Perhotelan

PELUANG BISNIS KREATIF DI INDUSTRI PERHOTELAN MASA PANDEMI COVID 19

Oleh:

FRIMA MAHARANI, S.ST.Par, MM,CT.OSB, C.NPS, C.STMI, C.JKB, CNCP, C.DMP, C.SMC, C.STM, CT.NNLP

Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Selama dua tahun terakhir ini menjadi salah satu tantangan terbesar bagi industri perhotelan di Indonesia untuk dapat bertahan di masa pandemi.

Berdasarkan data dari Buku Tren Pariwisata 2021, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk Indonesia menurun drastis sejak bulan Februari 2020 hingga bulan April 2020 hanya ada 158 ribu wisatawan mancanegara dating ke Indonesia. Pada tahun 2019 hingga 2020 kunjungan wisatawan domestic juga mengalami penurunan 30%. Kondisi tersebut mengakibatkan 1,58 juta pekerjaan di sector pariwisata dan ekonomi kreatif terkena dampak pandemic covid-19 dan hal tersebut berdampak pada okupansi hotel di Indonesia.

Namun dengan adanya pandemi ini semua pelaku usaha dan industri perhotelan berupaya dengan berbagai macam strategi untuk dapat bertahan di masa pandemic. Di masa pandemi ini juga banyak bermunculan bisnis-bisnis kreatif yang menjadi peluang bisnis bagi masyarakat yang ingin berwirausaha.

1. APA ITU BISNIS KREATIF?

Aktivitas ekonomi yang terkait dengan pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu. Bisnis kreatif ini harus selalu mengikuti perkembangan zaman. Bisnis kreatif dapat dilakukan semua orang yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam membuat suatu bisnis baru ataupun bisnis pada umumnya yang dikembangkan lagi secara kreatif.

2. MACAM-MACAM BISNIS KREATIF

Adapun macam-macam bisnis kreatif yang berkembang di masyarakat seperti :

a. Bisnis camilan unik

Bisnis camilan ini memang sudah ada dari dulu dan terkesan umum namun banyak produsen-produsen membuat inovasi-inovasi baru pada bisnis ini. Mulai dari bumbu atau banyak varian rasa unik seperti telur asin, rasa taro dan lainnya juga bahan-bahan yang dibuat pun sangat bervariatif. Dengan kemasan yang unik dan kekinian.


b. Usaha katering sehat

Bisnis katering ini sudah umum di masyarakat namun untuk katering sehat ini belum banyak di masyarakat. Karena makanan yang disediakan di katering sehat ini disesuaikan dengan kebutuhan gizi pelanggannya. Jadi yang ingin berbisnis katering sehat ini harus memiliki pengetahuan tentang kondisi Kesehatan dan kandungan gizi pada makanan, jika tidak memiliki kemampuan tersebut harus bekerjasama dengan ahli gizi


c. Bisnis sayuran dan makanan siap masak

Bisnis ini bermula dari banyaknya kesibukan pada masyarakat sehingga banyak yang membeli makanan diluar rumah, padahal masak di rumah lebih hemat daripada membeli makanan diluar rumah. Hal tersebut yang membuat ide bisnis ini, dimana bisnis ini menyiapkan sayuran dan makanan yang siap masak yang harganya lebih hemat daripada membeli makanan yang sudah jadi. Pada bisnis ini menyediakan bahan menu masakan, tetapi kondisinya belum dimasak dan bahan-bahannya sudah dibersihkan, dipotong, dan ditakar. Jadi konsumen hanya memasaknya saja.

d. Usaha roti dan kue

Mengapa usaha roti dan kue ini masuk dalam bisnis kreatif karena sama alasannya seperti bisnis camilan unik, dimana usaha roti dan kue ini dapat dikembangkan dalam hal bahan, bentuk, dan juga varian rasa atau kreativitas yang dikembangkan dalam membuat roti dan kue ini.

e. Dan banyak bisnis-bisnis kreatif lainnya

Seperti Bisnis barang antic, Bisnis produk daur ulang, Bisnis florist, Bisnis scrap frame, Jasa desain uang mahar, Bisnis souvenir pernikahan custom, Dropshipper/ reseller, Jasa konsultasi bisnis, Penyewaan perlengkapan bayi, Penyewaan perlengkapan fotografi, Bisnis terrarium (akuarium tanaman), Jasa desain grafis, Jasa pembuatan konten media sosial.

3. PERKEMBANGAN BISNIS DI INDONESIA

Perkembangan bisnis indonesia saat ini semakin hari semakin meningkat dan terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Apalagi sejak pandemi covid-19, semua bisnis dihadapkan pada perubahan dan tantangan untuk kreatif karena dampak dari pandemi. Dulu sebelum ada teknologi yang canggih dan pandemi hanya ada bisnis dari banyak sektor dilakukan secara offline. Namun saat ini bisnis bisa dijalankan secara online dengan memaksimalkan teknologi digital.

4. APA ITU INDUSTRI PERHOTELAN?

Industri yang menyediakan jasa penginapan dan akomodasi (seperti makanan) dalam hotel. Selain itu industri perhotelan juga menyediakan tempat dan sarana penyelenggaraan kegiatan di hotel seperti pertemuan, seminar, dan pesta.

5. PERKEMBANGAN INDUSTRI PERHOTELAN SAAT INI DI INDONESIA

Pandemi covid-19 yang melanda dunia ini berdampak pada semua sektor termasuk industri perhotelan. Kemenparekraf juga berupaya untuk membantu pelaku usaha industri perhotelan untuk mendapatkan sertifikat chse (cleanliness, health, safety, and environment). Dengan adanya ketentuan dan keberadaan sertifikat tersebut maka dapat meningkatkan rasa aman dari resiko penularan virus covid-19. Saat ini semua pelaku usaha industri perhotelan berupaya dengan berbagai macam strategi agar industri perhotelan dapat melalui pandemi ini.

6. PELUANG BISNIS SAAT PANDEMI COVID-19

Pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia dan telah berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor ekonomi, sektor pariwisata dan lainnya. Namun pada masa pandemi ini terdapat peluang bisnis bermunculan.

  • Membuka lapak online di marketplace
  • Menjadi dropshipper/ reseller
  • Bisnis kuliner secara online
  • Menjadi konten kreator youtube/ media sosial lainnya
  • Membuka kelas private online
  • Membuat pelatihan/ training online
  • Bisnis pesan antar/ kurir online
  • Menjadi freelancer
  • Berjualan masker dan perlengkapan protokol kesehatan
  • Berjualan produk herbal Kesehatan

7. PELUANG BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19

Peluang bisnis pada pasca pandemi (era new normal) seperti bisnis:

  • Kebutuhan bahan pokok
  • Jasa/ produk kesehatan
  • Kurir/ layanan pengantaran
  • Pakaian rumahan
  • Makanan beku/frozen yang sehat
  • Platform digital
  • Produk ramah lingkungan
  • Jasa/ produk yang berkaitan dengan pengembangan diri/ empati/ kesehatan mental

8. PELUANG BISNIS KREATIF DI INDUSTRI PERHOTELAN MASA PANDEMI COVID-19

Industri pariwisata dan perhotelan termasuk sektor yang terkena dampak pandemi covid-19. Maka dari itu industri pariwisata khususnya industri perhotelan dapat membuat strategi bisnis dengan melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi agar dapat bertahan di masa pandemi dan pasca pandemi.
Strategi bisnis tersebut dapat memberikan peluang bisnis kreatif di industri perhotelan setelah pandemi covid-19. Berikut strategi bisnis yang dapat digunakan:

  • Strategi pivoting dengan melakukan berbagai inovasi dengan memberikan layanan dan produk baru dengan memaksimalkam teknologi digital
  • Dan Strategi pivoting dengan melakukan berbagai inovasi dengan memberikan layanan dan produk baru dengan memaksimalkam teknologi digital
  • Strategi contactless experience dengan menciptakan pengalaman menginap yang minim sentuhan, dan memanfaatkan teknologi digital.

Peluang bisnis kreatif di industri perhotelan setelah pandemi covid-19 diantaranya menyediakan:

  1. Tempat meeting dan bekerja sama dengan event organizer/ wedding organizer/ travel agent
  2. Staycation, dan work from hotel (wfh) dengan dilengkapi sertifikat chse (cleanliness, healthy, safety, and environmental sustainability)
  3. Layanan catering/ kuliner dengan menu ala hotel dan harga terjangkau
  4. Fitness dan yoga berbayar
  5. Paket wisata dan mice

CONTOH PRAKTIK BISNIS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA D3 PERHOTELAN POLITEKNIK NSC SURABAYA

Mahasiswa Semester 5 D3 Perhotelan Politeknik NSC Surabaya pada mata kuliah kewirausahaan diberikan tugas praktik mulai dari membuat bisnis plan, praktik berjualan secara online dan offline dan membuat laporan hasil berjualan apakah sudah terlaksana sesuai dengan bisnis plan yang dibuat.

Dan juga pada mata kuliah manajemen konvensi ada tugas praktik membuat webinar online pada tanggal 24 Januari 2022. Mulai dari pembuatan flyer yang profesional, run down acara, dan koordinasi dengan semua pihak dalam webinar tersebut, termasuk share informasi tentang webinar untuk mendapatkan peserta webinar.

Daftar Pustaka
https://kemenparekraf.go.id/pustaka/Buku-Tren-Pariwisata-2021
https://kemenparekraf.go.id/pustaka/Diagram-Alur-Pelaksanaan-CHSE
https://kemenparekraf.go.id/pustaka/Buku-Outlook-Pariwisata-dan-Ekonomi-Kreatif-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *