Perhotelan

KEPRIBADIAN DAN PENAMPILAN YANG DIHARAPKAN SEBAGAI PROFESSIONAL HOTELIER

Author: Yuniawati Ekaningrum, S.E., M.Sc

Dosen: Perhotelan

Sebagai seorang professional hotelier, dituntut tidak hanya memiliki pengetahuan, keterampilan yang baik, dan kompetensi saja, tetapi diperlukan sikap-sikap positif dalam menjalankan profesinya. Sikap positif yang dimaksud adalah kepribadian dan penampilan yang menarik sebagai seorang hotelier. Mengapa diperlukan kepribadian dan penampilan yang menarik ? Berikut akan diuraikan terkait kepribadian dan penampilan yang menarik.

            Kepribadian merupakan dinamika sebuah organisasi psikofisik manusia yang berubah menjadi pola-pola tingkah laku yang spesifik dalam menghadapi kehidupan. Jadi, manifestasi dari kepribadian, yaitu semua tingkah laku diri kita sendiri. Setiap individu memiliki keunikan fungsional sistem organisasi psikofisik mereka dalam lingkungan hidup. Dalam berinteraksi dengan orang-orang yang ada di lingkungan hidupnya, setiap individu akan memiliki tipe kepribadian masing-msing dalam beradaptasi, menyesuaikan diri, atau menyerah dalam lingkungan tersebut.

            Kepribadian adalah karakteristik seseorang yang menyebabkan munculnya konsistensi perasaan, pemikiran, dan perilaku-perilaku (Pervin & Cervone, 2010). Menurut Agus Sujanto dkk (2004), menyampaikan bahwa kepribadian seseorang merupakan suatu totalitas psikofisik yang cukup kompleks dari setiap individu, sehingga akan tampak dalam tingkah laku mereka yang unik. Secara umum, kepribadian seseorang merujuk pada bagaimana mereka tampil dan memberikan kesan bagi orang lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa definisi kepribadian secara umum itu bersifat lemah. Sebab, mereka hanya menilai perilaku seseorang bisa diamati saja dan tidak menganggap bahwa mungkin ciri-ciri tersebut akan berubah seiring berjalannya waktu.

            Kepribadian adalah suatu aspek kejiwaan yang dimiliki oleh seseorang dan memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan. Kepribadian bisa dilihat dalam sikap, perilaku, dan tutur bahasa setiap individu. Sikap bisa saja berubah karena sikap terbentuk oleh adanya kebiasaaan atau pengalaman.

Kepribadian apa saja yang harus dimiliki sebagai seorang professional Hotelier? antara lain :

  1. Sikap ramah;
  2. Sopan santun;
  3. Jujur;
  4. Suka menolong;
  5. Disipilin;
  6. Empati;
  7. Toleransi;

Sikap ini bisa terlihat pada saat berhadapan dengan orang lain. Biasakan ketika berbicara, suara harus jelas dan memiliki irama yang menyenangkan. Usahakan untuk selalu tersenyum pada saat berbicara. Selalu mengucapkan salam kepada setiap orang yang ditemui. Ucapkan selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam dan tanyakan kabar mereka. Pada saat ada teman atau orang lain sedang berbicara, usahakan untuk tidak memotong pembicaraan mereka, dengarkan dengan seksama sebelum menanggapinya.

           Selain kepribadian yang harus dimiliki oleh professional hotelier, ada hal lain yang menjadi perhatian penting juga, yaitu masalah penampilan yang menarik. Penampilan adalah gambaran fisik yang bisa dilihat secarak fisik atau kasat mata (tangible) oleh orang lain. Penmpilan yang benar adalah bila ada keserasian dengan kepribadian, serta keserasian warna dan bentuk tubuh dari orang yang memakainya.

Penampilan yang menunjukkan profesionalisme seseorang bisa terlihat dari beberapa hal, yaitu : cara berpakaian, tata rias wajah, dan rambut, kebersihan rambut  untuk laki-laki, kumis dan sebagainya. Kebersihan kuku tangan dan kaki, kebersihan mulut, gigi, kulit dan juga aroma tubuh harus diperhatikan. Bagi yang mempunyai kebiasaan merokok diharapkan tentunya harus memperhatikan kebersihan mulut setiap saat. Penampilan menarik juga terkait cara duduk, berjalan, berbicara, dan bersih pun menjadi penilaian seseorang terhadap kepribadian dan penampilan setiap saat.

           Politeknik NSC Surabaya merupakan pergurun tinggi vokasi memiliki program studi perhotelan yang mencetak professional hotelier, dan pembelajaran yang diberikan tidak hanya terkait akademik saja melainkan juga proses membentuk kepribadian dan penampian yang menarik. Sekilas tentang program studi perhotelan, semua dosen memiliki tanggungjawab “memoles” mahasiswa yang sudah bergabung. Seperti penjelasan diatas, dari semester awal disampaikan bahwa dibiasakan menggunakan seragam yang dikenakan pada hari Senin– Kamis dengan warna yang berbeda (salah satunya), bertujuan supaya terbiasa.

Selain seragam teori ada juga seragam praktik yaitu saat di kitchen, dan almamater yang dimiliki mahasiswa Politeknik NSC Surabaya.

Gambar : Seragam hari Senin–Selasa
Sumber : Dokumentasi pribadi
Gambar : Seragam hari Senin–Selasa
Sumber : Dokumentasi pribadi

Diajarkan dan dipraktikkan setiap hari ucapan salam selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam jika bertemu dengan siapapun saat di kampus, hal ini bertujuan juga agar terbentuk kepribadian yang baik. Selama di kampus sebagai tempat “condrodimuko” atau tempat penggemblengan diri juga diajarkan cara berkomunikasi baik langsung maupun tidak langsung, bagaimana bersikap ramah dengan siapa saja yang ditemui, sopan santun, belajar jujur terutama saat ujian, belajar disiplin, suka menolong, memiliki empati dan toleransi, semuanya itu diberikan, diajarkan, dan dipraktikkan selama proses belajar mengajar.

Inilah tantangan semua dosen di program studi perhotelan dalam prosesnya untuk bisa membentuk mahasiswanya menjadi professional hotelier, dengan input dari berbagai ragam latar belakang pendidikan, ada dari SMA, SMK, atau yang sederajat, dan program studi atau jurusan yang tidak selalu sama. Misal dari jurusan mesin, elektro, listrik, administrasi, las, dan lain-lain. Dosen selalu menyampaikan dan menekankan bahwa sudah diniati masuk program studi perhotelan untuk menjadi professional hotelier, maka harus bisa berubah menjadi lebih baik melalui proses selama tiga tahun. Dan bisa menilai diri sendiri (asesmen mandiri), sudahkah kalian menjaga penampilan kalian dengan baik ? segera evaluasi diri sendiri apakah kepribadian yang kalian miliki sudah memenuhi kriteria sebagai seorang professional hotelier? Jika belum, mumpung masih ada waktu selama tiga tahun, ayo segera berbenah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan professional.

Believe in yourself, learn and never stop wanting to be a better person !

Gambar : Seragam hari Rabu-Kamis
Sumber : Dokumentasi pribadi
Gambar : Seragam hari Rabu–Kamis
Sumber : Dokumentasi pribadi
Gambar : Seragam Praktik Product
Sumber : Dokumentasi pribadi
Gambar : Almamater
Sumber : Dokumentasi pribadi
Gambar : Almamater
Sumber : Dokumentasi pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *