Administrasi Bisnis

PENTINGNYA LOYALITAS PELANGGAN DALAM MEMPERTAHANKAN KELANGSUNGAN USAHA BISNIS

Author:

Fredianaika Istanti, S.AB., MM.

Dosen: Administrasi Bisnis

Loyalitas pelanggan merupakan aset penting bagi perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, di samping tetap memperhatikan untuk fokus mencari pelanggan baru. Loyalitas dapat diartikan sebagai kesetian konsumen terhadap produk ataupun merek. Konsumen yang sangat loyal dapat menjadi pelanggan yang fanatik terhadap suatu produk, kalau tidak membeli barang tersebut maka tidak merasa puas atas penggunaan suatu produk.

Pelanggan yang loyal dalam jumlah yang banyak akan membantu perusahaan dalam bertahan di dunia usaha.  Untuk mendapatkan konsumen yang loyal perusahaan perlu melakukan hal-hal sebagi berikut :

  1. Memberikan produk yang berkualitas kepada pelanggan.

Dengan memberikan produk dan layanan yang berkualitas konsumen akan merasa puas terhadap barang atau layanan yang didapatkannya.

  • Memberikan reward loyalitas kepada pelanggan

Perusahaan memberikan reward kepada pelanggan setia, seperti memberikan diskon kepada pelanggan setia, memberikan fasilitas yang memadai kepada pelanggan.

  • Memberikan perhatian kepada pelanggan.

Perusahaan memberikan ucapan selamat ulang tahun pada saat pembeli merayakan ulang tahun dan melakukan maintenance pelanggan seperti menanyakan kabar pelanggan.

  • Menindaklanjuti komplain pelanggan

Ketika perusahaan menerima komplain langsung memberikan tanggapan dengan baik dan sopan kepada pelanggan.

  • Menyediakan fasilitas customer service atau layanan pelanggan

Perusahaan yang menyediakan layanan pelanggan identik dengan perusahaan yang sangat peduli dengan konsumen, perusahaan akan melayani setiap keluhan ataupun masukan dari pelanggan mengenai produk atau jasa yang dipakainya.

  • Menyediakan tenaga penjual dengan konsep pelayan prima

Perusahaan mendidik atau membentuk setiap tenaga penjual sesuai dengan SOP yang diberikan perusahaan dan melakukan evaluasi kepada tenaga penjual atas kinerjanya. Karena tenaga penjual merupakan pihak yang bersinggungan langsung dengan pelanggan di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *