Perhotelan

PENERAPAN MATA KULIAH HOUSEKEEPING DI MASYARAKAT

Author: Riris Yuniarsih, StPar, MM, MMPar

Disampaikan oleh Brason dan Lennox dalam (Agusnawar, 2000:20) bahwa : “Housekeeping domestic administration or accomodation service is therefore essential in all type be comfort, cleanleness and service in all this should be the concert of every member of the estabilishhment”.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bagian housekeeping merupakan bagian dari administrasi rumah tangga atau layanan akomodasi yang sangat diperlukan oleh semua jenis rumah baik yang disewakan ataupun yang ada di masyarakat seperti : hotel. Klub, rumah sakit atau asrama, ataupun rumah rumah pribadi, dan layanan serta semua harus menjadi perhatian atau tanggung jawab setiap orang atau stafnya. Kebersihan yang ada pada lingkungan tersebut harus selalu dijaga.

Panti Asuhan Baitul Hijrah Surabaya

Dalam materi housekeeping banyak bagian yang semua tugasnya adalah membersihkan seperti Public Area Section yang merupakan bagian yang ada di hotel dengan tugas membersihkan area yang ada di luar kamar tamu. Jadi dapat dikatakan bagian ini tugasnya membersihkan, menjaga, merawat, melengkapi dan  memperindah areal diluar kamar tamu/areal umum. Jika kita berada di perusahaan selain hotel dapat juga dikatakan cleaning service section, Seperti areal lobby, corridor, restoran, taman dan lain lain. Petugas yang ada di areal umum tersebut apabila di hotel dapat disebut houseman, dan apabila di perusahaan lain dapat dikatakan cleaning service atau office boy.  Seperti areal lobby, corridor, restoran, taman dan lain lain.

Panti Asuhan Baitul Hijrah Surabaya

Di dalam kurikulum D3 Perhotelan Politeknik NSC Surabaya, ada mata kuliah yang berkelanjutan seperti Housekeeping 1 terfokus kepada Public Area Section, Housekeeping 2 Terfokus di room section. Dan Manajemen Housekeeping yaitu bagaimana mahasiswa mampu melaksanakan operasional dan manajerial dari housekeeping department.

Melihat dari Misi Prodi D3 Perhotelan yang merujuk pada Misi Politeknik NSC Surabaya yaitu : ‘Mengaplikasikan berbagai keterampilan dibidang perhotelan dalam mekukan pengabdian masyarakat”.  Dari misi diatas saya Riris Yuniarsih,S.ST.Par.,M.M.,M.MPar dengan NIDN 0713067002 sebagai pengampu mata kuliah Housekeeping mengajak mahasiswa disaat semester gasal yaitu semester 1 dan semester 3 untuk berkolaborasi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini diarahkan ke panti asuhan yang ada di wilayah Surabaya.

Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat saya menyerahkan mulai dari perencanaan dimulai dari semester 3 yang dalam perkuliahaan mempelajari managerial Housekeeping. Bagaimana membuat perencanaan penyusunan tim, struktur organisasi, job discreption, perencanaan pelaksanaan, perencanaan sampai penyelesaian pengabdian kepada masyarakat yang juga menggandeng semester 1 untuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Dan bisa dikatakan semester 3 sebagai manager, supervisor dan membantu sebagai pelaksana, sedangkan semester 1 sebagai pelaksana.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini berkelanjutan setiap semester gasal yang artinya di tahun sebelumnya sem 1 sebagai pelaksana maka tahun berjalan disaat mereka menduduki semester 3 akan menggantikan mahasiswa yang sebelumnya. Setiap tahun ada 8 panti yang dijadikan tempat untuk program pengabdian kepada masyarakat.

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sebagai bukti bahwa mahasiswatidak hanya pandai berargumen, tidak hanya pandai dilingkungan kerja yaitu hotel atau tidak hanya pandai di kampus saja tetapi dapat menerapkan kemampuan dari Knowladge, skill dan attitude di masyarakat. Mereka akan menerapkan bagaimana membersihkan ruangan umum yang ada di panti asuhan dan memberikan pembelajaran adik adik panti suhan agar dikemudian hari dapat membersihkan ruangan ruangan yang ada di lingkuangan panti asuhan itu sendiri dan tidak menunggu dibersihkan petugas kebersihan dari panti asuhan tersebut.

Disamping melakukan pembersihan di panti asuhan mahasiswa dengan ide kreatifnya untuk berbagi, setiap kelompok mengumpulkan sedikit hasil jerih payah mereka disaat bekerja untuk diberikan kepada adik adik panti asuhan berupa sembako dan mengadakan kuis kusi untuk rasa kekeluargaan dengan memberikan hadiah hadiah disaat selesai bekerja membersihkan ruangan . Mereka tidak ada rasa canggung bahkan mereka saling membantu dan juga saling bersenda gurau sambil melakukan pembersihan.

Kolaborasi dalam pengabdian kepada masyarakat ini sudah berjalan mulai angkatan 2017/2018, angkatan 2018/2019, dan angkatan 2019/1020. Untuk angkatan 2020/2021 ini tidak dapat terlaksana karena adanya musim pandemi yang tidak bisa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *