Author:
Fredianaika Istanti, S.AB, M.M.
Dosen Program Studi Administrasi Bisnis
Selebrity endorsment telah menjadi salah satu alat pemasaran yang digunakan sebagai salah satu strategi promosi bagi perusahaan. Dimana pengertian celebrity endorsement adalah promosi dengan menggunakan public figure/influencer yang mana orang tersebut menyukai produk yang ditawarkan.
Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial seperti instagram, tiktok, fb (facebook) menjadi daya tarik sendiri bagi perusahaan sebagai target pasar dalam pemasaran produk yang tujuannya adalah untuk mempengaruhi penggunanya dalam membeli produk yang di endorse kepada selebriti dan influencer.
Bahkan para researchers di dunia pemasaran menjadikan celebrity endorsment sebagai salah satu variabel yang sangat menarik dalam dunia pemasaran untuk dilakukan penelitian.
Kreativitas dalam membuat konten serta pengaruh banyaknya followers menjadi salah satu syarat dalam melakukan endorsement, apalagi bagi yang sudah bercentang biru menjadi salah satu pertimbangan juga. Harga yang dipatok juga bervariatif dari manajemen masing-masing.
Semakin menarik dan kontroversial suatu konten akan berpengaruh terhadap jumlah viewers yang melihat konter tersebut. Jutaan followers dari artis menjadi salah satu magnet tersendiri bagi perusahaan untuk menggandeng artis tersebut, misalnya Raffi Ahmad Ria Ricis, Atta Halilintar, Ayu tingting dan lain sebagainya. Bahkan para selebriti ini mencamtumkan kontak bio di profil untuk bisa melakukan endorsment. Karena Media Sosial bisa menjadi ruang yang paling dekat antara selebriti dan fansnya.
Bisnis endorsement memiliki nilai yang fantastis sehingga ada wacana dari pemerintah untuk menerapkan pajak terhadap selebgram. Bisnis ini memiliki fenomena yang luar biasa bahkan orang biasa bisa berkreativitas dengan menghasilkan konten-konten yang menarik sehingga bisa memiliki jumlah followers yang banyak dan bisa menjadikan sumber pendapatan utama bagi mereka. Selama media sosial masih terus berkembang maka bisnis endorsement ini akan menjadi suatu fenomena yang menarik yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang bagi pelakunya dan menjadi salah satu pilihan promosi menarik bagi suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan bahkan sampai ke tingkat UMKM (Usaha Kecil Menengah Mikro).