calon pelanggan.