Manajemen Pemasaran Internasional

Pemasaran Era Pandemi ala Aplikasi Viral Tik Tok

Author: Nina Triolita, S.E., MM

Pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini sejak pertengahan 2020 telah menuntut para pelaku bisnis untuk dapat beradaptasi dengan dunia digital. Pelaku bisnis mulai bertransformasi melakukan berbagai aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital mulai juga menjadi wabah bagi perilaku masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas secara digital. Kebijakan dari pemerintah terkait adanya pembatasan kegiatan diluar rumah, membuat segala aktivitas harus bisa memanfaatkan peranan digitalisasi. Kesempatan ini diambil oleh para pelaku bisnis untuk dapat memasarkan produk dengan memanfaatkan berbagai aplikasi digital. Salah satu aplikasi yang paling viral pada tahun 2021 ini salah satunya adalah aplikasi Tik Tok.

Sumber gambar : File Hasil Screenshot Penulis

TikTok diluncurkan pertama kali di Indonesia pada bulan September 2016. Aplikasi ini langsung diminati oleh masyarakat di Indonesia. Menurut berita dari Pojoksosmed.com menjelaskan bahwa penguna aplikasi sempat menimbulkan kontra yang menyebut pengguna Tik Tok sebagai aplikasi yang alayers. Sehingga  pada Juli 2018, melalui Menkominfo, Indonesia sempat memblokir TikTok dikarenakan aplikasinya dinilai tidak ramah pada kalangan anak-anak. Hal ini dibuktikan dari adanya berbagai laporan dan komplain dari ribuan pengguna.Di dalamnya ada banyak sekali konten negatif yang seharusnya tidak dipertontonkan kepada anak-anak. Namun setelah  sepekan Tim TikTok melakukan negosiasi dan mengganti Term and Condition soal usia, dll. agar aksesnya bisa terbatas dan tak terlalu bebas hingga kemudian TikTok bisa diakses oleh pengguna Indonesia lagi.

Bagi kita generasi muda tentunya tidak asing dengan Tik Tok, tentunya kita semua pernah melakukan download aplikasi yang sangat viral ini. TikTok adalah platform sosial video pendek yang dipadukan dengan musik. Musik untuk tarian, gaya kreatif, ataupun unjuk bakat, para pengguna didorong untuk berimajinasi sebebas-bebasnya dan meluapkan ekspresi mereka dengan bebas. Dirancang untuk generasi kekinian, melalui TikTok kamu dapat membuat video pendek yang unik dengan cepat dan mudah untuk dibagikan dengan teman dan ke seluruh dunia. TikTok adalah gudangnya video viral yang cocok untuk kamu yang berjiwa muda. Kami berusaha untuk memberdayakan lebih banyak pembuat konten kreatif dan berkualitas untuk menjadi bagian dari revolusi konten (play.google.com). Kemudahan penggunaan aplikasi ini menjadi hal yang menarik bagi generasi muda dalam menggunakan mengisi berbagai kegiatan luang sehari-hari.

Sumber gambar : File Hasil Screenshot Penulis

Penggunaan aplikasi ini bagi para pelaku bisnis yang sejak 2020 mulai merasakan dampak dari adanya pandemic Covid-19 menjadi peluang baru yang tidak boleh dilewatkan. Pelaku bisnis harus beradaptasi dan mulai melakukan kreativitas guna meningkatkan penjualan di era pandemic Covid-19. Berbagai pertimbangan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis melalui aplikasi Tik Tok selain memiliki jumlah pengguna 100 jt lebih pada data google play store per 8 September 2021, melalui akses upload foto dan video juga dapat menimbulkan kepercayaan sendiri bagi calon customer untuk dapat memilih produk yang diinginkan. Pemasaran yang tidak hanya menampilkan media foto tetapi juga menampilkan video, suara dan beragam informasi yang lengkap akan dapat memberi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Pelaku bisnis yang dulunya harus menjual berbagai produk secara langsung, di era pandemic covid-19 ini.

Pelaku bisnis harus lebih kreatif dalam menangkap peluang baru yang lebih menarik bagi benak konsumen. Konsumen di era pandemic yang memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas termasuk dalam melakukan pembelian. Aplikasi ini memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis untuk dapat menarik minat konsumen dengan pangsa pasar yang lebih luas. Kemudahan dalam penggunaan aplikasi, akses informasi yang lebih lengkap dan jangkauan pasar yang lebih luas tentunya akan memberi peluang emas bagi pemasaran produk kita. Harapan penulis dalam artikel ini semoga dapat memberikan inspirasi bagi pelaku usaha untuk dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menangkap peluang pasar baru dalam melakukan promosi produknya.

Sumber Referensi : 

https://pojoksosmed.com/tiktok/tik-tok-adalah/ diakses 8 Septemebr 2021

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ss.android.ugc.trill&hl=in&gl=US diakses 8 Septemebr 2021

https://play.google.com/store/search?q=tik%20tok diakses 8 Septemebr 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *