Administrasi Bisnis

KEKUATAN PENDORONG DAN PENAHAN YANG MEMPENGARUHI INTEGRASI GLOBAL DAN PEMASARAN GLOBAL

Author: Eko Tjiptojuwono, SE, MM, MMPar

Dosen Program Studi Administrasi Bisnis

Pertumbuhan ekonomi global yang luar biasa selama 50 tahun terakhir telah dibentuk oleh interaksi dinamis dari berbagai kekuatan pendorong dan penghambat. Selama sebagian besar dekade tersebut, perusahaan dari berbagai belahan dunia dalam industri yang berbeda mencapai sukses besar dengan mengejar strategi internasional, multinasional, atau global.

Selama tahun 1990-an, terjadi perubahan dalam bisnis. Saat ini, semakin pentingnya pemasaran global berasal dari fakta bahwa lelucon mengemudi memiliki lebih banyak momentum daripada kekuatan yang menahan.

Kekuatan Penggerak

Menyatukan kebutuhan dan keinginan pasar, kemajuan teknologi, tekanan untuk memangkas biaya, tekanan untuk meningkatkan kualitas, meningkatkan kualitas, peningkatan teknologi komunikasi dan transportasi, pertumbuhan ekonomi global, dan peluang untuk memanfaatkan semuanya merupakan kekuatan pendorong yang penting; industri apa pun yang tunduk pada kekuatan-kekuatan ini adalah kandidat untuk globalisasi.

Teknologi Teknologi adalah faktor universal yang melintasi batas-batas nasional dan budaya. Teknologi benar-benar “stateless”, tidak ada batasan budaya yang membatasi penerapannya. Begitu sebuah teknologi dikembangkan, itu segera tersedia di mana-mana di dunia. Fenomena ini mendukung prediksi Levitt tentang munculnya pasar global untuk produk standar.

Sumber gambar: freepik.com

Dalam artikelnya yang terkenal di Harvard Business Review, Levitt mengantisipasi revolusi komunikasi yang sebenarnya telah menjadi kekuatan pendorong di belakang pemasaran global. Hidangan satelit. Jaringan televisi yang menjangkau dunia seperti CNN dan MTV, dan Internet hanyalah beberapa faktor teknologi yang mendasari munculnya desa global yang sebenarnya.

Di pasar regional seperti Eropa, meningkatnya tumpang tindih iklan melintasi batas negara dan mobilitas konsumen telah menciptakan peluang bagi pemasar untuk mengejar posisi produk pan-Eropa.

Perjanjian Ekonomi Regional

Sejumlah perjanjian perdagangan multilateral telah mempercepat laju integrasi global. NAFTA sudah memperluas perdagangan antara Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. General Agreement on Tariffs and Trade (GATT), yang diratifikasi oleh lebih dari 120 negara pada tahun 1994, telah digantikan oleh Organisasi Perdagangan dunia untuk mempromosikan dan melindungi perdagangan bebas, tetapi diserang oleh negara-negara berkembang.

Sumber gambar: freepik.com

Di Eropa, perluasan keanggotaan Uni Eropa menurunkan hambatan perdagangan di kawasan ini. Kebutuhan dan Keinginan Pasar Seseorang yang mempelajari pasar di seluruh dunia akan menemukan universal budaya serta perbedaan budaya. Umum elemen dalam sifat manusia memberikan dasar yang mendasari peluang untuk menciptakan dan melayani pasar global.

Kata menciptakan adalah disengaja. Sebagian besar pasar global tidak ada di alam: Mereka harus diciptakan oleh upaya pemasaran. Misalnya, tidak ada yang membutuhkan minuman ringan, namun saat ini di beberapa negara konsumsi minuman ringan per kapita melebihi konsumsi air. Pemasaran telah mendorong perubahan perilaku ini, dan saat ini industri minuman ringan benar-benar global.

Bukti menggunung bahwa kebutuhan dan keinginan konsumen di seluruh dunia bertemu hari ini tidak seperti sebelumnya. Ini menciptakan peluang untuk pemasaran global. Perusahaan multinasional yang mengejar strategi adaptasi produk menghadapi risiko dikalahkan oleh pesaing global yang telah mengakui peluang untuk melayani pelanggan global.

Marlboro adalah contoh merek global yang sukses. Ditujukan untuk perokok perkotaan di seluruh dunia. Merek ini menarik semangat kebebasan, kemandirian, dan ruang terbuka yang dilambangkan dengan citra koboi dalam suasana barat yang indah dan terbuka. Kebutuhan yang ditanggapi oleh Marlboro bersifat universal. Dan oleh karena itu, daya tarik dasar dan pelaksanaan iklan dan pemosisiannya bersifat global. Philip Morris, yang memasarkan Marlboro, adalah perusahaan global yang menemukan beberapa tahun lalu bagaimana kebutuhan pasar dasar yang sama dapat dipenuhi dengan pendekatan global.

Perbaikan Transportasi dan Komunikasi

Hambatan waktu dan biaya yang terkait dengan jarak telah turun drastis selama 100 tahun terakhir. Pesawat jet merevolusi “komunikasi dengan memungkinkan orang melakukan perjalanan keliling dunia dalam waktu kurang dari 48 jam. Pariwisata memungkinkan orang dari banyak negara untuk melihat dan merasakan produk terbaru yang dijual di luar negeri.

Sumber gambar: freepik.com

Salah satu karakteristik penting dari bisnis global yang efektif adalah komunikasi tatap muka antara karyawan dan antara perusahaan dan pelanggannya. Tanpa perjalanan jet modern, komunikasi seperti itu akan sulit dipertahankan. Pada 1990-an, teknologi komunikasi baru seperti e-mail, faks, dan telekonferensi dan konferensi video memungkinkan para manajer, eksekutif, dan pelanggan untuk terhubung secara elektronik. Dari hampir semua bagian dunia dengan biaya perjalanan udara yang lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *