Author: R.Paulus W.W.S,S.ST.Par,M.Par
Dosen: Pengelolaan Perhotelan
Housekeeping memegang peranan penting dalam industri perhotelan dan sebagai ujung tombak dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan bagi tamu yang menginap. Tugas utama housekeeping meliputi membersihkan kamar, menyediakan fasilitas kamar tamu, menangani laundry, dan menjaga area umum hotel tetap bersih dan teratur.
Sebagai bagian integral dari operasional hotel, housekeeping bertanggung jawab atas menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersih bagi tamu. Dengan standar kebersihan yang tinggi, housekeeping tidak hanya memastikan kamar tamu dalam kondisi prima, tetapi juga mendukung citra positif hotel itu sendiri. Housekeeping juga memiliki peran dalam mendukung keberlanjutan, dengan pengelolaan limbah yang efisien, penggunaan bahan pembersih yang ramah lingkungan, dan praktek-praktek kebersihan lainnya.
Tidak hanya itu, housekeeping juga berperan penting dalam peningkatan kepuasan tamu. Pelayanan efisien, tindakan cepat dalam menanggapi kebutuhan tamu, dan kemampuan untuk menjaga privasi tamu adalah beberapa aspek kunci dari peran housekeeping dalam memberikan pengalaman tamu yang tak terlupakan.
Menurut Bagyono (2008:17) Housekeeping berasal dari kata House yang berarti rumah dan keeping yang berarti memelihara, merawat dan menjaga. Houskeeper adalah orang yang bertugas menjaga, merawat serta memelihara rumah yang dalam ini adalah hotel. Housekeeping Departement adalah suatu bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, kelengkapan, dan keamanan baik di dalam kamar maupun semua area hotel, dengan mutu pelayanan yang baik terhadap tamu yang menginap di hotel.
Dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tamu, antara lain adalah:
1. Memberikan pelayanan yang terbaik. Sebagai hotel berbintang sudah selayaknya housekeeping dalam memberikan pelayanan yang baik atau yang terbaik, kebersihan area yang maksimal.
2. Selalu bersikap ramah dan responsif terhadap tamu Sangat ditekankan untuk dapat bersikap ramah dengan melakukan standart greeting jika berpapasan dengan tamu.
3. Berpenampilan rapi dan bersikap profesional Penampilan itu sangat penting karena semua karyawan dituntut untuk selalu berpenampilan rapi, rambut harus pendek dan rapi, tidak boleh memiliki kumis, pakaian seragam dan badan harus bersih dan rapi, dan tidak lupa juga harus bersikap profesional, bertindak efisien dalam bekerja.
4. Melakukan perawatan fasilitas dan peralatan secara berkala.
5. Mengadakan briefing dan evaluasi Untuk mengoptimalkan kerja.
6. Mengadakan pendidikan dan training Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan.
7. Menangani keluhan dan complain tamu dengan baik
Daftar Pustaka
1. Kasavana, M. L. and Brooks, R. M. (2017). Managing Front Office Operations. American Hotel & Lodging Educational Institute.
2. Raghubalan, D. E. and Attar, A. K. (2010). Hotel Housekeeping: A Training Manual. Tata McGraw-Hill Education.
3. Jones, P. and Lefever, R. M. (2006). Professional Management of Housekeeping Operations. Wiley.