Teknologi Komputer

PELUANG USAHA PELATIHAN PRODI TEKNOLOGI KOMPUTER DENGAN METODE PEMBELAJARAN STEAM

Author: Arief Budijanto

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang akan mempercepat Indonesia untuk mewujudkan revolusi industri 4.0, maka salah satu strategi yang harus ditingkatkan adalah SDM yang berkualitas yang akan mengisi revolusi industri 4.0. Untuk menghasilakan SDM yang berkualitas maka diperlukan pendidikan yang berkualitas pula.

Salah satu dari beberapa metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa atau mahasiswa adalah STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). STEM merupakan kurikulum yang didasarkan pada gagasan mendidik siswa dalam empat disiplin ilmu tertentu, yaitu sains, teknologi, teknik, dan matematika dalam pendekatan interdisipliner dan terapan.

Sumber Gambar: Koleksi Pribadi

STEM mengintegrasikannya ke dalam paradigma pembelajaran yang kohesif berdasarkan aplikasi dunia nyata. Kemudian metode tersebut dikembangkan menjadi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics). STEAM Education pada prinsipnya sama dengan STEM tetapi ditambahkan tentang materi seni.

Beberapa manfaat yang menjadi alasan penting dari penggunaan metode pembelajaran STEAM adalah mengajarkan anak berpikir kritis, membantu menumbuhkan ide – ide yang kreatif, fokus pada proses yang membantu mengarah pada inovasi, mengajarkan kekuatan dari observasi dari lingkungan sekitar dan mengikuti perkembangan zaman.

Dengan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka Politeknik NSC, khususnya prodi teknologi komputer dapat mendirikan unit pelatihan produk kreatif yang berbasis bidang keilmuan elektronika dan komputer. Berikut beberapa produk kreatif yang dapat dijadikan materi pelatihan dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel 1. Daftar Pelatihan Elektronika & Komputer Kreatif

JUDUL PELATIHANDurasi Waktu PelatihanOUTPUT
LED ANIMASI FOR KID3 s/d 5 jamProtipe
KENDALI MOBILE ROBOT VIA SMART PHONE4 sd 6 jamProtipe
LED ANIMASI 3D3 s/d 5 jamProtipe
JAM DIGITAL3 s/d 5 jamProtipe
MOOD LAMP3 s/d 5 jamProtipe
PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS3 s/d 5 jamProtipe
ALAT UKUR TINGGI BADAN DIGITAL3 s/d 5 jamProtipe

Materi yang diajarkan akan disesuaikan dengan tingkatan sekolah peserta yaitu SD, SMP, SMA/SMK dan Mahasiswa. Kemudian untuk SDM kita dapat melatih mahasiswa NSC sebagai intruktur, tenaga laboratorium yang bertugas merakit dan menyiapkan bahan-bahan pelatihan.

Peralatan hardware dan software yang digunakan untuk mendukung pelatihan sifatnya adalah open source, antara lain MIT Android App Inventor, Kodular, Arduino IDE, Processing, Mixly.

Dengan kegiatan ini yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai sarana untuk membangun kerjasama dengan SMA/SMK, meningkatkan citra kampus dimasyarakat, dan sebagai kegiatan tridharma dosen dan mahasiswa Politeknik NSC.

Sumber Gambar: Freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *