Manajemen Pemasaran Internasional

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CV CAKRAWALA CREATIVE DALAM EKSPANSI PEMASARAN INTERNASIONAL

Author: Mastuti Aksa, S.I.P., M.I.Kom

Author: Silvia Paramita; Silvani Dhea S.; Hannan Naqiyya.

Dosen & Mahasiswa: Manajemen Pemasaran Internasional

Sumber: Foto pribadi

Seiring perkembangan zaman dan canggihnya teknologi, mengharuskan perusahaan-perusahaan untuk berekspansi agar bisa mengembangkan usaha menjadi skala internasional. Menurut Jauch dan Gluck (1999), Strategi ekspansi adalah taktik yang digunakan oleh bisnis untuk melayani masyarakat di pasar atau fungsi baru dan memperluas cakupan operasi bisnis yang ada. Bisnis memfokuskan pilihan strategis mereka pada peningkatan ukuran langkah aktivitas di dalam batas bisnis mereka saat ini.

Menurut Jauch dan Gluck (1999), terdapat 5 strategi ekspansi pemasaran global, salah satunya yaitu strategi ekspansi ganda yang didalamnya mencakup komunikasi dan perluasan layanan sebagai taktik untuk merebut kemungkinan di pasar internasional. Taktik ini mungkin merupakan metode pemasaran jasa yang paling sederhana dan paling sukses jika situasinya ideal. Bisnis yang menggunakan taktik ini bertujuan untuk memasarkan jasa yang sama dengan cara yang menarik. Untuk sebagian atau seluruh pasar global yang telah dijangkau, periklanan atau promosi yang dilakukan juga sama dengan di negara asal.

Melalui kegiatan Kunjungan Industri dan Studi Banding yang diadakan oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Internasional Politeknik NSC Surabaya ke CV Cakrawala Creative Kota Malang pada 16 Juni 2023, bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran perusahaan tersebut, hingga bisa berekspansi ke skala internasional dan metode-metode apa saja yang diterapkan sehingga bisa bersaing di tingkat global?

Sebelum mengetahui strategi apa saja yang dilakukan Pak Elang selaku pemilik CV Cakrawala Creative dalam mengembangkan usahanya, tentu kita harus mengetahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan teori pemasaran, teori komunikasi pemasaran, strategi pemasaran internasional, dan apa saja ciri-ciri pemasaran global?

Harman Malau menjelaskan, pemasaran merupakan kegiatan transaksi pertukaran nilai yang dimiliki oleh masing-masing pihak. American Marketing Association mendefinisikan bahwa pemasaran adalah suatu aktifitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, memberikan, dan menawarkan pertukaran nilai terhadap pelanggan, klien, rekan, dan masyarakat luas.

Menurut Dr. Sudaryono, komunikasi pemasaran adalah komunikasi yang dilakukan antara produsen, perantara, pemasar, dan konsumen, merupakan kegiatan untuk membantu konsumen mengambil keputusan di bidang pemasaran dengan menyadarkan semua pihak untuk berpikir, berbuat, dan bersikap lebih baik.

Menurut Warren J. Keegan & Mark C. Green (2017:585), global marketing is the commitment of organizational resources to pursuing global market opportunities and responding to environmental threats in the global marketplace, yang artinya komitmen dari sumber daya suatu organisasi untuk mengejar kesempatan pasar global dan merespon terhadap ancaman di lingkungan pasar global.

Pemasaran global menurut Elistia mempunyai ciri-ciri tidak terlalu menggantungkan diri pada pedagang perantara dan lebih berminat untuk mendirikan perwakilan langsung guna mengkoordinasikan usaha pemasaran di pasar sasaran. Pemasaran global bertindak lebih jauh lagi dari pemasar ekspor dan lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran di negara tempat perusahaan tersebut melakukan bisnis. Misalnya, pemasar internasional bersiap untuk mencari sumber produk diluar agar dapat menikmati keunggulan kompetitif yang lebih besar.

Dari teori-teori para ahli diatas, kita akan menjabarkan strategi komunikasi pemasaran internasional yang dilakukan CV Cakrawala Creative dalam proses mengembangkan usahanya ke ranah global.

Pemilik CV Cakrawala Creative, Bapak Elang Baskoro mengatakan bahwa ketika akan mengembangkan sebuah usaha berskala global, beliau menggunakan beberapa strategi pemasaran internasional.

Beliau mengatakan strategi yang pertama adalah pentingnya memastikan kualitas jasa dan pelayanan,. Karena untuk menembus pasar internasional, kita harus memastikan kualitas jasa kita sudah yang paling baik. Beliau juga menerapkan I Will Help You. Maksudnya adalah kita harus memastikan apakah jasa kita sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan kita membantu menyediakan jasa tersebut. Salah satu kualitas pelayanan yang diberikan CV Cakrawala Creative kepada pelanggannya adalah dengan memberikan unlimited revisions atau revisi tanpa batas yang menjadi point plus disaat perusahaan lain menentukan batas maksimal revisi pada desain yang mereka buat.

Selanjutnya Pak Elang melakukan riset bisnis. Hal ini dilakukannya supaya menemukan sesuatu yang baru dan membantu mengembangkan bisnisnya. Salah satu cara beliau melakukan riset adalah dengan mencari tempat liburan sekaligus berkeliling mencari inspirasi usaha atau cara bekerja di perusahaan orang lain. Karena menurutnya dimanapun beliau berada tidak menutup kemungkinan adanya peluang pengembangan untuk bisnisnya.

Strategi ketiga menurut Pak Elang adalah promosi dan iklan dengan memanfaatkan media sosial yang kita miliki. Beliau menerapkan connecting people untuk mencari koneksi baru, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp yang digunakannya untuk memperluas relasi dan menjadi salah satu media promosi melalui Whatsapp Story. Beliau juga selalu memperbaharui portofolionya tiap kali mendapatkan pengalaman baru kemudian di unggah ke sosial media miliknya yang lain.

Selain strategi-strategi diatas, Pak Elang melakukan satu strategi yang menurutnya paling ampuh karena tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk tujuan jangka panjang, yaitu bersedekah. Beliau mengatakan bahwa bersedekah bukan hanya dengan uang, tetapi bisa juga dengan ilmu.

Beberapa pengalaman bersedekah yang Pak Elang lakukan dalam mengembangkan bisnisnya, seperti pada saat pandemi. CV Cakrawala Creative banyak melakukan promosi melalui penginapan-penginapan yang sepi pelanggan dengan menawarkan pembuatan video promosi secara gratis, dengan syarat menitipkan kartu nama perusahaannya. Tujuannya agar karyawan di penginapan-penginapan tersebut mempromosikan perusahaannya mouth to mouth kepada orang- orang sekitar. Beliau juga mengadakan workshop secara gratis kepada pelaku usaha UMKM yang terdampak agar bisa mengembangkan bisn isnya di tengah-tengah pandemi.

Melalui kegiatan Kunjungan Industri dan Studi Banding ke CV Cakrawala Creative ini berharap bisa mengimplementasikan strategi-strategi diatas untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Dapat juga menerapkan istilah I will help you karena hal ini mampu memberikan kepercayaan kepada pelanggan untuk menggunakan jasa atau pelayanan, serta melakukan personal branding yang bagus terhadap calon pelanggan.

Dari strategi bersedekah CV Cakrawala Creative juga berharap ilmu yang didapat tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga diajarkan kepada orang lain. Karena sedekah ilmu tidak hanya berguna di dunia, tetapi juga berguna di akhirat.

Referensi

Malau, Harman. (2018). Manajemen Pemasaran (hlm.1). Alfabeta.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi (hlm. 179). Penerbit Andi.

 Elistia. (2020). Modul Materi 11: Pemasaran Internasional (hlm. 6). Universitas Esa Unggul

https://www.coursehero.com/file/51120219/KOMUNIKASI-PEMASARAN-GLOBALdocx/

https://accurate.id/aplikasi-kasir/strategi-pemasaran-internasional/https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/255657/015—BAB-II.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *