Administrasi Bisnis

PERAN PENTING JASA DALAM PEREKONOMIAN MODERN

Author: Eko Tjiptojuwono, SE, MM, MMPar.

Dosen: D3 Administrasi Bisnis

Jasa merupakan hal yang sangat penting dalam perekonomian modern, karena berperan sebagai landasan bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Mereka memberikan dukungan penting bagi sektor-sektor yang memproduksi barang, meningkatkan produktivitas dan daya saing. Pendidikan publik, layanan kesehatan, dan transportasi adalah layanan utama yang memastikan perekonomian beroperasi secara efisien.

Sebagai konsumen, kita menggunakan jasa setiap hari. Contoh konsumsi jasa pada tingkat individu adalah menyalakan lampu, menonton TV, berbicara di telepon, naik bus, mengunjungi dokter gigi, mengirim surat, potong rambut, mengisi bahan bakar mobil, menulis cek, atau mengirim pakaian ke rumah. para pembersih. Institusi tempat Anda belajar sendiri merupakan organisasi layanan yang kompleks. Selain layanan pendidikan, fasilitas perguruan tinggi saat ini biasanya mencakup perpustakaan, kafetaria, layanan konseling, toko buku, kantor penempatan, layanan fotokopi, telekomunikasi, dan bahkan bank. Jika Anda terdaftar di universitas tempat tinggal, layanan kampus kemungkinan besar juga mencakup asrama, layanan kesehatan, fasilitas atletik dalam dan luar ruangan, teater, dan mungkin kantor pos.

Sektor jasa telah mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak pertengahan abad ke-20. Negara-negara yang memperoleh lebih dari 60% Produk Nasional Brutonya dari jasa diklasifikasikan sebagai negara maju. Selain itu, sektor jasa menyumbang sekitar 40% investasi asing langsung secara global.

Apa itu Jasa

Karena keragamannya, jasa secara tradisional sulit untuk didefinisikan. Penciptaan dan penyampaian layanan kepada pelanggan mungkin sulit dipahami karena banyak masukan dan keluaran yang tidak berwujud. Meskipun kebanyakan orang dapat dengan mudah mendefinisikan manufaktur atau pertanian, mendefinisikan jasa bisa jadi sulit dipahami. Berikut adalah dua pendekatan yang menangkap esensi konsep tersebut.

Pelayanan adalah suatu tindakan atau tugas yang diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain. Meskipun mungkin terkait dengan produk fisik, jasa itu sendiri tidak berwujud dan biasanya tidak melibatkan kepemilikan faktor produksi apa pun.

Jasa Sebagai Aktivitas Ekonomi

Jasa adalah kegiatan ekonomi yang menciptakan nilai dan menawarkan manfaat kepada pelanggan pada waktu dan lokasi tertentu dengan membawa perubahan yang diinginkan bagi penerima jasa.

Pemerintah dan organisasi nirlaba terlibat dalam penyediaan layanan, dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda antar negara berdasarkan tradisi dan nilai-nilai politik. Di beberapa negara, perguruan tinggi, rumah sakit, dan museum adalah milik publik atau beroperasi secara nirlaba, namun versi nirlaba dari lembaga-lembaga ini juga ada.

Seberapa Penting Peran Sektor Jasa

Sektor jasa bertanggung jawab atas sebagian besar peluang kerja baru di negara-negara maju. Jika Anda belum ditakdirkan untuk berkarir di bisnis manufaktur atau pertanian milik keluarga, kemungkinan besar Anda akan bekerja di perusahaan, lembaga publik, atau organisasi nirlaba yang memberikan layanan selama karir Anda.

Bisnis jasa, baik besar maupun kecil, memainkan peran penting dalam perekonomian modern dengan mendorong penciptaan lapangan kerja. Sektor jasa mencakup berbagai industri, termasuk yang ditawarkan oleh organisasi publik dan nirlaba. Di sebagian besar negara berkembang, sektor jasa menyumbang lebih dari separuh perekonomian, sementara di banyak negara maju, kontribusinya mencapai lebih dari 70 persen. Jasa sangat penting tidak hanya karena kontribusi ekonomi langsungnya namun juga pengaruh tidak langsungnya terhadap sektor lain. Misalnya, sektor jasa di bidang manufaktur menjadi lebih bergantung pada jasa, sehingga menyebabkan peningkatan kompleksitas dalam jaringan produksi manufaktur dan jasa pendukung

Kesimpulannya, jasa sangatlah penting dalam perekonomian modern karena jasa menyediakan infrastruktur dan dukungan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Sektor-sektor tersebut tidak hanya penting tetapi juga berperan penting dalam mendukung sektor-sektor lain dan mendorong kemajuan ekonomi.

Manfaat Ekonomi Berbasis Jasa

Ada beberapa manfaat ekonomi berbasis jasa, antara lain:

1. Diversification of economic activities

Perekonomian yang berbasis jasa tidak terlalu bergantung pada satu industri saja, seperti manufaktur, dan menyediakan peluang kerja yang lebih luas di berbagai sektor seperti keuangan, layanan kesehatan, pendidikan, dan perhotelan.

2. Increased competition

Dalam perekonomian berbasis jasa, usaha kecil memenuhi kebutuhan masyarakat, mendorong persaingan dan inovasi.

3. Community and government services

Perekonomian yang berbasis layanan sering kali memprioritaskan layanan publik seperti pendidikan, layanan kesehatan, dan infrastruktur. Layanan ini dapat meningkatkan kualitas hidup warga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

4. Technological advancement

Sektor jasa sangat bergantung pada teknologi untuk meningkatkan inovasi dan efisiensi di berbagai industri.

5. Increased wealth

Perekonomian yang berbasis jasa biasanya menghasilkan lebih banyak kekayaan dibandingkan perekonomian yang berbasis pertanian atau manufaktur karena jasa biasanya lebih canggih dan menuntut tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

6. Adaptability

Perekonomian yang berbasis jasa dapat dengan mudah beradaptasi terhadap perubahan permintaan konsumen dan kemajuan teknologi dengan segera memodifikasi layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan yang muncul.

Secara umum, perekonomian berbasis jasa menyediakan struktur ekonomi yang terdiversifikasi dan mudah beradaptasi yang dapat menghasilkan peningkatan kekayaan, inovasi, dan kualitas hidup yang lebih tinggi bagi penduduknya.

Referensi:

Johnston, R. dan G. Clark, 2005. Service Operations Management: Improving Service Delivery. 2nd edition. Pearson Education Limited, UK.

Lovelock, C. H. dan L. Wright, 2002. Principles of Service Marketing and Management. Prentice Hall, USA

Machashchik, P., I. Britchenko, dan T. Cherniavska,2018. New Trends in Development of Services in the Modern Economy. Philarchive.

Šajbidor, M. dan M. Mikolasik, 2023. Research on the Service Sector in the Modern Economy. Springer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *