Akuntansi

PENTINGNYA PERSONAL BRANDING DI DUNIA KERJA

Author: Fri Medistya Anke Priyono, S.E., M.A.

Dosen Program Studi Akuntansi

Pernah kah dalam dunia kerja anda dikenal sebagai seorang yang ramah, galak, atau cuek? Biasanya hal ini pasti dihubungkan dengan pekerjaan yang ditekuni, misalnya seorang yang berkecimpung di divisi keuangan pasti akan terkesan serius, teliti dan galak. Hal ini akan berbeda saat anda bertemu dengan para marketing yang selalu ramah, sopan, dan fleksibel.

Sumber gambar: freepik.com

Personal branding itu sendiri bisa diartikan sebagai persepsi seseorang yang kamu bentuk terhadap dirimu dan apa yang bisa kamu tawarkan secara profesional saat ini. Saat anda menunjukkan apa yang anda tawarkan dan itu merupakan hal utama dalam seberapa jauh anda akan melangkah dalam karir. Merek anda akan dilihat secara terus-menerus, dan apakah anda mengetahuinya atau tidak, suka atau tidak, siapa pun yang melihat personal branding anda, mereka akan menggunakannya untuk menilai kemampuan, tingkat keahlian, kepercayaan diri, dan kredibilitas anda.

Sumber gambar: freepik.com

Personal branding menjadi hal utama karena citra perusahaan bisa dilihat dari pandangan orang-orang terhadap perusahaan tersebut. Adapun beberapa alasan pentingnya hal inidi dunia kerja, yaitu:

1. Mengurangi biaya promosi

Walaupun perusahaan sudah memiliki biaya promosi, biasanya dengan adanya beberapa karyawan yang masuk dalam tim dan mereka bisa melakukan prosmosi dengan baik dalam maka hal ini bisa menjadi branding untuk pihak perusahaan.

2.    Karyawan bagian dari ‘ambassador’ perusahaan

Personal branding bisa dilakukan dari dalam tim perusahaan dengan karyawan sebagai subjeknya karena mereka adalah bagian penting dari perkembangan perusahaan. Sehingga setiap karyawan memiliki peranan penting dalam menciptakan reputasi baik di depan klien maupun masyarakat.

3.    Melibatkan karyawan dan meningkatkan produktivitas karyawan

Sikap profesional dari karyawan dapat mencerminkan budaya kerja perusahaan maka dengan melibatkan karyawan dalam setiap agenda branding bisa meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.

4. Memunculkan kolaborasi dengan beragam pihak 

Citra perusahaan yang baik akan memudahkan perusahaan untuk dapat bekerja sama atau berkolaborasi dengan banyak pihak. Hal ini dikarenakan masyarakat akan menilai perusahaan dengan reputasi baik dan hal ini akan mendatangkan banyak peluang dan manfaat bagi perkembangan perusahaan itu sendiri.

5. Menjadi ajang employer branding untuk mencari kandidat terbaik

Personal branding menjadi salah satu cara yang ditampilkan perusahaan untuk menarik perhatian masyarakat dan bagi perusahaan juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan calon karyawan terbaik. Dalam hal ini perusahaan bisa memberi apresiasi ataupun reward kepada karyawan yang telah melakukan branding dengan baik.

Sumber gambar: freepik.com

Jadi personal branding yang baik tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan tetapi diri kita sendiri untuk mencapai karir yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *