Administrasi Bisnis

Pentingnya Komunikasi Verbal dan Non-Verbal dalam Pembelajaran dan Meeting Online

Oleh; Eko Tjiptojuwono

Keterampilan Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah penggunaan kata-kata untuk berbagi informasi dengan orang lain. Oleh karena itu, komunikasi dapat mencakup komunikasi lisan dan tertulis. Namun, banyak orang menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan komunikasi lisan saja. Elemen komunikasi verbal adalah semua tentang kata-kata yang Anda pilih, dan bagaimana kata-kata itu didengar dan ditafsirkan.

Apa itu Komunikasi Verbal?

Komunikasi verbal adalah setiap komunikasi yang menggunakan kata-kata untuk berbagi informasi dengan orang lain. Kata-kata ini dapat diucapkan dan ditulis. Komunikasi adalah proses dua arah. Komunikasi adalah tentang menyampaikan informasi dari satu orang ke orang lain. Ini berarti bahwa pengiriman dan penerimaan pesan sama pentingnya.

Oleh karena itu, komunikasi verbal membutuhkan pembicara (atau penulis) untuk menyampaikan pesan, dan pendengar (atau pembaca) untuk memahami pesan tersebut. Ada sejumlah besar keterampilan komunikasi verbal yang berbeda. Mulai dari yang jelas (mampu berbicara dengan jelas, atau mendengarkan, misalnya), hingga yang lebih halus (seperti merenungkan dan mengklarifikasi).
Kejelasan berbicara, tetap tenang dan fokus, bersikap sopan dan mengikuti beberapa aturan dasar etiket semuanya akan membantu proses komunikasi verbal.

Pembukaan Komunikasi

Dalam banyak pertemuan interpersonal, beberapa menit pertama sangat penting. Kesan pertama memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan komunikasi selanjutnya dan masa depan.
Saat pertama kali bertemu seseorang, Anda membentuk kesan instan tentang mereka, berdasarkan penampilan, suara, dan perilakunya, serta apa pun yang mungkin pernah Anda dengar tentang mereka dari orang lain. Kesan pertama ini memandu komunikasi masa depan Anda, setidaknya sampai batas tertentu.

Tentu saja kesan pertama Anda mungkin akan direvisi nanti. Anda harus memastikan bahwa Anda secara sadar ‘memperbarui’ pemikiran Anda saat menerima informasi baru tentang kontak Anda dan saat Anda mengenal mereka lebih baik.

Keterampilan Komunikasi Verbal Dasar: Berbicara dan Mendengarkan Secara Efektif

Berbicara yang efektif


Berbicara yang efektif melibatkan tiga bidang utama:

  • kata-kata yang Anda pilih,
  • bagaimana Anda mengatakannya, dan
  • bagaimana Anda memperkuatnya dengan komunikasi non-verbal lainnya.

Semua ini mempengaruhi transmisi pesan Anda, dan bagaimana pesan itu diterima dan dipahami oleh audiens Anda. Sebaiknya pertimbangkan pilihan kata Anda dengan cermat. Anda mungkin perlu menggunakan kata-kata yang berbeda dalam situasi yang berbeda, bahkan ketika membahas topik yang sama. Misalnya, apa yang Anda katakan kepada rekan dekat akan sangat berbeda dari cara Anda mempresentasikan topik di konferensi besar.

Cara Anda berbicara mencakup nada suara dan kecepatan Anda. Seperti komunikasi non-verbal pada umumnya, ini mengirimkan pesan penting kepada audiens Anda, misalnya, tentang tingkat minat dan komitmen Anda, atau apakah Anda gugup dengan reaksi mereka.

Mendengarkan secara aktif

Mendengarkan secara aktif adalah keterampilan yang penting. Namun, ketika kita berkomunikasi, kita cenderung menghabiskan lebih banyak energi untuk mempertimbangkan apa yang akan kita katakan daripada mendengarkan orang lain.

Mendengarkan secara efektif sangat penting untuk komunikasi verbal yang baik. Ada beberapa cara untuk memastikan bahwa Anda mendengarkan dengan lebih efektif.

Ini termasuk:

  • Bersiaplah untuk mendengarkan. Berkonsentrasilah pada pembicara, dan bukan pada bagaimana Anda akan menjawab.
  • Tetap berpikiran terbuka dan hindari membuat penilaian tentang pembicara.
  • Berkonsentrasilah pada arah utama pesan pembicara. Cobalah untuk memahami secara luas apa yang mereka coba katakan secara keseluruhan, serta detail dari kata-kata yang mereka gunakan.
  • Hindari gangguan jika memungkinkan. Misalnya, jika ada banyak kebisingan di latar belakang, Anda mungkin menyarankan Anda pergi ke tempat lain untuk berbicara.
  • Bersikaplah objektif.
  • Jangan mencoba memikirkan pertanyaan Anda berikutnya saat orang lain memberikan informasi.
  • Jangan terpaku pada satu atau dua poin dengan mengorbankan orang lain. Cobalah untuk menggunakan gambaran keseluruhan dan semua informasi yang Anda miliki.
  • Jangan stereotip pembicara. Cobalah untuk tidak membiarkan prasangka yang terkait dengan, misalnya, jenis kelamin, etnis, aksen, kelas sosial, penampilan atau pakaian mengganggu apa yang dikatakan

Meningkatkan Komunikasi Verbal: Teknik Lebih Lanjut


Ada sejumlah alat dan teknik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi verbal Anda. Ini termasuk penguatan, refleksi, klarifikasi, dan pertanyaan.

Penguatan

Penguatan adalah penggunaan kata-kata yang mendorong di samping gerakan non-verbal seperti anggukan kepala, ekspresi wajah yang hangat dan mempertahankan kontak mata.
Semua ini membantu membangun hubungan baik dan lebih mungkin untuk memperkuat keterbukaan pada orang lain. Penggunaan dorongan dan penguatan positif dapat:

  • Mendorong orang lain untuk berpartisipasi dalam diskusi (khususnya dalam kerja kelompok);
  • Tunjukkan minat pada apa yang orang lain katakan;
  • Membuka jalan bagi pengembangan dan/atau pemeliharaan suatu hubungan;
  • Hilangkan rasa takut dan berikan kepastian;
  • Tunjukkan kehangatan dan keterbukaan; dan
  • Mengurangi rasa malu atau gugup pada diri sendiri dan orang lain.

Memberi Pertanyaan

Menanyakan secara luas adalah bagaimana kita memperoleh informasi dari orang lain tentang topik tertentu.
Menanyakan adalah cara penting untuk mengklarifikasi area yang tidak jelas atau menguji pemahaman Anda. Ini juga dapat memungkinkan Anda untuk secara eksplisit mencari dukungan dari orang lain.
Pada tingkat yang lebih sosial, bertanya juga merupakan teknik yang berguna untuk memulai percakapan, menarik seseorang ke dalam percakapan, atau sekadar menunjukkan minat. Oleh karena itu, pertanyaan yang efektif merupakan elemen penting dari komunikasi verbal.
Dua jenis pertanyaan utama:

Pertanyaan Tertutup

Pertanyaan tertutup cenderung hanya mencari jawaban satu atau dua kata (seringkali hanya ‘ya’ atau ‘tidak’). Oleh karena itu mereka membatasi ruang lingkup tanggapan. Dua contoh pertanyaan tertutup adalah:
“Apakah kamu bepergian dengan mobil hari ini?” dan
“Apakah kamu melihat pertandingan sepak bola kemarin?”

Jenis pertanyaan ini memungkinkan penanya untuk tetap mengendalikan komunikasi. Ini seringkali bukan hasil yang diinginkan ketika mencoba mendorong komunikasi verbal, sehingga banyak orang mencoba untuk lebih fokus menggunakan pertanyaan terbuka. Namun demikian, pertanyaan tertutup dapat berguna untuk memfokuskan diskusi dan memperoleh jawaban yang jelas dan ringkas bila diperlukan.

Pertanyaan-pertanyaan terbuka

Pertanyaan terbuka menuntut diskusi dan elaborasi lebih lanjut. Oleh karena itu, mereka memperluas cakupan tanggapan. Mereka termasuk, misalnya,
“Seperti apa lalu lintas pagi ini?”
“Apa yang Anda rasa ingin Anda peroleh dari diskusi ini?”

Pertanyaan terbuka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dijawab, tetapi mereka memberi orang lain lebih banyak ruang untuk mengekspresikan diri dan mendorong keterlibatan dalam percakapan.

Merefleksikan dan Mengklarifikasi

Merefleksikan adalah proses memberi umpan balik kepada orang lain pemahaman Anda tentang apa yang telah dikatakan. Refleksi adalah keterampilan khusus yang sering digunakan dalam konseling, tetapi juga dapat diterapkan pada berbagai konteks komunikasi dan merupakan keterampilan yang berguna untuk dipelajari.

Refleksi sering kali melibatkan parafrase pesan yang dikomunikasikan kepada Anda oleh pembicara dengan kata-kata Anda sendiri. Anda perlu mencoba menangkap esensi dari fakta dan perasaan yang diungkapkan, dan mengkomunikasikan pemahaman Anda kembali kepada pembicara.

Ini adalah keterampilan yang berguna karena:

  • Anda dapat memeriksa bahwa Anda telah memahami pesan dengan jelas.
  • Pembicara mendapat umpan balik tentang bagaimana pesan telah diterima dan kemudian dapat mengklarifikasi atau memperluas jika diinginkan.
  • Ini menunjukkan minat, dan rasa hormat terhadap, apa yang orang lain katakan.
  • Anda menunjukkan bahwa Anda mempertimbangkan sudut pandang orang lain.

Merangkum

Rangkuman adalah ikhtisar dari pokok-pokok atau isu-isu utama yang diangkat.
Meringkas juga dapat memiliki tujuan yang sama dengan ‘merefleksikan’. Namun, meringkas memungkinkan kedua belah pihak untuk meninjau dan menyetujui pesan, dan memastikan bahwa komunikasi telah efektif. Ketika digunakan secara efektif, ringkasan juga dapat berfungsi sebagai panduan untuk langkah selanjutnya.

Komunikasi Penutup
Cara komunikasi ditutup atau diakhiri akan, setidaknya sebagian, menentukan cara percakapan diingat. Orang-orang menggunakan sinyal verbal dan non-verbal untuk mengakhiri percakapan.

Sinyal verbal dapat mencakup frasa seperti:
“Yah, aku harus pergi,” dan
“Terima kasih banyak, itu sangat membantu.”

Kesimpulan non-verbal mungkin termasuk mulai menghindari kontak mata, berdiri, berpaling, atau perilaku seperti melihat jam tangan atau menutup buku catatan atau buku. Tindakan non-verbal ini menunjukkan kepada orang lain bahwa pemrakarsa ingin mengakhiri komunikasi.

Orang sering menggunakan campuran ini, tetapi cenderung memulai dengan sinyal non-verbal, terutama tatap muka. Di telepon, tentu saja, isyarat verbal sangat penting.

Menutup interaksi terlalu tiba-tiba mungkin tidak memungkinkan orang lain untuk ‘mengakhiri’ apa yang dia katakan sehingga Anda harus memastikan ada waktu untuk mengakhiri. Penutupan interaksi adalah saat yang tepat untuk membuat pengaturan di masa depan.

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, kali ini tidak diragukan lagi akan disertai dengan sejumlah gerakan perpisahan yang dapat diterima secara sosial.

Sumber : skillsyouneed.com

Komunikasi Nonverbal

Ketika kita berbicara tentang ‘komunikasi’, kita sering mengartikan ‘apa yang kita katakan’: kata-kata yang kita gunakan. Namun, komunikasi antarpribadi lebih dari sekadar makna eksplisit kata-kata, dan informasi atau pesan yang mereka sampaikan. Ini juga mencakup pesan implisit, baik disengaja atau tidak, yang diekspresikan melalui perilaku non-verbal .

Komunikasi non-verbal meliputi ekspresi wajah, nada dan nada suara, gerak tubuh yang ditampilkan melalui bahasa tubuh (kinesika) dan jarak fisik antara komunikator (proxemics).

Sinyal non-verbal ini dapat memberikan petunjuk dan informasi tambahan dan makna di atas dan di atas komunikasi lisan (verbal). Memang, beberapa perkiraan menunjukkan bahwa sekitar 70 hingga 80% komunikasi adalah non-verbal!

Jenis Komunikasi Non-Verbal

Ada banyak jenis komunikasi non-verbal. Mereka termasuk:

Gerakan tubuh (kinesis), misalnya, gerakan tangan atau anggukan atau gelengan kepala, yang seringkali merupakan elemen komunikasi non-verbal yang paling mudah dikendalikan;
Postur, atau bagaimana Anda berdiri atau duduk, apakah lengan Anda disilangkan, dan sebagainya;
Kontak mata, di mana jumlah kontak mata sering menentukan tingkat kepercayaan dan kelayakan;
Para-bahasa, atau aspek suara selain ucapan, seperti intonasi, nada, dan kecepatan berbicara;
Kedekatan atau ruang pribadi (proxemics), yang menentukan tingkat keintiman, dan yang sangat bervariasi menurut budaya;
Ekspresi wajah, termasuk tersenyum, mengerutkan kening dan berkedip, yang sangat sulit dikendalikan secara sadar. Menariknya, ekspresi wajah lebar yang menunjukkan emosi kuat, seperti ketakutan, kemarahan, dan kebahagiaan, sama di seluruh dunia; dan
Perubahan fisiologis, misalnya, Anda mungkin lebih banyak berkeringat atau berkedip saat gugup, dan detak jantung Anda juga cenderung meningkat. Ini hampir tidak mungkin untuk dikendalikan secara sadar dan oleh karena itu merupakan indikator yang sangat penting dari keadaan mental.

Sumber : skillsyouneed.com

Kiat Bahasa Tubuh untuk Pembelajaran dan Meeting Online

Ada banyak cara individu dapat meningkatkan komunikasi nonverbal mereka untuk memaksimalkan ruang terbatas ini. Berikut adalah tips dari pelatih kehadiran kepemimpinan. Dalam kehidupan kita sehari-hari, bahasa tubuh kita dan isyarat nonverbal lainnya memancarkan sejumlah informasi kepada orang lain. Sinyal-sinyal ini memberikan wawasan penting tentang suasana hati, pikiran, dan emosi kita. Di era ruang konferensi virtual, isyarat nonverbal sering kali berbicara lebih keras daripada kata-kata kita.

Selama beberapa bulan terakhir, banyak organisasi dengan cepat beralih dari kantor tradisional ke tempat kerja virtual karena virus corona. Pada awalnya, transformasi mendadak ini dipandang sebagai solusi keselamatan publik sementara selama pandemi, namun dalam beberapa pekan terakhir sejumlah organisasi merangkul ruang kerja digital dalam jangka panjang. Untuk memungkinkan kolaborasi dengan tenaga kerja telecommuter, perusahaan memanfaatkan sejumlah teknologi; terutama alat konferensi video seperti Zoom dan Microsoft Teams.

Tak perlu dikatakan, pertemuan virtual ini sering meninggalkan banyak hal yang diinginkan dan parameter platform yang terbatas dapat mengatur panggung untuk miskomunikasi dan ketidakpastian. Sementara pertemuan virtual kepala yang berbicara mungkin kurang kaya akan komunikasi dan bahasa tubuh yang melekat dalam interaksi tatap muka, ada banyak cara individu dapat meningkatkan komunikasi nonverbal mereka untuk memaksimalkan ruang terbatas ini.

Buat kesan digital abadi

Dalam kehidupan nyata, kami memiliki tujuh detik penuh untuk membuat kesan pertama itu. Jadi orang-orang memperhatikan cara Anda memasuki ruangan. Jika Anda berjabat tangan dengan mereka, mereka mendapatkan kekuatan sentuhan yang luar biasa, yang merupakan sinyal nonverbal tertua dan paling primitif dan paling kuat. Dan mereka dapat mengukur niat Anda dengan banyak cara. jabat tangan. Anda dapat menatap mata mereka, dan tersenyum saat melakukan kontak mata. Mereka juga melihat gerakan tangan pertama yang Anda buat.

Dalam konferensi video, sebagian besar jika tidak semua informasi ini sepenuhnya hilang dalam terjemahan digital. Alih-alih mampu menyerap banyak informasi visual dan, kadang-kadang, informasi taktil, peserta rapat terbatas pada informasi dan isyarat yang diberikan peserta lain.

Mengatur panggung

Dalam pertemuan virtual, webcam adalah jendela seseorang ke dunia. Jarak antara pembicara dan kamera akan membatasi atau memaksimalkan jumlah ruang yang dimiliki seseorang untuk berkomunikasi dan memancarkan informasi nonverbal.

Jika kamera diposisikan sangat dekat dengan peserta, mereka muncul sebagai kepala yang berbicara di ruang Zoom. Dalam hal ini, satu-satunya petunjuk yang dimiliki peserta lain tentang perasaan pembicara adalah isyarat wajah, dan tentu saja, kata-kata mereka. Memposisikan kamera dengan cara yang memungkinkan orang lain melihat tubuh dan lengan Anda akan membantu memanfaatkan ruang ini dengan lebih baik.

Ketahui batasan Anda

Sederhananya, rapat virtual memerlukan serangkaian pertimbangan spasial di muka yang unik. Sangat penting untuk memperhatikan kamera saat memberi isyarat, karena ada banyak ruang untuk kesalahan dalam ruang terbatas ini.

Di layar, yang ingin Anda ingat adalah, ketika Anda memberi isyarat terlalu besar, tangan Anda keluar dari layar dan itu menjadi sangat mengganggu. Ketika Anda memberi isyarat dan Anda menggerakkan tangan Anda ke arah layar, itu menjadi benda raksasa ini.

Disarankan untuk menggunakan gestur tetapi tetap menjaganya agar tetap sejajar di mana orang lain dapat melihatnya dan tanpa sinyal itu sendiri menjadi titik fokus penyampaian Anda. Individu mungkin perlu membayangkan gelembung tiga dimensi segera ke depan dan periferal dan bekerja dalam batas-batas ini.

Saya mendorong orang untuk menggunakan gerakan, tetapi pertahankan di tempat yang dapat dilihat orang. Pertahankan gerakan itu di dalam tubuh Anda atau sedikit keluar dan ke arah Anda. Jadi jika saya mengacungkan dua jari dan berkata, ada dua hal yang harus kita lakukan. akan membahas hari ini. Lebih dekat ke bahu saya daripada ke layar, sehingga orang melihat itu.

Berlatih postur

Dalam pertemuan virtual yang khas, kebanyakan individu hanya berbicara untuk sebagian kecil dari waktu ini. Akibatnya, komunikasi nonverbal seseorang adalah yang paling banyak diserap oleh orang lain dari obrolan video. Mempertahankan postur yang tepat adalah bagian mendasar dari membuat kehadiran yang lebih halus dalam pengaturan virtual.

Jaga bahu Anda ke belakang. Jika Anda bisa sedikit merentangkan tangan agar tidak terlihat membuat gerakan kecil, itu akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri. Dan Anda ingin terlihat hangat dan berempati.

Kita dapat menggunakan kursi tertentu untuk membantu mempertahankan postur yang baik di depan kamera. Ini mungkin tampak seperti detail kecil, tetapi postur tubuh yang buruk dapat meninggalkan dampak negatif yang bertahan lama pada lintasan karier seseorang secara keseluruhan.

Wanita lebih sering melakukan kesalahan postur daripada pria. Kita cenderung memadatkan tubuh kita, membuat diri kita terlihat lebih kecil dari kita, yang benar-benar bertentangan dengan kehadiran kepemimpinan di Zoom atau secara langsung.

Ingat, panggilan video tidak hanya hadir secara fisik dan berbicara secara bergantian. Seluruh pertemuan membutuhkan mendengarkan, partisipasi, dan interaksi nonverbal yang sama seperti pertemuan tatap muka standar. Sesuatu yang kecil seperti mencondongkan tubuh ke depan atau menarik diri dan bersandar ke belakang menyampaikan informasi yang kuat tentang perasaan internal kita dalam situasi ini.

Mencondongkan tubuh sedikit ke depan mengirimkan tanda positif keterlibatan. Kami bersandar atau mundur dari orang-orang dan hal-hal dan ide-ide yang kami tidak terlalu setuju.

Pikirkan tentang kesan yang ingin Anda buat

Tanpa kekayaan komunikasi dan visual yang hadir dalam pertemuan tatap muka tradisional, margin untuk miskomunikasi dan kesalahpahaman meningkat secara virtual. Sangat penting bahwa individu mempertimbangkan kesan yang ingin mereka buat dan memanfaatkan isyarat nonverbal mereka untuk mencocokkan maksud ini.

Klien saya yang eksekutif, leader, pembicara, mereka punya kesan tertentu yang mereka tuju. Mereka ingin terlihat profesional, ingin tampil percaya diri, dan ingin terlihat kompeten.

Namun, sikap dan isyarat untuk memberikan kesan otoritas mungkin tidak sesuai di semua format rapat. Terkadang, pendekatan ini sebenarnya bisa menjadi kontraproduktif. Secara situasional, pendekatan yang lebih lembut mungkin lebih kondusif untuk proyek-proyek yang bergantung pada kerja sama dan kerja tim.

Jika Anda terlibat dalam pertemuan kolaboratif, Anda mungkin ingin terlihat kurang kuat dan berwibawa. Dan Anda mungkin ingin terlihat lebih berempati dan inklusif. Jadi bahasa tubuh Anda perlu sinkron dengan kesan apa pun itu.

Utamakan empati dan pengertian

Transisi tiba-tiba ke tempat kerja digital telah menjadi proses yang menantang bagi banyak organisasi baik dari sudut pandang logistik maupun teknis. Pada saat yang sama, banyak individu mengalami stresor luar dalam kehidupan sehari-hari mereka karena pandemi terus menyebar ke seluruh dunia. Sangat penting untuk menyelaraskan strategi komunikasi Anda dengan belas kasih dan empati dalam pikiran.
Karena pandemi ini, orang-orang hanya ingin dimengerti, berhubungan satu sama lain dengan empati dan ramah dan hangat. Jadi sinyal-sinyal itu akan membantu Anda dengan baik. Sinyal hangat adalah hal-hal seperti memulai dengan senyuman. Kecuali jika Anda benar-benar memiliki berita buruk untuk diceritakan, Anda ingin memulai dengan senyuman.

Ambil jeda secara harfiah dan kiasan

Kemampuan untuk memperlambat percakapan dan memberikan jarak yang panjang antara poin individu dapat menjadi keterampilan komunikasi yang kuat. Kekuatan jeda tidak cukup ditekankan; terutama dalam pertemuan virtual.
Ketika Anda telah membuat suatu poin, berhentilah sejenak. Beri waktu kepada orang-orang. Beri waktu pada otak orang untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan apa yang Anda katakan karena mereka membutuhkan waktu ekstra yang tidak perlu mereka butuhkan dalam pertemuan tatap muka.
Jeda juga dapat bertindak sebagai cara untuk menekankan suatu poin dalam percakapan. Selain itu, sedikit keraguan sebelum melanjutkan pemikiran juga akan memberi orang lain waktu untuk merenungkan ide-ide ini sebelum melanjutkan. Prinsip yang sama ini berlaku ketika seseorang berperan sebagai pendengar dalam pertemuan virtual, dengan menghadirkan bahasa tubuh yang terkait dengan mendengarkan dan jeda kontemplatif.

Ketika seseorang mengajukan pertanyaan, jeda sebelum Anda menjawab memberi kesan dan mudah-mudahan itu adalah kesan yang akurat bahwa Anda benar-benar mempertimbangkan pertanyaan itu. Dan Anda tidak memberikan jawaban yang sudah pasti.

Belajar dari presentasi sebelumnya

Bahkan setelah mempertimbangkan dengan cermat dampak komunikasi nonverbal dan verbal kita, masih ada ruang untuk kesalahan. Untuk lebih memahami cara komunikasi seseorang ditafsirkan oleh orang lain, Disarankan untuk merekam penyampaian ucapan standar Anda melalui panggilan video. Mungkin gunakan obrolan video jarak sosial dengan seorang teman untuk lebih memahami kebiasaan dan memperbaiki isyarat nonverbal.

Meskipun kita begitu terlibat dalam apa yang kita katakan, kita lupa bagaimana penampilan kita saat mengatakannya. Jadi, melihat diri sendiri adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan.
Dengan membisukan percakapan dan hanya memperhatikan isyarat nonverbal, orang mungkin dapat membuat catatan tentang kecenderungan gugup atau kebiasaan lama. Isyarat yang kita gunakan secara sosial mungkin cocok untuk kehidupan profesional kita.

Pertahankan kontak mata

Kontak mata yang kuat dan terlibat adalah salah satu komponen paling mendasar dari komunikasi tatap muka. Sayangnya, kontak mata langsung hampir tidak mungkin dilakukan pada panggilan video. Untuk mendemonstrasikan kontak mata buatan dalam panggilan, individu harus menatap langsung ke webcam. Namun, dengan menatap webcam, individu mungkin kehilangan isyarat visual penting yang disampaikan pembicara di layar.

Kombinasi ilusi dan kenyataan ini adalah hal terberat bagi banyak dari kita. Saya tahu bahwa saya merindukan kontak mata yang sebenarnya. Saya rindu melihat orang ketika mereka berbicara, dan ketika saya berbicara dengan mereka sehingga saya dapat melihat bagaimana mereka berbicara. bereaksi. Itu tidak mungkin terjadi.

Disarankan untuk menonton layar dan menyerap isyarat nonverbal ini saat orang lain berbicara. Kemudian, ketika saatnya berbicara atau mempresentasikan, orang mungkin ingin melihat webcam untuk mengaktifkan kontak mata. Mungkin tampak agak anorganik untuk menatap langsung ke LED yang menyala di samping webcam, tetapi ada cara orang dapat memanusiakan situasi canggung ini.
Letakkan sedikit wajah tersenyum atau sesuatu di atasnya, sehingga Anda memiliki ilusi bahwa Anda sedang berbicara dengan wajah asli atau gambar seseorang yang Anda cintai, atau anjing Anda atau sesuatu untuk membantu menjaga kesan itu tetap ada untuk Anda dan membantu menghangatkan suasana. keraskan suaramu.

Presentasikan “paket total”

Tentu saja ada waktu dan tempat dalam ruang terbatas ini untuk menyajikan berbagai komunikasi nonverbal. Sebuah tambal sulam yang kaya dari beragam isyarat akan memungkinkan peserta untuk menyajikan spektrum penuh dari komunikasi yang berwibawa dan empati.
Meskipun postur yang baik adalah cara yang bagus untuk meningkatkan sinyal dan kompetensi otoritatif, ada cara mudah lain untuk memperkenalkan sinyal empati dan kesukaan pada panggilan konferensi video.

Disarankan langkah-langkah kecil seperti mengangguk ketika orang lain mempresentasikan ide mereka dan meletakkan dagu Anda dengan ringan di jari Anda sambil mendengarkan. Memiringkan kepala sedikit juga merupakan cara yang membantu untuk mengekspresikan minat secara nonverbal.

Sisihkan waktu untuk memfokuskan kembali sebelum rapat virtual

Di hari yang penuh dengan rapat berkali-kali, terlalu mudah untuk mengklik hyperlink konferensi berikutnya tanpa banyak pemikiran sebelumnya. Di era kelelahan Zoom dan kelelahan konferensi video, penting untuk meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan presentasi berikutnya dan mempertimbangkan dampak jangka panjang dari komunikasi nonverbal seseorang sebelumnya.

Sebelum Anda memulai rapat itu, luangkan waktu beberapa menit untuk memikirkan mengapa rapat ini penting, mengapa itu benar-benar sesuatu yang Anda investasikan, dan itu akan membantu Anda menyelaraskan gerakan Anda.


Sumber : techrepublic.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *