Akuntansi

ERGONOMIKA WORKSTATION UNTUK KESEHATAN DAN KENYAMANAN BEKERJA DENGAN LAPTOP

Oleh: Thomas Khrisna Sidharta, S.E., M.Si.

Ergonomika

Ergonomi adalah ilmu, teknologi dan seni untuk menyerasikan peralatan dan mesin, pada kemampuan, kebolehan dan batasan manusia. Sehingga diperoleh kondisi kerja dan lingkungan yang sehat, aman, dan nyaman secara fisik dan mental. Agar tercapai produktivitas yang setinggi–tingginya namun tetap nyaman dan sehat. Sedangkan Workstation adalah adalah tempat dimana kita bekerja, yang dalam hal ini tidak hanya di kantor tapi juga di rumah. Yang dianggap sebagai kantor kedua kita akibat dampak pandemic sejak 2020 (WFH).

Mengapa Ergonomika  perlu diperhatikan:

  • Kita bekerja di depan layar komputer/ laptop  dalam jangka waktu lama (dapat berjam-jam)
  • Kita ingin tetap merasa sehat dan nyaman saat dan ketika selesai bekerja di depan layar.
  • Karena dengan badan yang sehat dan nyaman maka produktivitas akan terjaga.
  • Jika kita berada di depan layar selama berjam-jam dalam posisi yang kurang tepat dapat menyebabkan keluhan pada mata, leher, punggung, kepala (pusing). Dan dalam jangka panjang bisa terjadi gangguan pada mata, kepala, punggung, dan juga syaraf.  Yang ujung-ujungnya ada pada penurunan kesehatan, minat kerja, dan produktivitas.
Sumber gambar: freepik.com

Maka ada beberapa hal sederhana yang perlu diperhatikan:

  1. Posisi duduk dan jenis kursi yang digunakan
  2. Tinggi meja tempat laptop
  3. Pencahayaan dan penggunaan layar rendah sinar biru atau menggunakan kacamata anti sinar biru (blue light shield)
  4. Suhu udara ruangan dan
  5. Tingkat kebisingan

CONTOH PENGGUNAAN LAPTOP YG KURANG BAIK & YANG ERGONOMIK

Yang pertama adalah posisi layar laptop yang terlalu rendah, hal ini menyebabkan punggung membungkuk, punggung yg membungkuk menyebabkan cepat lelah. Yang kedua adalah otomatis mata kita selalu melihat kebawah. Akibatnya mata akan cepat lelah pula, belum lagi posisi leher yg melengkung pula menambah kelelahan lebih cepat dan pusing.

Untuk posisi layar laptop yang terlalu rendah cukup mudah dan murah diakali. Dengan menggunakan tatakan atau sandaran laptop yang dijual di marketplace dengan harga relatif murah. Atau cukup dengan beberapa tumpukan buku tebal. Pastikan juga penggunaan wireless keyboard dan mouse untuk pengalaman penggunaan laptop yang lebih nyaman dan tentu saja lebih ergonomik.

Kedua, tinggi meja dan kursi perlu disesuaikan sedemikian pula dengan postur penggunanya. Pengguna pria dewasa tentunya akan beda tinggi meja dan kursinya dibanding pengguna anak kecil. Penggunaan kursi ergonomik atau kursi kantor akan sangat membantu mengurangi kelelahan kerja. Kursi ergonomika akan menyokong punggung dan tulang ekor, bahkan bisa pula sebagai sandaran kepala dan tangan.

Ketiga adalah pencahayaan, pencahayaan yang terlalu terang ataupun terlalu gelap tidak baik untuk mata kita. Posisi pencahayaan alami dari depan jendela yang berhadapan langsung dengan mata kita akan sangat menyilaukan. Pencahayaan alami dari jendela belakang akan mengganggu pandangan kita pada layar laptop, idealnya pencahayaan dari sisi kiri atau kanan. Dan pencahayaan alami dari sisi kiri atau kanan pun perlu diberi tirai agar intensitas nya dapat kita atur sesuai kenyamanan kita.

Oleh karnea itu pencahayaan dari layar laptop itu sendiri juga perlu kita atur agar tidak terlalu terang atau redup. Pastikan ada anti sinar biru di layar atau kita menggunakan kacamata anti sinar biru. Untuk mengurangi efek radiasi yang masuk ke mata.

Keempat adalah suhu ruangan yang sesuai, yaitu sekitar 25 derajat celcius, tak terlalu hangat namun tak terlalu dingin pula. Dan pastikan semburan AC tidak mengenai langsung badan kita, bisa digunakan AC deflektor atau cukup pengaturan swing saja.

Kelima adalah tingkat kebisingan, tingkat kebisingan yang sangat rendah akan sangat membantu fokus dalam pekerjaan kita. Dan setelah kelima hal diatas terpenuhi dengan baik dan kita telah merasa nyaman janganlah lupa tetap berdiri. Dan lakukan jalan ringan dan stretching paling tidak tiap satu jam.

Nah, itu adalah 5 hal yang perlu kita perhatikan. Untuk menjamin pekerjaan WFH dengan laptop kita akan serasa bekerja di kantor dengan menggunakan komputer desktop. Kelima hal diatas tidak harus mahal namun tepat. Tepat artinya, tepat atau cocok memilih kursi, meja, dan perangkat pendukung lainnya. Penawaran beragam alat bantu di marketplace dengan harga terjangkau. Akan sangat membantu kesehatan dan kenyamanan kita dalam bekerja di depan laptop selama berjam-jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *