Author: Ir. Sudono Noto Pradono, S.Pd., S.Pd., M.Pd.
Dosen: Perhotelan
Gambar 1. Keluarga
Sumber: www.freepik.com
Orang-orang Tionghoa sangat menghargai keluarga mereka karena mereka menganggapnya sebagai sarana untuk menjaga agar aliran darah keluarga tetap berjalan. Dan aliran darah keluarga yang mengalir memelihara kehidupan seluruh bangsa. Itu sebabnya kelahiran anak di Tiongkok menjadi fokus semua anggota keluarga. Itu bahkan diterima oleh mereka sebagai kewajiban moral yang esensial. Ada pepatah Tionghoa yang mengatakan bahwa dari semua yang kurang berbakti, yang terburuk adalah yang tidak memiliki anak. Fakta bahwa orang Tionghoa menaruh perhatian besar pada kelahiran anak dapat didukung oleh banyak praktik adat. Banyak kebiasaan tradisional tentang kelahiran anak semuanya didasarkan pada gagasan perlindungan anak.
Ketika seorang istri ditemukan hamil, orang akan mengatakan dia “memiliki kebahagiaan” dan semua anggota keluarganya akan merasa sangat gembira karenanya. Sepanjang masa kehamilan, baik dia maupun janinnya dirawat dengan baik, sehingga janin tidak terluka sama sekali dan lahirlah generasi baru yang sehat jasmani dan rohani. Untuk menjaga kondisi janin agar tetap baik, calon ibu diberikan makanan yang cukup bergizi dan beberapa obat tradisional Tionghoa yang dipercaya dapat membantu ke janin.
Ketika bayi lahir, dia sudah dianggap berumur satu tahun, umur dihitung dari tanggal pembuahan bukan tanggal lahir. Pujian tidak boleh diberikan pada bayi yang baru lahir karena diyakini mengundang perhatian setan dan hantu; bayi, sebaliknya, harus dirujuk dengan istilah dan kata-kata yang tidak menyenangkan. Pusar cekung dianggap sebagai tanda kehidupan yang sejahtera bagi bayi, sedangkan pusar yang menonjol kurang menguntungkan. Jika seorang bayi memiliki lebih dari satu mahkota rambut dianggap nakal dan tidak patuh, tetapi jika memiliki telinga yang lebar dan tebal, ia akan hidup sejahtera. Kepala bayi harus sering dibelai agar menjadi bulat indah. Bayi yang terus menerus menangis dianggap telah diganggu oleh roh jahat dan untuk mengusirnya, sehelai daun jeruk bali diletakkan di bawah kasurnya.
Perhatian juga diberikan untuk memastikan bahwa roh bayi tidak meninggalkan tubuhnya secara permanen. Wajah bayi tidak boleh dibedaki dengan bedak talek putih ketika dia tidur karena rohnya yang mengembara tidak akan mengenali wajahnya dan tidak bersatu kembali dengan tubuh. Ketika sedikit lebih besar, bayi dapat dipasangi gelang hitam, jimat atau gambar Buddha yang dianggap dapat menjamin kesehatannya.
Setelah melahirkan, sang ibu diharapkan menjalani masa kurungan selama 40 hari dan tinggal di tempat tidur selama sebulan untuk pulih dari kelelahan. Selama periode ini, dia tidak diperbolehkan makan makanan yang dianggap “dingin” atau mandi air dingin. Sang ibu harus tetap hangat, misalnya dengan mengenakan pakaian tebal, dianggap sangat penting. Jika mampu, seorang pembantu khusus yang bertanggung jawab atas ibu dan anak disewa untuk merawat ibu baru itu paling tidak selama dua minggu.
Gambar 2. Hadiah perayaan satu bulan
Sumber: packagingoftheworld.com
pada pagi hari di hari ke-30 bayi, pengorbanan dipersembahkan kepada para dewa agar para dewa melindungi bayi tersebut di kehidupan selanjutnya. Leluhur juga diberitahu tentang kedatangan anggota baru dalam keluarga. Menurut kebiasaan, sanak saudara dan teman menerima hadiah dari orang tua si anak. Jenis hadiah bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, tetapi telur yang diwarnai merah biasanya merupakan suatu keharusan baik di kota maupun pedesaan. Telur merah dipilih sebagai hadiah mungkin karena merupakan simbol proses perubahan kehidupan dan bentuknya yang bulat merupakan simbol kehidupan yang harmonis dan bahagia. Mereka dibuat merah karena warna merah merupakan tanda kebahagiaan dalam budaya Tionghoa. Selain telur, makanan seperti kue, ayam dan ham sering dijadikan oleh-oleh. Seperti yang dilakukan orang-orang di Festival Musim Semi, hadiah yang diberikan selalu berjumlah genap.
Selama perayaan, kerabat dan teman keluarga juga akan memberikan beberapa hadiah. Hadiah termasuk barang yang dapat digunakan anak, seperti makanan, bahan kebutuhan sehari-hari, barang emas atau perak, tetapi yang paling umum adalah sejumlah uang yang dibungkus selembar kertas merah. Kakek-nenek biasanya memberi cucu mereka sebuah barang emas atau perak untuk menunjukkan cinta mereka yang dalam kepada sang anak. Di malam hari, orang tua anak memberikan pesta akbar di rumah atau di restoran kepada para tamu di perayaan tersebut. Sehari setelah pesta, rambut bayi dicukur, rambut bayi dianggap sebagai rambut “sementara” dan pencukurannya memudahkan pertumbuhan rambut “permanen”.
Dalam budaya Tionghoa, nama seseorang memiliki peran penting dalam menentukan nasibnya. Oleh karena itu, orang tua sering menghabiskan waktu lama untuk memilih nama anak mereka dan semua faktor yang mungkin harus diperhitungkan saat mereka menamai anak mereka.
Nama khas Tionghoa memiliki tiga karakter, pada prinsipnya ini adalah nama keluarga, nama yang menunjukkan generasi anak dan nama pribadi, meskipun “prinsip” kedua sering tidak diikuti. Generasi yang menunjukkan karakter dalam nama biasanya diberikan oleh nenek moyang, yang memilihnya dari baris puisi atau menemukannya sendiri dan memasukkannya ke dalam silsilah untuk digunakan oleh keturunannya. Oleh karena itu, hubungan antara kerabat keluarga dapat diketahui hanya dengan melihat nama mereka.
Penamaan anak harus mempertimbangkan lima prinsip: 1) nama harus memiliki arti yang menguntungkan (khususnya yang disukai adalah arti yang mencerminkan kekayaan atau kesejahteraan) dan nama dengan kemungkinan negatif harus dihindari, 2) nama harus terdengar menyenangkan ketika diucapkan, 3) nama harus mencerminkan perhitungan matematis yang menguntungkan, 4) nama harus harmonis dengan hal ke yin dan yang, dan 5) nama harus memiliki salah satu dari lima elemen: logam, kayu, air, api, dan tanah.
Beberapa orang bahkan percaya bahwa jumlah guratan sebuah nama banyak hubungannya dengan nasib pemiliknya. Jadi ketika mereka menamai seorang anak, jumlah guratan dari nama tersebut diperhitungkan. Saat ditulis, setiap nama Tionghoa memiliki jumlah guratan tertentu, dan jumlah guratan kuas dari setiap karakter sesuai dengan elemen tertentu. Beberapa orang tua lebih suka menggunakan karakter dari nama orang terkemuka, berharap anaknya mewarisi keluhuran dan keagungan orang tersebut. Karakter dengan konotasi luhur dan menyemangati juga menjadi pilihan pertama.
Saat anak berumur satu tahun, ada kebiasaan menarik yang disebut “zhuazhou”. “Zhuazhou” dianggap sebagai salah satu kebiasaan terpenting pada hari ulang tahun pertama seorang anak. Paling awal dari kebiasaan ini dapat ditelusuri kembali ke Dinasti Song (960-1279). Pada akhir Dinasti Qing (1644-1911), kebiasaan ini berlaku di Beijing. “Zhuazhou” bukanlah tempat untuk pesta besar dan hadiah yang rumit, tuan rumah bahkan tidak mengirimkan undangan. Idenya adalah kerabat akan muncul secara spontan untuk merayakan ulang tahun pertama anak tersebut. Hadiah dari kerabat pada hari itu biasanya tidak mahal, dan tidak termasuk barang-barang seperti perhiasan emas atau perak. Sebagai gantinya, mainan disodorkan kepada anak. Orang lanjut usia yang bertemu dengan anak untuk pertama kali biasanya menawarkan koin untuk diikatkan di leher anak dengan benang. Kebiasaan ini tidak hanya berlaku untuk ulang tahun, tetapi juga untuk banyak kesempatan lainnya.
Gambar 3. “Zhuazhou” Sumber: us.amazon.com
Upacara “zhuazhou” biasanya dilakukan sebelum makan mie umur panjang saat makan siang. Sebuah keluarga kaya akan memasang meja di tempat tidur dimana stempel, pena kuas Tionghoa, tinta, kertas, batu tinta, sempoa, koin, buku, makanan dan mainan ditempatkan. Jika bayinya perempuan, barang-barang berikut ditambahkan: sendok, gunting, penggaris, benang dan lain-lain. Namun, praktiknya jauh lebih disederhanakan dalam keluarga biasa. Orang tua kemudian mendudukkan bayi di depan meja. Tanpa bantuan atau bimbingan dari siapapun, bayi kemudian bebas memilih apapun yang ada di hadapannya. Barang-barang pilihan yang dia pilih digunakan untuk meramalkan minat, karier, dan kecenderungan anak di masa depan. Memilih stempel berarti anak tersebut akan menjadi perwira di masa depan; jika dia memilih alat tulis terlebih dahulu, bayinya akan rajin dan diberkahi dengan bakat sastra yang hebat; sempoa menunjukkan kecenderungan untuk statistik dan pembiayaan. Bayi perempuan yang pertama kali mengambil barang jahit atau alat masak akan menjadi ibu rumah tangga yang baik. Sebaliknya, ketika anak mengambil kue atau mainan, dia akan tahu bagaimana menikmati kesenangan dalam hidup.
Adat “zhuazhou” mempengaruhi bagaimana orang tua, kakek-nenek dan sanak saudara lainnya akan menyemangati sang anak, dan bagaimana mereka akan melakukan pendidikan. Oleh karena itu, meskipun beberapa orang tua mungkin tidak percaya takhayul, mereka tetap akan menjalankan kebiasaan tersebut. Ini juga mengapa kebiasaan itu diwariskan melalui banyak generasi.
Referensi
Liu, F. & Li, K. 2008. Talk About China in English – Folklore. Shanghai: Shanghai Kexue Puji Chubanshe.https://www.freepik.com/free-vector/young-family-korean-drawing-style_5648474.htm#query=keluarga%20dan%20bayi&position=5&from_view=search&track=ais
https://packagingoftheworld.com/2021/08/man-yue-celebration-premium-baby-hampers.html
https://us.amazon.com/ Xibaos-World-Chinese-Traditional- Ceremony/dp/ B0BDMZ3L89