Author: Ahmad Dzulfikri Budi Kusworo.,S.E.,M.M
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun organisasi yang melibatkan proses pembuatan, pembelian, penjualan, atau pertukaran barang maupun jasa dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.
Dalam menjalankan bisnis bisa berupa produk atau jasa. Macam-macam bisnis yang menjual produk misalnya dealer, pabrik, dll. Macam-macam bisnis yang menjual jasa misalnya travel, restaurant, hotel/apartemen, transportasi.
Cara mengelola bisnis yang baik, agar sukses
- Mengelola keuangan usaha
- Mengelola promosi penjualan
- Mengelola sumber daya manusia
- Menjalin kerjasama
Mengelola keuangan usaha
Dalam mengelola keuangan dalam menjalankan usaha (operasional usaha) harus memperhatikan cashflow yang terdiri dari outflow dan inflow. Dikatakan pengelolaan keuangan yang baik bahwa outflow harus lebih kecil daripada inflow. Jika ouflow lebih besar daripada inflow pengeloaan keuangan usaha dikatakan gagal. Juga harus memperhatikan keuntungan dari penjualan sebuah produk dimana= total revenue/total penerimaan-total cost/biaya produksi dimana total revenue/total penerimaan harus lebih besar dari pada total cost/biaya produksi.
Mengelola promosi penjualan
Dalam mengelola promosi penjualan harus memperhatikan hubungan yang baik dengan costumer yaitu dengan memberikan pelayanan yang baik dengan costumer.kalau kita memberikan pelayanan yang baik costumer akan bercerita dengan costumer yang lain/citra usaha akan meningkat, begitu juga sebaliknya apabila kita memberikan pelayanan yang buruk bagi costumer akan merusak citra usaha kita.
Mengelola Sumber daya manusia
Dalam mengelola SDM kita harus memberikan pelatihan agar SDM dapat terampil dalam melakukan pelayanan terhadap pelanggan, agar pelanggan tersebut merasa puas. Dan sebaiknya kita dapat menghargai karyawan dengan memberikan kompensasi yang sesuai dengan kinerja karyawan.
Menjalin kerjasama
Dalam mengelola usaha kita sebaiknya kita memperluas kerjasama dengan masyarakat, misalnya kerjasama bidang franchise,kerjasama dengan supplier dalam hal pengadaan produk. Dan kerjasama dengan agen, distributor, pengecer dalam melakukan promosi agar produk cepat terjual. Kalau jasa sebaiknya kerjasama dengan agen seperti agen travel, agen umroh dan haji.dll