Perhotelan

SENI PERANG SUNZI

Sumber: dinaviriya.com

Author : Ir. Sudono Noto Pradono, S.Pd., S.Pd., M.Pd.

Dosen : Prodi Perhotelan

Seni Perang Sunzi adalah buku klasik kuno tentang perang. Buku ini terdiri dari 13 bab dalam sekitar 6.000 karakter. Sun Wu, dengan hormat disebut Sunzi, lahir antara tahun 550 dan 540 SM, atau menjelang akhir Periode Musim Semi dan Musim Gugur (770-476 SM). Dia adalah penduduk asli Negara Qi tetapi kemudian pindah ke Negara Wu, di mana dia menjadi ahli strategi terpercaya raja. Karena banyak dari isi buku tesebut memuat ciri-ciri dari Periode Negara-Negara Berperang (475-221SM), beberapa cendekiawan percaya bahwa buku tersebut mungkin ditulis pada pertengahan periode tersebut. Ini mewakili teori perang Sekolah Sunzi yang berasal dari Sun Wu.

Ada lebih dari 3.000 buku tentang perang dari periode pra-Qin (sebelum 221 SM) hingga Dinasti Qing (1616-1911), Seni Perang Sunzi yang menonjol sebagai karya klasik terbesar. Buku ini lebih unggul dari buku-buku lain dalam hal desain strategi, landasan filosofis dan aplikasi taktis. Selama berabad-abad buku ini dihormati sebagai “sumber dari semua buku tentang perang.”

Dari kekayaan pemikiran strategis Sunzi, telah dipilih beberapa saja untuk ilustrasi. Contoh pertama adalah “Merencanakan sebelum berperang.” Sebelum memasuki perang, yang paling dibandingkan dan dianalisis semua faktor dari kedua belah pihak, mencakup moral, iklim, medan, komandan, dan aturan. “Moral” mengacu pada persetujuan atau ketidaksetujuan orang-orang. Tentara yang mendapat persetujuan rakyat akan mendapatkan dukungannya, sedangkan yang tanpa dukungan akan kehilangan dukungannya. “Iklim” mengacu pada kondisi musiman pada saat perang. “Medan” mengacu pada jarak (jauh atau dekat), posisi (kemudahan atau kesulitan akses), ukuran (besar atau kecil), dan ketinggian (tinggi atau rendah) topografi untuk perang. Pertimbangan juga harus diberikan pada tingkat keamanan atau bahaya di daerah tersebut. “Aturan” mengacu pada peraturan yang mengatur ketentaraan. “Siapa yang bertanggung jawab untuk melatih pasukan? Siapa yang memutuskan hadiah atau hukuman?” Lima aspek pertimbangan selama perang digaungkan oleh Carl von Clausewitz (1780-1831), seorang ahli perang Jerman, sebagai “faktor strategis.” Satu atau dua faktor ini tidak cukup bagi seseorang untuk menilai kelayakan dan konsekuensi perang. Pertimbangan harus diberikan pada semua faktor dan kombinasinya.  Pemikiran holistik seperti itu adalah ciri khusus Seni Perang Sunzi.

Contoh kedua adalah “Seseorang dapat berperang dan memenangkan seratus perang jika ia mengenal dirinya sendiri dan musuhnya.” Ini mungkin konsep yang paling banyak dikutip dari Seni Perang Sunzi.

Tujuan mempertimbangkan kelima aspek tersebut, seperti yang telah diperkenalkan di atas, sebenarnya adalah untuk mengetahui situasi sebenarnya  di kedua sisi. Tidak mudah untuk mengenal musuh, karena mereka melakukan yang terbaik untuk menjaga rahasia mereka dan melakukan segala macam penipuan. Mengenal diri sendiri juga tidak mudah. Apa pendapat orang-orang tentang perang? Bagaimana kemampuan dan sikap panglima? Bagaimana moral dan pelatihan pasukan? Faktor-faktor ini biasanya tidak terbukti dengan sendirinya tanpa analisis menyeluruh, dan seseorang dapat disesatkan oleh kesan palsu. Ada lebih dari beberapa kasus dalam sejarah di mana komandan mendapat izin dari penguasa untuk berperang, tetapi tanpa melaporkan kepadanya bahwa tentara sebenarnya tidak mampu berperang. Hasilnya tak perlu dikatakan, selalu kehancuran total tentara. Inilah mengapa Sunzi berkata, “Seseorang dapat berperang dan memenangkan seratus perang jika seseorang mengenal dirinya sendiri dan musuhnya. Peluang untuk menang adalah setengah-setengah jika seseorang mengenal dirinya sendiri tetapi bukan musuhnya. Dan seseorang pasti akan gagal jika ia tidak mengetahui baik diri sendiri maupun musuh.” Dia menambahkan, “Peluang untuk menang adalah setengah-setengah jika seseorang mengetahui bahwa pasukannya dapat menyerang tetapi tidak mengetahui bahwa pasukan musuh kebal terhadap serangan. Peluang untuk menang adalah setengah-setengah jika seseorang mengetahui bahwa pasukan musuh adalah rentan terhadap serangan, tetapi tidak mengetahui bahwa pasukan sendiri tidak dalam posisi untuk menyerang. Peluang untuk menang adalah setengah-setengah jika seseorang mengetahui bahwa lawan rentan terhadap serangan dan pasukannya berada dalam posisi untuk menyerang, tetapi tidak tahu bahwa medannya tidak cocok untuk pertempuran. Jadi seorang ahli perang tidak meninggalkan sesuatu yang tidak jelas ketika menyatakan perang, dan juga memiliki segala macam metode untuk menghadapi situasi apa pun. Kemenangan pasti, jika seseorang mengetahui dirinya sendiri dan musuhnya; kemenangan akan lengkap, jika seseorang mengetahui lebih lanjut kondisi musiman dan topografi.”

Contoh ketiga, “Tentara bertahan dengan pengkhianatan.” Sunzi berkata, “Penggunaan kekuatan sebenarnya adalah penggunaan pengkhianatan.” Dalam pembahasannya tentang “strategi” dalam perang, Carl von Clausewitz mengaitkan asalnya dengan “pengkhianatan.” Yang dimaksud dengan “pengkhianatan” Sunzi adalah bahwa tentara “harus tampak tidak kompeten ketika kompeten, tampak tidak siap bertempur ketika siap, tampak mundur ketika maju, tampak maju ketika mundur.” Dengan kata lain, sangat penting untuk menipu musuh dengan kesan yang salah.

Dengan pengkhianatan, seseorang harus “menggoda musuh dengan keuntungan, menyerang musuh saat mereka dalam kekacauan, bersiap menghadapi musuh saat kekuatan mereka setara, menghindari musuh saat mereka lebih kuat, selanjutnya melelahkan musuh ketika beristirahat, menaburkan perselisihan di antara musuh ketika mereka bersatu.” Singkatnya, pengkhianatan dimaksudkan untuk memikat musuh untuk melakukan segala macam kesalahan, mengalahkan mereka setelah mereka jatuh ke dalam keadaan kacau. Itu juga berarti “menyerang musuh pada waktu dan tempat yang tidak terduga.”

Dengan menggunakan pengkhianatan, seorang ahli perang menyusun stategi di markas sambil mengarahkan pasukannya ribuan mil jauhnya menuju kemenangan.

Contoh keempat adalah “Memenangkan perang tanpa melawannya.” Sunzi tidak menyetujui pembunuhan dan penghancuran berskala besar, yang dianggapnya sebagai strategi terburuk. Bagi Sunzi, tujuan perang adalah untuk meraih kemenangan, bukan untuk membunuh sebanyak mungkin orang. Sebaliknya, seseorang harus menghindari penghancuran benteng musuh dan menghindari penghancuran nyawa sebanyak mungkin. Yang terbaik adalah mengambil alih kota secara utuh dan memenangkan perang melalui pembunuhan minimal. Ini adalah prinsip “kemenangan yang layak.” Sunzi melanjutkan dengan mengatakan, “Memenangkan setiap perang yang dilakukan seseorang bukanlah hal terbaik yang dapat dilakukan; memenangkan perang tanpa berperang adalah hal terbaik yang dapat dilakukan. Oleh karena itu, seni perang tertinggi adalah mengecoh musuh secara strategis, tingkat kedua adalah untuk menggagalkan diplomasi mereka, level ketiga adalah menyerang pasukan mereka, dan level terendah adalah menyerang kota mereka. Menyerang kota hanya dapat digunakan sebagai upaya terakhir.” Sangat ideal untuk mencapai kemenangan melalui cara selain berperang, seperti politik, diplomasi dan tindakan pencegahan lainnya. Menyerang kota adalah yang paling tidak disukai, karena terutama pada masa Sunzi, kota ini menjadi tuan rumah bagi banyak kuil dan makam leluhur. Pihak yang bertahan sering bertempur sampai mati, sehingga mengakibatkan banyak korban dan kehancuran. Gagasan Sunzi ini mencerminkan pemahamannya yang mendalam tentang apa yang sekarang disebut “perang holistik.”    

Dengan penyebaran Seni Perang Sunzi, pengaruhnya telah melampaui militer ke banyak bidang lain, termasuk ekonomi, politik, budaya, dan diplomasi. Banyak orang menganggap buku ini tidak hanya sebagai karya militer, tetapi juga sebagai karya filosofi strategi, mengacu pada penerapan strategi militer sebagai metode dan prinsip umum di semua bidang kehidupan sosial.

Referensi

Ye, L. & Zhu, L. 2021. Insights into Chinese Culture. Beijing: Foreign Language Teaching and Research Press.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *