Manajemen Pemasaran Internasional

PENGEMBANGAN KONSEP PEMASARAN UMKM DI ALUN-ALUN KOTA BATU MENUJU PEMASARAN GLOBAL

Author: Evada El Ummah Khoiro, S.AB., M.AB

Author: Ach Faisol dan Gilang Santana

Dosen & Mahasiswa: Manajemen Pemasaran Internasional

Jumat, 16 Juni 2023 |19:00 WIB

Konsep pemasaran yang baik dan benar dibutuhkan agar usaha pemasaran yang dijalankan dapat memberikan hasil yang memuaskan. Pada peningkatan kemampuan suatu pelaku usaha, agar bisa bersaing dan memperoleh keuntungan maksimal.

Untuk mencapai hal tersebut, pelaku usaha harus memperhatikan konsep pemasaran yang ada didalamnya. Salah satu contoh konsep pemasaran yang dilakukan oleh pelaku UMKM yang ada di alun alun Kota Batu yang menjadi pilihan wisatawan untuk beristirahat dan berburu kuliner setelah seharian berkeliling mengunjungi tempat wisata yang ada di Kota Batu.

Mengapa wisatawan lebih memilih untuk bersantai dan berburu kuliner yang ada di alun alun Kota Batu dari pada tempat tempat yang lain? Hal ini tentunya bisa terjadi karena konsep pemasaran yang dilakukan sudah tertata, sehingga wisatawan lebih tertarik dan betah ketika berkunjung kesana.

Jajanan kuliner yang ada di alun alun Kota Batu di sediakan secara lengkap mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, yang memudahkan wisatawan untuk berburu segala macam jenis makanan di satu tempat. Selain tempatnya yang bersih dan nyaman, Fasilitasnya pun juga tergolong lengkap seperti disediakannya toilet, Tempat beristirahat, dan tempat ibadah. 

Pengunjungnya pun bukan hanya penduduk Malang, Tapi banyak dari Luar Kota, Luar Pulau bahkan hingga Luar Negeri.

Konsep pemasaran yang dilakukan saat ini dilakukan secara online dan offline agar memudahkan konsumen untuk membeli tanpa harus datang ke lokasi, dan ini juga dapat mengurangi antrian yang cukup panjang ketika mulai memasuki musim liburan.

Selain itu untuk menyikapi adanya tuntutan pasar Global memang sangat diperlukan agar pelaku UMKM juga menggunakan sistem digitalisasi. Pemerintah Kota Batu berupaya untuk melalukan percepatan digitalisasi terhadap UMKM, dalam upaya meningkatkan akses pemasaran dan daya saing produk.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Mengatakan bahwa dalam upaya untuk melakukan percepatan digitalisasi UMKM tersebut, Pemerintah Kota Batu menggandeng PT Grab Teknologi, Emtek dan Bukalapak.

Oleh sebab itu, kami Mahasiswa Jurusan Manajemen Pemasaran Internasional Politeknik NSC Surabaya melakukan kunjungan industri terhadap sejumlah pelaku UMKM yang ada di alun alun Kota Batu pada Hari Jumat 16 Juni 2023. Dengan harapan dapat memahami secara lebih detail bagaimana konsep pemasaran yang diterapkan UMKM di alun alun Kota Batu, Serta mengetahui langkah-langkah apa saja yang sudah di siapkan pelaku UMKM untuk mengembangkan konsep pemasarannya secara Global.

Pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan.(Stanton 2013). Pemasaran adalah proses bisnis yang berusaha menyelaraskan antara sumber daya manusia, finansial dan fisik organisasi dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan dalam konteks strategi kompetitif. (Melydrum 2016).           

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran merupakan suatu kegiatan perekonomian yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan. Seperti hal nya yang sudah diterapkan oleh UMKM alun alun Kota Batu. Mulai dari penentuan harga dan lokasi, promosi serta pendistribusian untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggannya.

Sedangkan pengertian pemasaran global adalah suatu strategi pemasaran yang dilakukan dan diikuti oleh banyak negara di dunia. Jadi pemasaran global merupakan kegiatan ekonomi yaitu jual beli produk dalam global market yang dilakukan oleh masyarakat dunia.                                                 Pemasaran global adalah suatu upaya dalam mengutamakan seluruh sumber daya yang meliputi sumber daya manusia, aset fisik atau modal dana, dan berbagai tujuan perusahaan lainnya demi menindaklanjuti ancaman pasar global dan untuk meraih potensi yang sama di pasar global (Philip Kotler & Kevin Lane Keller)

Dari kedua pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa pemasaran global adalah sesuatu yang penting dan tidak bisa dihindari karena merupakan tuntutan perkembangan zaman dan pola bisnis masyarakat dunia. Perusahaan yang masuk dalam global market harus mempunyai manajemen pemasaran internasional sebagai salah satu modal untuk meniti kesuksesan dalam perdagangan antar banyak negara tersebut.

Konsep pemasaran global ciri-cirinya:

  1. Ada calon pembeli dan penjual

Ini merupakan salah satu ciri utama dari pasar. Pasar di definisikan sebagai tempat menjajakan beragam komuditas untuk mencukupi kebutuhan konsumen.

2. Terdapat produk.

Produk yang dijajakan bisa ditampilkan di beberapa platform e-commerce global secara online maupun melalui pelelangan di setiap negara. 

3. Adanya permintaan dan penawaran.

Dalam proses ini, terdapat serangkaian dokumen resmi yang dikirimkan, baik oleh perusahaan penyedia produk maupun konsumen.

4. Terjadi interaksi antara penjual dan pembeli.

Interaksi bisa terjadi secara langsung ataupun tidak langsung. Interaksi langsung bisa dilakukan melalui expo atau bazar. Interaksi tidak langsung melalui surat elektronik, telepon, maupun fitur percakapan e-commerce global. 

Untuk menanggapi tuntutan pasar Global tersebut, Dinas Kopersi, UMKM perindustrian dan perdagangan (Diskoperindag) Kota Batu mengupayakan agar PKL di sekitar alun alun Kota Batu memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan mewajibkan para pkl untuk mengurus sertifikat halal. Pemerintah Kota Batu juga memberikan pelatihan peningkatan inovasi higenitas sajian kuliner melalui dinas pariwisata (Disparta). Upaya peningkatan kualitas SDM melalui kegiatan ini diharapkan pelaku ekonomi kreatif khususnya yang ada dalam bidang kuliner, bisa meningkatkan inovasi dan kualitasnya. Selain kualitas sajian kuliner, pelaku ekonomi kreatif juga terus didorong untuk menciptakan inovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran di alun alun Kota Batu itu sudah tertata dengan baik dan bersih serta mengutamakan pelayanan yang sempurna. Sehingga konsep pemasaran yang diterapkan di UMKM Kota Batu sudah memenuhi kriteria konsep pemasaran Global, karna konsep ini juga banyak diterapkan oleh sejumlah pelaku bisnis di berbagai Negara. Dengan adanya hal ini semoga menjadi acuan bagi kami mahasiswa jurusan Manajemen Pemasaran Internasional di kemudian hari untuk menerapkan konsep pemasaran dengan baik.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita, terlebih pelaku UMKM.

Daftar Referensi

Stanton, William J. 2012 Prinsip pemasaran, alih bahasa:Yohane Lamarto Penerbit Erlangga, Jakarta.

Melydrum. (2016) Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi, Andi. Jakarta

Kotler dan Keller. (2016) Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Chandra, Gregorius. 2001. Pemasaran Global. Ed I. Yogyakarta: penerbit Andi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *