Administrasi Bisnis

EMAIL MARKETING

Author: Eko Tjiptojuwono

Dosen Program Studi Administrasi Bisnis.

Apa sebenarnya pemasaran email itu?

Pemasaran email adalah perpaduan dari salinan pemasaran yang cerdas dan imajinatif. Dalam bentuknya yang paling sederhana, ini adalah email yang dikirim ke daftar pelanggan yang biasanya berisi promosi penjualan dan ‘ajakan bertindak’. Ini bisa sesederhana mendorong pelanggan untuk mengklik tautan web yang tertanam di email.

Sumber: freepik.com

Beberapa contoh kampanye pemasaran email adalah:

  1. hotel yang mempromosikan diskon musim panas khusus;
  2. perusahaan rekrutmen yang memberi tahu klien bisnis tentang seminar gratis;
  3. toko gadget yang menawarkan kode uang mati untuk digunakan di kasir online-nya;
  4. pusat kebugaran yang menawarkan kepada anggota voucher cetakan khusus yang memberikan hak kepada pembawa untuk membawa teman secara gratis;
  5. perusahaan minuman yang mendorong orang untuk mengunduh game yang terintegrasi ke dalam profil Facebook atau MySpace pengguna.

Anda juga dapat menggunakan email ketika Anda tidak memiliki sesuatu yang spesifik untuk pasar, sebagai mekanisme untuk mempertahankan keterlibatan konsumen, memperkuat merek Anda dan menambah kredibilitas bisnis Anda. Faktanya, bahkan di dunia Web 2.0 blog, jejaring sosial, dan umpan RSS, buletin email masih sangat populer dan menawarkan cara yang sangat efektif untuk mengeluarkan merek Anda di depan daftar prospek Anda secara teratur.

Contohnya mungkin termasuk:

  1. perusahaan akuntansi yang tetap berhubungan dengan kliennya dengan memberi tahu mereka tentang perubahan undang-undang perpajakan;
  2. buletin mingguan dari perusahaan hubungan masyarakat yang berisi cuplikan menarik dari berita industri dan tautan web ke artikel yang lebih panjang;
  3. intisari harian atau peringatan berita terbaru dari surat kabar online;
  4. penerbit buku dewasa muda menggunakan pemasaran email untuk mempromosikan screensaver gratis dan eksklusif, nada dering dan wallpaper kepada pembaca mudanya.

Karena email adalah media komunikasi yang sangat hemat biaya, ketika digunakan secara efektif dapat memberikan pengembalian investasi (ROI) yang sangat baik.

Alat pemasaran email

Ketika datang untuk mengelola dan mengirim email pemasaran Anda, Anda mungkin tidak ingin bergantung pada klien email desktop standar Anda untuk melakukan pekerjaan itu. Meskipun ini adalah pendekatan yang sangat layak untuk daftar yang sangat kecil, karena lebih banyak orang berlangganan penawaran email Anda, itu akan dengan cepat menjadi rumit dan tidak dapat dikelola. Yang Anda butuhkan sebagai gantinya adalah salah satu dari banyak sistem pemasaran email yang disesuaikan di luar sana.

Ini dapat berupa perangkat lunak yang Anda instal di mesin lokal Anda, perangkat lunak yang Anda jalankan di server Anda sendiri, atau penawaran perangkat lunak sebagai layanan yang dihosting oleh penyedia layanan online. Sistem ini memungkinkan Anda mengelola daftar email dan membuat template desain untuk pesan Anda dan, yang paling penting, membantu Anda melacak kampanye email Anda.

Beberapa fungsi yang dapat disediakan oleh alat pemasaran email (dan ini bukan daftar lengkap) meliputi:

  1. alat yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda membuat dan bekerja dari templat email tanpa harus menjadi ahli teknis;
  2. alat pengujian yang memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah pesan Anda akan berhasil melewati filter spam utama;
  3. alat pelacak yang menunjukkan berapa banyak orang yang telah mengabaikan, membuka, atau menanggapi email Anda;
  4. alat personalisasi yang memungkinkan Anda memodifikasi konten secara dinamis untuk individu atau profil target tertentu pada daftar Anda.

Sumber:

Ryan, D & C.Jones, 2009. Understanding Digital Marketing: Marketing strategies for engaging the digital generation. Kogan Page Limited. United States

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *