Manajemen Pemasaran Internasional

DIGITAL MARKETING STRATEGY: OPTIMALISASI SEO DENGAN EMPAT PRINSIP UTAMA

Oleh: Nina Triolita, S.E., M.M.
Lecture – Entrepreneur – Digital Marketing Lisence

Google saat ini menjadi perusahaan yang telah berkembang pesat sejak awal pendirian tahun 1993. Eric Schmidt, mantan CEO Google, pernah mengungkapkan. Bahwa Google mempertimbangkan lebih dari 200 faktor untuk menentukan situs mana yang berperingkat lebih tinggi di hasil penelusuran. Hal ini dapat membantu banyak perusahaan dalam memanfatakan peluang pemasaran produk dan jasa yang dimiliki.   Penelusuran jejak digital dari setiap individu dapat di deteksi. Dan hal ini sangat bermanfaat dalam menentukan target pasar produk dan jasa yang kita miliki  agar tepat sasaran.

Saat ini, Google memiliki lebih dari 200 faktor. Google menilai bagaimana pengguna berperilaku di berbagai situs yang dimiliki, berapa banyak tautan yang mengarah ke situs yang dimiliki. Bagaimana dapat dipercaya situs penautan dalam pencarian yang individu lakukan. Hingga berapa banyak sebutan situs yang anda kunjungi dalam sosial media maupun akses situs yang Anda  miliki. Bahkan Google mampu mendeteksi seberapa relevan halaman Anda. Berapa usia situs Anda, seberapa cepat situs Anda memuat . Teknologi terus berkembang guna memberikan kemudahan setiap individu dalam mencari berbagai informasi sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Source: freepik.com

Hal terpenting yang menjadi tujuan individu dalam melakukan digital marketing. Adalah kapan konten pemasaran yang kita miliki menjadi urutan peringkat teratas dalam pencarian di google ? Ketika konten pemasaran yang anda miliki memiliki urutan yang teratas tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan anda. Anda akan memiliki peluang prioritas utama dalam mendapatkan calon konsumen yang sesuai target yang anda miliki.  Ada empat prinsip strategi yang diulas dalam buku karangan Adam Clarke tahun 2020. Yang berjudul SEO 2020 : Learn Search Engine Optimization With Smart Internet Marketing Strategies memberikan kunci prinsip sebagai berikut :

1. Kepercayaan (Trust)

Kepercayaan adalah inti yang memberi perubahan besar dan pembaruan Google di masa-masa sebelumnya dalam beberapa tahun. Google akan menyingkirkan situs yang memiliki jejak kualitas buruk dan tidak dapat dipercaya dalam hasil pencarian. Serta menjaga beabsahan identitas pengguna situs yang memiliki kredibilitas tinggi. Jika situs anda memiliki konten dan tautan balik yang berkualitas tinggi dari sumber terpercaya. Situs dianggap sebagai sumber yang dapat dipercaya, dan lebih mungkin untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

2. Otoritas (Authority)

Sebelumnya strategi SEO merupakan yang paling populer dimana otoritas masih kuat. Tetapi sekarang paling baik digunakan bersama dengan dua prinsip lainnya. Otoritas adalah kekuatan keseluruhan situs di pasar yang anda miliki. Otoritas hampir berupa angka permainan, misalnya: jika situs Anda memiliki seribu pengikut media sosial.  Sedangkan pesaing Anda hanya memiliki lima puluh pengikut media sosial maka secara otomatis Anda mungkin akan memiliki peringkat lebih tinggi.

3. Relevansi (Relevance)

Google melihat relevansi kontekstual dari sebuah situs dan memberikan penghargaan dengan peringkat lebih tinggi. Hal ini akan  sedikit menyamakan kedudukan. Dan mungkin menjelaskan mengapa situs khusus atau bisnis lokal sering kali memiliki peringkat lebih tinggi. Daripada artikel yang ada di Wikipedia. Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan menggembungkan konten situs Anda. Dengan konten yang relevan, dan gunakan SEO di halaman teknik yang dijelaskan dalam bab selanjutnya. Untuk memberi Google dorongan untuk melihatnya situs Anda relevan dengan pasar sasaran yang anda minati. Anda dapat peringkat lebih tinggi dengan lebih sedikit tautan dengan berfokus pada membangun tautan dari situs yang relevan. Meningkatkan relevansi seperti ini adalah strategi yang kuat dan dapat mengarah ke peringkat tinggi dalam persaingan daerah.

4. Perilaku Pengguna (User Behavior)

Apakah pengguna menempel pada konten Anda seperti lem? Atau apakah mereka mengunjungi dan meninggalkan situs Anda lebih cepat setelah itu meninggalkan. Hal ini juga mampu dideteksi oleh google terkait perilaku pengguna mengunjungi situs yang nada miliki. Ketika situs anda memiliki perilaku pengunaan yang sering dikunjungi maka anda dapat memiliki prioritas. Untuk mendapatkan urutan teratas dalam mesin pencarian.

Source: freepik.com

Kegiatan digital marketing saat ini telah menjadi trend yang luar biasa cepat berkembang bagi seluruh perusahaan di dunia. Kemudahan akses informasi yang cepat dan dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Menjadi suatu alasan semua bisnis beralih di digital marketing. Dampak peningkatan luar biasa yang dapat kita perhatikan dalam dua tahun terkahir semenjak adanya Covid-19. Digital marketing menjadi salah satu solusi pemasaran bisnis yang menjadi impian semua perusahaan. Terus tingkatkan kemampuan pemasaran kita dengan mengikuti trend yang ada melalui digital marketing. Salam marketers.

Sumber Referensi :

Clarke, Adam.2020. SEO 2020 : Learn Search Engine Optimization With Smart Internet Marketing Strategies. United States : Simple Effectiveness Publishing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *