Pengelolaan Perhotelan

TEKNIK DAN PROSEDUR MEMBERSIHKAN KAMAR DI HOTEL

Author :

R. Paulus Widyalasmono WidjanarkoSoetisna, S.ST.Par., M.Par

Dosen : Pengelolaan Perhotelan

Proses dan Kegiatan Management Divisi Kamar

Pengertian proses adalah serangkaian tahapan kegiatan yang dimulai dari menentukan tujuan sampai dengan tercapainya tujuan yang telah di tentukan.dalam meraksanakan serangkaian tahapan tersebut, tidak terlepas dari usaha memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dan berpotensi dalam pencapaian tujuan tersebut.Proses Management adalah suatu tahapan kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan.

  1. Perencanaan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melaksanakan suatu kegiatan.
  2. Pengorganisasisan dimana harus mengatur seluruh sumber daya yang ada dalam suatu wadah sehingga mereka dapat melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan.
  3. Penggerakan adalah usaha agar semua anggota kelompok organisasi dengan sungguh-sungguh melaksanakan pekerjaan yang menjadi tugasnya untuk tercapainya tujuan dari organisasi tersebut.
  4. Pengendalian dimana suatu tindakan untuk mengetahui sejauh mana rencana yang telah di buat dapat terlaksana dengan baik agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana yang di harapkan.

Tahap Persiapan Pembersihan Kamar Tamu

  1. Menginformasiakan ke Housekeeping Office untuk posisi kamar yang akan di bersihkan.
  2. Mengecheck Room boy Control Sheet untuk kamar kamar yang akan di bersihkan.
  3. Mengambil kunci kamar sesuai dengan lantai yang akan di bersihkan.
  4. Mengikuti morning briefing yang di pimpin oleh seorang ssupervisor housekeeping.
  5. Pesiapkan trolley sesuai dengan kelengkapan yang di butuhkan.
  6. Pengecekan semua kamar sesuai dengansistem komputer yang di buat front office departement.
  7. Setelah selesai di check laporan akan di serahkan kepada supervisor floor.
  8. Room Attendant siap mengerjakan kamar sesuai dengan section yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Dalam pembersihan kamar tamu di hotel,sebagai seorang petugas pembersihan kamar harus mengetaui SOP dalam membersihkan kamar tamu.Mengapa hal ini sangat penting? Karena jika seorang petugas kebersihan kamar bisa mengikuti SOP yang telah ditetapkan oleh hotel akan sangat membantu petugas tersebut lebih efisien dan cepat dalam pembersihan kamar.

Selain itu dengan menguasai SOP yang ada,seorang petugas kebersihan kamar dapat menghindari adanya complaint dari tamu.

Selain teknik merapikan tempat tidur ada beberapa ketentuan  yang harus di lakukan oleh petugas housekeeping.Salah satu contoh adalah prosedur dalam pembersihan kamar yang sesuai dengan standard prosedure masing-masing hotel.Di Poltec NSC jalan Basuki Rahmad no 85 Surabaya khususnya Prodi Pengelolan Perhotelan memberikan ruang bagi mahasiswa untuk lebih banyak praktek dan mempelajari Management Housekeeping untuk menambah wawasan serta pengalaman untuk mahasiswa dan mahasiswi NSC agar kelak memiliki daya saing yang tinggi pada saat mereka bekerja di Dunia Perhotelan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *