Administrasi Bisnis Manajemen Pemasaran Internasional

STRATEGI PEMASARAN INTERNATIONAL DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL

Author: Fredianika Istanti, S.AB., MM.

Dosen: Administrasi Bisnis

Sumber: Freepik.com, 2023

Strategi pemasaran merupakan keputusan yang digunakan oleh perusahaan terkait dengan biaya pemasaran, anggaran pemasaran dengan pertimbangan persaingan usaha yang harus diantisipasi. Kesuksesan suatu usaha perusahaan tergantung pada strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan tersebut dan analisis mengenai factor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap strategi pemasaran perusahaan. Sehingga perusahaan harus mengetahui analisis SWOT dari usahanya, setelah mengetahui peluang yang ada perusahaan bisa merumuskan strategi yang bisa digunakan untuk memanfaatkan peluang pasar yang ada. Inovasi juga penting dalam mempertahankan bargaining position perusahaan di pasar. Perusahaan harus mengikuti pasar, bukan pasar yang mengikuti produsen.

Pemasaran International merupakan pemasaran lintas negara dan benua secara global tanpa terbatas di lingkup negara produsen, bahkan perusahaan bisa memiliki cabang di berbagai negara. Karena perbedaan negara dan benua muncul beberapa kendala dalam perdagangan internasional antara lain perbedaan Bahasa, mata uang, undang-perdagangan yang berlaku di masing-masing negara.

Sumber: Freepik.com, 2023

Berikut adalah tahap-tahap menjadi pemasaran international (Kotler, 2018)

  1. Foreign marketing. Korporasi telah mempertahankan kontak dengan komunitas di seluruh  dunia,  tetapi  bukan  karena  kurangnya  inisiatif  atau  kurangnya  bisnis  untuk beriklan  di  luar  negeri.  Barang-barang perusahaan beredar di pasar internasional sebagai hasil pesanan dari luar negeri, klien asing yang mengunjungi perusahaan, atau atas nama eksportir.
  2. Infrequent foreign marketing. Yaitu Pemasaran internasional yang jarang Perusahaan mulai memasarkan ke pasar luar negeri, tetapi hanya jika memiliki kelebihan produksi. Jika pasar domestik masih bisa mengambilnya, kegiatan ini akan dihentikan. Pada titik ini, baik organisasi maupun barang-barangnya tidak disesuaikan dengan pasar dunia.
  3. Reguler foreign marketing.  Yaitu  Produsen  telah  merencanakan  untuk  menjual produk  mereka  di  pasar  internasional.  Dipasarkan baik secara langsungmaupun melalui distributor domestik dan internasional. Tujuannya   adalah untuk mulai memahami permintaan dan keinginan pasar luar negeri untuk meningkatkan pasar dalam negeri.
  4. Global Marketing Operations, Pada bagian ini, produsen dituntut untuk berpartisipasi dalam dunia   internasional di seluruh dunia.   Kegiatannya tidak terbatas pada pemasaran, tetapi ada juga operasi produksi yang direncanakan dan organisasi yang dapat bersaing di pasar global.

Sumber: Freepik.com, 2023

Menurut Cravens David (2018) untuk memasuki pasar global perusahaan menerapkan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Proses Segmentasi.

Pemilihan  target  pasar  dimulai  dengan  segmentasi  pasar,  yaitu  cara  membagi  dan mengelompokkan setiap negara ke dalam kelompok-kelompok yang homogen. Setiap segmen memiliki karakteristik yang relatif sama dalam hal kemampuan mereka untuk merespon aspek yang berbeda dari strategi pemasaran.

2. Proses Riset Pemasaran.

Berpartisipasi     dalam     pemasaran     global     mengharuskan     perusahaan     untuk mengumpulkan informasi yang berguna untuk memahami lingkungan konsumen, pesaing global dan negara di mana mereka dipasarkan.

3. Kriteria Pemilihan Strategi

Dalam pemilihan strategi perlu memiliki beberapa kriteria antara lain pertumbuhan pasar, resiko, peraturan masing-masing negara, infrasruktur wilayah, sumber daya alam dan manusia.

Kunci dalam menyusun strategi global adalah:

  1. Standardisasi atau personalisasi
  2. Aturan dan regulasi yang berlaku suatu negara tersebut
  3. Pertimbangan ekonomi (tingkat pendapatan)
  4. Nilai tukar mata uang
  5. Pelanggan, industri, atau pengguna akhir sebagai target
  6. Pengaruh budaya
  7. Adanya persaingan.

Perusahaan harus menyiapkan diri untu memasuki era pasar global yang dimana produk yang dihasilkan harus bisa berstandar International dengan menyiapkan produk yang berkualitas dengan didukung oleh sumber daya manusia yang berdaya saing global. Dalam proses tersebut Indonesia harus siap untuk mengahadapi potensi masa depan yang luar biasa dimana Indonesia memiliki jumlah populasi penduduk yang besar dan sumberdaya alam yang luar biasa yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk produk unggulan di pasar International.

Sumber

Cravens, David W. 2008. Strategic Marketing International Edition. New York. Mc Grow Hill.gement.New York. Mc Grow

Philip, Kotler. 2018. Marketing Management.New York. Mc Grow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *