Administrasi Bisnis

CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN EMAIL MARKETING

Author: Eko Tjiptojuwono

Dosen Program Studi Administrasi Bisnis.

Pengelolaan hubungan pelanggan

Tidak ada gunanya menggunakan alat pemasaran email jika Anda tidak tahu kepada siapa Anda mengirim email. Manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah konsep bisnis yang telah ada selama sekitar 25 tahun. Ini adalah seni, jika Anda mau, untuk membuat pelanggan Anda senang dan mempertahankan hubungan pribadi yang berkelanjutan dengan mereka.

Sumber: freepik.com

Katakanlah Anda menjalankan toko kelontong kecil di lingkungan yang sama kecilnya. Seiring waktu, Anda akan mengenal pelanggan reguler Anda, kesukaan dan ketidaksukaan mereka, dan produk lain apa yang mungkin menarik untuk mereka coba, dll.

Bisnis yang lebih besar berjuang untuk mempertahankan hubungan pribadi semacam itu dengan konsumen, dan di situlah CRM masuk. Misalnya, jika Anda menyimpan catatan produk atau layanan yang dibeli pelanggan dari Anda di masa lalu, apa yang mereka lihat di situs web Anda, dan seberapa sering mereka menghubungi Anda, Anda dapat menggabungkan informasi tersebut dengan detail demografis yang relevan. dan kemudian, dengan menggunakan teknologi CRM, Anda dapat melacak dan mengantisipasi apa yang kemungkinan besar akan diminati oleh pelanggan tersebut.

Hasilnya? Pemasaran yang relevan dan bertarget yang kemungkinan besar akan menghasilkan konversi. Dalam hal pemasaran email, CRM dapat membantu Anda mengelompokkan daftar Anda, memungkinkan Anda untuk memfokuskan kampanye yang sangat bertarget kepada pelanggan yang kemungkinan besar akan ditanggapi.

Anda dapat menyempurnakan penawaran email Anda dan menyelaraskannya dengan riwayat pembelian pelanggan Anda. Kemungkinannya hampir tidak terbatas. Jika bisnis Anda sudah menggunakan sistem CRM untuk pemasaran yang lebih tradisional, maka Anda harus dapat memasukkan informasi tersebut ke dalam strategi pemasaran email Anda. Beberapa sistem CRM melayani kampanye email sebagai bagian dari rangkaian fitur mereka, sementara yang lain terintegrasi dengan solusi pemasaran email pilihan Anda.

Kita akan berbicara tentang teknologi yang sesuai saat kita melanjutkan bab ini, tetapi pada akhirnya alat pemasaran email akan terbukti efektif hanya jika Anda, sebagai pemasar digital, meluangkan waktu untuk mengembangkan strategi email yang tepat untuk bisnis Anda dan menjalankannya di jalan yang benar.

Format email

Alasan lain email Anda mungkin tidak terlihat adalah karena Anda mengirimnya dalam format yang tidak dikenali oleh klien email penerima Anda – perangkat lunak atau situs web yang digunakan untuk membaca dan membalas email.

Sumber: freepik.com

Ini bukan masalah seperti dulu, karena adopsi standar internet telah meningkat secara signifikan, dan hampir semua klien email saat ini akan menangani email teks kaya atau email HTML kecuali jika pengguna telah menentukan sebaliknya. Saat Anda mengirimkan email pemasaran, Anda biasanya dapat memilih untuk mengirimkannya dalam bentuk teks biasa yang paling dasar (tanpa pemformatan).

Anda kemudian dapat yakin bahwa semua klien dapat membacanya. Satu langkah maju dari teks biasa adalah format teks kaya, yang memungkinkan Anda memformat teks dengan ukuran font, warna, tebal dan miring, dan memungkinkan penerima mengklik tautan web.

Ini terlihat lebih baik daripada teks biasa dan bisa sangat efektif untuk buletin informasi sederhana. Email paling canggih dibuat menggunakan HTML (kode yang sama yang digunakan pengembang untuk membuat halaman web). Ini pada dasarnya berarti bahwa email Anda dapat terlihat persis seperti halaman web biasa, lengkap dengan gambar, tautan web, dan lainnya.

Gambar tidak dikirim dengan email, tetapi biasanya diambil dari server web saat email dilihat. Email HTML dapat dikaitkan dengan tampilan dan nuansa situs web Anda, yang merupakan berita bagus jika Anda mencari kontinuitas merek dan pengalaman pengguna yang mulus ketika prospek Anda mengklik ke halaman arahan!

Beberapa klien email (dan email berbasis web seperti Hotmail dan Gmail termasuk dalam kategori ini) secara otomatis memblokir gambar eksternal untuk alasan keamanan, tetapi mengizinkan penerima untuk mengganti setelan email dari orang yang mereka percayai. Meski begitu, Anda mungkin ingin memastikan bahwa pesan Anda jelas tanpa gambar, untuk berjaga-jaga. Gunakan gambar untuk menambah pesan utama email Anda, tetapi pastikan proposisi nilai dan ajakan bertindak Anda diuraikan dengan jelas dalam bentuk teks.

Umumnya Anda tidak perlu khawatir tentang pengiriman versi email yang berbeda ke pelanggan yang berbeda. Standar yang disebut Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME) memungkinkan Anda mengirim pesan dalam format ‘multi-bagian’. Ini berarti klien email penerima Anda akan dapat melihat pesan dengan cara terbaik, dan jika penerima lebih suka menerima email hanya teks maka itulah yang akan mereka lihat.

Sumber:

Ryan, D & C. Jones, 2009. Understanding Digital Marketing: Marketing strategies for engaging the digital generation. Kogan Page Limited. United States

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *