Author: Fredianaika Istanti, S.A.B., M.M..
Dosen Administrasi Bisnis
Sumber gambar : freepick.com
Sosial media marketing atau pemasaran media sosial (SMM) adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan tidak berbayar. Pemasara sosial media melibatkan aktivitas seperti membangun kehadiran di jejaring sosial, menyebarkan kesadaran merek, melibatkan prospek dan pelanggan melalui konten, mengarahkan lalu lintas ke situs web, dan sebagainya. Sistem pemasaran ini merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dimana konsumen bisa berinteraksi secara langsung, real time, dan dua arah.
Media Sosial yang digunakan sebagai Alat Pemasaran Media sosial diantaranya adalah :
- Tiktok
- Youtube
- Line
- Linkedn
- Snapchat
Media tersebut di atas memungkinkan pengguna untuk upload video dan foto sebagai daya Tarik kepada konsumen. Pengeditan foto atau video yang bagus dan aestethic juga sangat berpegaruh karena lebih bagus dan menarik dilihat sehingga memungkinkan calon pembeli yang melihat langsung tertarik untuk membeli produk tersebut. Pengunaan media sosial yang ramai digunakan disebabkan fitur-fitur yang paling banyak digunakan oleh aplikasi tersebut sangat mendukung promosi karena berbasiskan gambar/foto dan video.
Sumber : freepick.com
Manfaat social media marketing :
- Mendapatkan ide konten baru
Konten bias diperoleh dari berita, konten pesaing dan deskripsi produk yang dijual.
2. Menjadi Viral Produk
Dengan menyajikan konten yang bagus maka produk tersebut akan menjadi trending topic dan banyak dicari oleh konsumen bahkan mereka tertarik untuk membeli produk tersebut.
3. Memiliki reputasi manajemen online yang baik
Masyarakat dalam mencari infromasi produk yang pertama kali dicari adalah social media yang dimiliki oleh produk tersebut.
4. Kemampuan menjangkau pangsa pasar yang lebih luas melalui iklan di platform media social.
Marketer dapat memanfaatkan iklan sebagai kekuatan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.
5. Peluang penjualan yang lebih tinggi
Media social tidak dibatasi oleh wilayah jadi target konsumen bias lebih luas dan tidak terbatas sehingga penjualan bisa lebih efektif.
Sumber gambar : freepick.com
Dengan hal ini terbukti banyaknya pengguna media sosial menyebabkan pengaruh yang baik dalam hal pemasaran produk. Semakin majunya perkembangan teknologi bahkan dengan adanya media sosial membuat masyarakat khususnya pengusaha dapat menjangkau calon pembeli dengan mudah. Cukup dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran pengusaha akan lebih efektif dalam melakukan promosi, membangun merek, dan membangun hubungan dengan calon pembeli. Menggunakan media sosial dengan hal yang positif seperti memasarkan produk dan membagikan informasi yang positif. Karena dengan adanya media sosial ini apalagi banyak sekali penggunanya, membuat banyak peluang khususnya untuk kegiatan pemasaran produk.para pengusaha juga harus siap bersaing dalam memasarkan produknya di media sosial untuk itu kreatifitas dalam melakukan promosi dimedia sosial yang menerik dan terlihat beda dengan yang lain itu sangat penting agar banyak pengguna media sosial yang menjadi calon pembeli saat melihat promosi yang sudah dilakukan.