Manajemen Pemasaran Internasional

PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DUNIA USAHA PERIKANAN DESA PRANGGANG-PARE-KEDIRI

Author: Ahmad Dzulfikri Budi Kusworo.,S.E.,M.M

Kepuasan pelanggan merupakan faktor yang penting dalam dunia usaha terutama di sektor perikanan. Sebagai seorang pemasar, harus bisa memuasan harapan pelanggan. Jadi harapan pelanggan harus terpenuhi. Jika pelanggan merasa puas maka, pelanggan akan bercerita ke pelanggan yang lain  maka akan meningkatkan citra perusahaan  sehingga perusahaan tidak bersusah payah berpromosi terhadap pelanggan lain.  Begitu juga sebaliknya jika harapan pelangga tidak terpenuhi maka pelanggan tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan dan akan bercerita pengalaman pahitnya yang dialami sehingga dapat merusak citra perusahaan.

Sumber Gambar: https://id.worldorgs.com/katalog/kediri/kantor-pemda/balai-desa-pranggang

Keputusan pembelian sangat ditentukan oleh tingkat kepuasan pelanggan. Tanpa pelanggan  kita sebagai wirausaha tidak bisa bekerja, kita dapat keuntungan karena adanya pelanggan yang senantiasa loyalitas terhadap kita. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian apalagi di masa pendemi yang konsumen berhak untuk memilih produk/jasa yang di tawarkan seperti di usaha perikanan pare-Kediri. Kepuasan diukur dengan membandingkan harapan dengan kenyataan, kalau harapan lebih besar daipada kenyataan berarti pelanggan tersenut tidak puas, begitu juga sebaliknya jika harapan lebih kecil dari kenyataan berarti pelanggan tersebut puas.

Usaha perikanan lele berdiri pada tahun 2018-sekarang yang bisa meningkatkan penjualan tiap 3 bulan, dari awal penjualannya sebesar 500 ekor sekarang menjadi kurang lebih 2.500 ekor. Karena kita berkomitmen bahwa kepuasan pelanggan (pemasok) harus dapat dipenuhi harapan-harapannya sehingga dapat meningkatkan penjualan rata-rata per tahun.

Kedepannya kita juga berkomitmen terus meningkatkan inovasi ikan-ikan yang lain seperti: ikan bandeng, ikan gurami, udang dan lain-lain. Dan kita juga berkomitmen untuk meningkatkan perlayanan terhadap pelanggan yang ingin jadi pemasok kita akan layani. Pada intinya kita harus bisa jaga kualitas dan kuantitas jasa dan menjaga dalam pelayanan terhadap pelanggan. Kepuasan pelanggan merupan kunci utama dalam meningkatkan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Apalagi di era pandemi dan digitalisasi hampir semua usaha dibidang produk dan jasa dituntut untuk memuaskan pelanggan agar pelanggan akan loyalitas terhadap usaha kita. Dan kalau kita pingin eksis di dunia usaha maka kita harus dituntut untuk meningkatkan kepuasan pelanggan agar pelanggan tersebut dapat meningkatkan pembelian dengan bercerita terhadap pelanggan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *