Tenaga administrasi sangat dibutuhkan oleh semua organisasi, profit organisation dan nonprofit organisation (perusahaan yang mencari laba ataupun yang tidak) ataupun organisasi-organisasi lain. Di era new normal, terdapat pergeseran paradigma, dulu kita bekerja di suatu ruangan bersama-sama, sekarang sebagian pekerjaan tidak harus dikerjakan di kantor. Bahkan customer pun sudah mulai terbiasa dengan pelayanan online dan tidak harus bertemu dengan penjual.
Itu berarti terjadi pergeseran perilaku, baik perilaku organisasi dan masyarakat sehingga perlu kita bahas bagaimana dengan tenaga administrasi. Apakah tenaga administrasi juga mengalami pergeseran? Tentu hal ini penting bagi perguruan tinggi yang memiliki program studi administrasi bisnis dan memberi perhatian serius agar supaya lulusan-lulusan dari perguruan tinggi yang memiliki program studi sejenis bisa mempersiapkan diri sehingga lulusan-lulusan nya nanti tidak kesulitan mencari kerja.
Arti Administrasi
Administrasi memiliki arti institusional, arti fungsional, dan arti proses. Arti administrasi secara institusional merupakan aktivitas-aktivitas yang dilakukan organisasi. Aktivitas-aktivitas organisasi inilah yang memerlukan administrasi, seperti contoh tentu ada aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh bank yang mungkin berbeda dengan aktivitas yang dilakukan di industri perhotelan, begitu juga administrasi di pemerintahan berbeda dengan di pesantren.
Administrasi yang dilakukan di masing-masing organisasi itulah yang disebut arti institusional. Oleh karena itu pada program studi administrasi bisnis tentunya harus mengajarkan administrasi dalam arti institusional maka seperti administrasi perbankan, administrasi perhotelan, administrasi manufaktur, administrasi jasa ekspedisi, dan lain-lain.
Arti fungsional adalah berkaitan dengan fungsi-fungsi atau tugas administrasi yang dilakukan oleh orang-orang yang ada dalam manajemen organisasi. Dalam manajemen sebuah organisasi ada yang posisinya sebagai pemimpin, ada yang sebagai perencana, sebagai pengawas dan lain-lain, bahkan marketing juga membutuhkan administrasi.
Administrasi dalam arti proses merupakan aktivitas secara teknis yang kegiatannya adalah mencatat dan mengarsipkan. Arti proses secara teknis operasional bisa juga diartikan merencanakan sesuatu kegiatan dari awal sampai akhir.
Skill Administrasi
Skill administrasi apa saja sebenarnya yang dibutuhkan pada umumnya? Macam-macam skill yang sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui badan sertifikasi sertifikasi profesi terbagi atas 4 yaitu:
Pertama adalah task skill, yaitu skill yang dimiliki seseorang untuk melaksanakan tugas-tugas yang diperintahkan saja. Orang yang memiliki skill tersebut tidak diberi wewenang untuk melaksanakan tugas-tugas yang lebih luas. Kedua adalah task management, yaitu skill yang dimiliki seseorang untuk melaksanakan lebih dari satu perkejaan.
Dalam suatu rangkaian pekerjaan terdapat beberapa macam aktivitas yang dilaksanakan sehingga orang tersebut perlu memiliki skill untuk mengatur apa yang harus dilaksanakan duluan, yang berikutnya dan seterusnya sampai selesai. Ketiga adalah kontijensi manajemen yaitu kemampuan merespon dan mengelola kejadian ireguler dan reguler atau tidak biasa.
Seseorang yang memiliki kontijensi manajemen akan mampu mengatasi masalah dan mencari jalan keluar. Keempat adalah job role environment ini berkaitan dengan tanggung jawab terhadap lingkungan kerja. Seseorang dengan skill ini tidak hanya memperdulikan tempat kerjanya saja tapi lingkungan lainnya juga.